Bagaimana Cara Atasi Sindrom Nyeri Patellofemoral?

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   26 Juli 2019
Bagaimana Cara Atasi Sindrom Nyeri Patellofemoral?Bagaimana Cara Atasi Sindrom Nyeri Patellofemoral?

Halodoc, Jakarta –  Sindrom nyeri patellofemoral atau biasa disebut PFPS bisa menyerang siapa saja, walaupun kamu tidak sering melakukan aktivitas fisik berat. Gejalanya adalah suara seperti derik atau retakan di lutut saat menaiki tangga atau ketika berdiri setelah duduk lama.

Berhentilah melakukan kegiatan yang membuat lutut sakit sampai rasa sakit dapat mengurangi gejala nyeri. Ini termasuk mengubah rutinitas latihan atau beralih ke aktivitas berdampak rendah yang akan mengurangi tekanan pada sendi lutut. 

Bersepeda dan berenang adalah opsi berdampak rendah yang baik. Jika kelebihan berat badan, menurunkan berat badan juga akan membantu mengurangi tekanan pada lutut. Namun, tidak semua nyeri pada lutut adalah PFPS, cari tahu mengenai PFPS di sini.

Baca juga: Pemeriksaan untuk Diagnosis Patellofemoral Pain Syndrome

Siapa yang Paling Sering Mengalami PFPS?

Patellofemoral pain syndrome (PFPS), juga dikenal sebagai lutut pelari, adalah yang paling umum dari semua jenis nyeri lutut, menyebabkan rasa sakit di sekitar dan di bawah tempurung lutut. Hampir semua orang bisa mendapatkannya, tetapi itu terutama memengaruhi pelari, pengendara sepeda dan pejalan kaki, dan juga pekerja kantor atau siapa pun yang duduk terlalu lama. 

Kebanyakan orang pulih dari PFPS dengan sedikit istirahat dan kemudian perlahan-lahan kembali ke aktivitas normal, tetapi tidak semua orang. Lutut pelari semacam ini bisa sangat tahan terhadap perawatan, dan kadang-kadang menjadi masalah nyeri kronis yang serius akibat gaya kram.

Sindrom nyeri patellofemoral juga dapat disebabkan oleh pelacakan abnormal tempurung lutut di lekukan trochlear. Dalam kondisi ini, patella didorong ke satu sisi alur ketika lutut ditekuk. Kelainan ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan antara bagian belakang patella dan trochlea, mengiritasi jaringan lunak.

Baca juga: Ini Komplikasi Akibat Patellofemoral Pain Syndrome

Faktor-faktor yang berkontribusi pada buruknya pelacakan tempurung lutut termasuk:

  1. Masalah dengan penyelarasan kaki antara pinggul dan pergelangan kaki. Masalah dalam penyelarasan dapat menyebabkan tempurung lutut yang bergeser terlalu jauh ke arah luar atau dalam kaki, atau yang naik terlalu tinggi dalam alur trochlear, yaitu suatu kondisi yang disebut patella alta.

  2. Ketidakseimbangan atau kelemahan otot, terutama pada otot paha depan di bagian depan paha. Ketika lutut menekuk dan meluruskan, otot-otot paha depan dan tendon paha depan membantu menjaga tempurung lutut di dalam alur trochlear. Quadriceps yang lemah atau tidak seimbang dapat menyebabkan pelacakan tempurung lutut yang buruk di dalam alur.

Perawatan medis untuk sindrom nyeri patellofemoral dirancang untuk menghilangkan rasa sakit dan mengembalikan rentang gerak dan kekuatan. Dalam kebanyakan kasus, nyeri patellofemoral dapat diobati secara non bedah.

Ini termasuk latihan terapi fisik. Latihan khusus akan membantu kamu meningkatkan rentang gerak, kekuatan, dan daya tahan. Sangat penting untuk fokus pada penguatan dan peregangan paha karena otot-otot ini adalah penstabil utama tempurung lutut. Latihan inti juga dianjurkan untuk memperkuat otot-otot di perut dan punggung bagian bawah.

Baca juga: Waspada 3 Gejala Patellofemoral Pain Syndrome

Perawatan bedah untuk nyeri patellofemoral sangat jarang dibutuhkan dan dilakukan hanya untuk kasus-kasus berat yang tidak menanggapi pengobatan non bedah. Proses bedah biasanya akan melalui tahapan; arthroscopy. Selama artroskopi, ahli bedah akan memasukkan kamera kecil, yang disebut arthroscopy, ke dalam sendi lutut. 

Kamera menampilkan gambar pada layar televisi, dan dokter bedah menggunakan gambar-gambar ini untuk memandu instrumen bedah mini. Debridemen, dalam beberapa kasus, mengeluarkan tulang rawan artikular yang rusak dari permukaan patella dapat meredakan rasa sakit.

Rilis lateral, jika tendon retinakulum lateral cukup kuat untuk menarik patella keluar dari alur trochlear, prosedur pelepasan lateral dapat melonggarkan jaringan dan memperbaiki malalignment patella.

Kalau kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai informasi ini, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan