Bagaimana Cara Memilih Sampo yang Baik untuk Anjing?

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   02 Februari 2021
Bagaimana Cara Memilih Sampo yang Baik untuk Anjing?Bagaimana Cara Memilih Sampo yang Baik untuk Anjing?

Halodoc, Jakarta - Anjing adalah makhluk petualang dan cenderung berkeliaran untuk mencari sesuatu atau saat bermain. Jika mereka melakukan ini, mereka mungkin berakhir di tempat-tempat kotor. Oleh karena itu, perawatan tubuh untuk anjing adalah salah satu hal yang wajib kamu pahami, dan salah satu produk yang paling sering digunakan adalah sampo. 

Seperti halnya manusia, anjing juga perlu menggunakan produk tertentu untuk menjaga kebersihan mereka. Bulu mereka perlu dibersihkan dengan bahan pembersih yang tidak hanya membasmi kuman dan kotoran yang tidak diinginkan tetapi juga kutu yang mungkin saja ada di sana. Sampo anjing dibuat khusus untuk mencapai tujuan ini. Mereka membersihkan bulu anjing dan juga membantu menutrinya secara eksternal dengan nutrisi dan vitamin agar tetap berkilau dan lembab.

Ingat, kesehatan anjing juga tergantung pada cara hidupnya, dan jika sampo yang dipilih tak mampu memusnahkan kotoran pada tubuhnya, maka ia jadi lebih rentan terhadap penyakit. Selain itu, kesehatan anjing juga tercermin dari kondisi bulunya, dan anjing yang sehat dan baik dapat memiliki bulu yang cerah dan berkilau.

Baca juga: Perawatan Anjing Berdasarkan Jenis-jenisnya 

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Sampo Anjing

Saat hendak membeli sampo anjing, tidak hanya sampo dengan bahan yang ringan dan kandungan aman saja yang menjadi perhatian. Kamu juga perlu melihat kondisi dan masalah pada anjing peliharaanmu. Saat hendak memilih sampo anjing yang tepat, pastikan mengingat panduan berikut.

Identifikasi Kebutuhan

Memilih sampo anjing yang sesuai penting untuk kesehatan dan kenyamanannya. Sampo yang melembapkan dengan bahan seperti vitamin E dan madu dapat mengatasi kondisi kulit yang kering dan gatal. Sementara kondisioner dapat mengatasi kondisi kulit yang gatal dan kering, serta mampu membantu menghaluskan kekusutan dan mengurangi kerontokan rambut. Namun, sampo kondisioner tidak dapat digunakan pada anjing dengan bulu berminyak.

Sampo berbahan dasar lidah buaya membuat bulunya mengilap dan menenangkan kulit yang gatal. Sampo sehat yang mengandung banyak mineral, vitamin, dan protein dapat mengembalikan kilau rambut yang tidak berkilau. Namun, formulasi dengan oatmeal paling aman untuk mengatasi segala kondisi dari normal hingga kering dengan ketombe dan kulit berminyak.

Sampo dengan pewangi buatan sebagian besar mengandung bahan kimia dan jelas merupakan pilihan yang buruk untuk anjing dengan kulit sensitif. Sebaiknya pilih sampo organik dengan ekstrak buah, bunga, dan herba untuk mengontrol masalah bau dan memberikan keharuman yang tahan lama.

Dry shampoo khusus anjing adalah yang paling nyaman digunakan terutama jika kamu tak punya banyak waktu atau jika pembersihan noda diperlukan. Sebagai pembersih berbahan bedak yang praktis, dan mereka efektif dalam menghilangkan kotoran. Terkadang air bisa menjadi penghalang untuk mengeringkan kulit sensitif. Dalam hal ini, sampo kering berbahan dasar oatmeal dapat membantu membersihkan dan melembabkan kulit. 

Kotoran dan noda sangat jelas terlihat pada anjing berbulu putih, tetapi jangan memilih sampo anjing yang mengandung pemutih atau peroksida karena ini dapat merusak bulu anjing secara permanen. Sangat penting untuk memilih sampo pemutih dan pencerah yang membersihkan secara mendalam dan menyimpan pewarna tanpa menggunakan bahan kimia keras. Sampo ini dapat digunakan pada anjing dengan bulu lebih cerah dan semua ras

Identifikasi Juga yang Tidak Dibutuhkan Anjing

Seiring waktu, kamu akan paham sensitivitas dan alergi seekor anjing. Dengan begitu, menghindari produk dengan bahan khusus adalah hal yang baik untuk melindungi anjing dari efek samping sampo. Hindari brand sampo dengan jumlah surfaktan, pelarut, dan paraben tertentu yang terkenal dapat menyebabkan reaksi alergi pada anjing sensitif. Beberapa bahan alami pun tidak sepenuhnya aman dan mungkin tidak cocok untuk anjing dengan kulit sensitif, seperti tea tree. Coba lakukan uji tempel produk selama 24 jam dan hindari produk yang menyebabkan reaksi setelahnya. 

Baca juga: Begini Tips Merawat Anjing Peliharaan untuk Pemula

Baca Review Produk

Kamu juga bisa membaca informasi yang tersedia secara daring untuk membuat memilih produk yang paling tepat. Produk yang memiliki 60 persen lebih banyak ulasan positif dan produk yang tampaknya memiliki reputasi baik adalah pilihan teraman. Selain itu, produk yang sudah ada di pasar lebih lama cenderung memiliki rekam jejak yang dapat dipercaya. Kamu juga bisa menanyakan tentang produk dari pemilik anjing lainnya dalam forum atau membacanya di blog. 

Hindari Bahan Kimia

Saat membeli sampo anjing, pastikan untuk memilih produk yang minim bahan kimia. Meskipun tidak ada kerusakan langsung yang serius, kandungan seperti pewarna, pewangi, alkohol, pengawet, tetapi sewaktu-waktu mereka bisa menyebabkan efek merugikan seperti peradangan dan kerontokan bulu.

Jangan mudah percaya pada produk dengan label 'organik' dan 'alami', dan sebaiknya baca langsung komposisinya. Produk yang dapat dipercaya akan mengungkapkan daftar lengkap bahan yang mereka gunakan dalam sampo. Sampo organik mungkin lebih mahal, tetapi lebih aman dan menghindari kerugian seperti perawatan khusus akibat alergi bahan kimia. 

Jika Perlu, Pilihlah Sampo Obat

Jika anjing memiliki masalah kulit terus-menerus yang tidak dapat diatasi dengan sampo lain, sampo yang mengandung obat tertentu disarankan untuk digunakan. Sampo tertentu berbahan dasar piretroid yang dapat mencegah masalah kutu berulang, dan ini lebih aman daripada sampo yang mengandung insektisida organofosfat (OPs) dan karbamat. Namun, sampo obat tidak aman digunakan pada anjing di bawah 4 bulan, anjing tua, dan hamil

Sampo dengan hidrokortison dan mikonazol juga bisa dipilih untuk mengobati kondisi peradangan seperti eksim, dermatitis, infeksi membandel lainnya, dan serangan jamur. Sampo yang bersifat antibakteri dan antijamur dapat mengatasi kondisi kulit berminyak dan bau.

Baca juga: Ketahui 7 Cara Tepat Merawat Anjing yang Sakit

Selain dengan sampo, kamu juga perlu menjaga kesehatan anjing dengan memberikan makanan terbaik atau vitamin dan suplemen untuknya. Untungnya, kini kamu juga bisa mendapatkannya di Halodoc. Kamu bisa beli makanan atau suplemen khusus anjing dengan fitur beli obat di Halodoc. Pesanan kamu pun bisa segera tiba kurang dari satu jam lho! Praktis bukan? Yuk, gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2021. How to Pick the Right Shampoo for Your Dog’s Coat.
Caesar's Way. Diakses pada 2021. The Right Shampoo For Your Dog.
Reviews Worthy. Diakses pada 2021. How to Choose The Right Shampoo for Your Dog.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan