• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perawatan Anjing Berdasarkan Jenis-jenisnya

Perawatan Anjing Berdasarkan Jenis-jenisnya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Memelihara anjing adalah hal yang menyenangkan. Jika sudah hobi dan sangat menyukai anjing, biasanya orang bisa memelihara beberapa jenis anjing. Hanya saja yang perlu diketahui, bahwa untuk memelihara beberapa jenis anjing, perawatannya juga akan berbeda. Belum tentu bisa disamakan satu dengan yang lainnya. 

Hewan anjing, selain lucu dan bisa menjadi teman yang menyenangkan, juga membutuhkan perawatan yang sesuai dengan jenisnya. Sebelum kamu berencana menambah peliharaan anjing dengan jenis yang berbeda, ketahui juga bagaimana perawatan sesuai dengan jenis anjing. Apa saja?

Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

  • Dachshund dan Bull Terrier

Jika kamu merasa kesulitan untuk mempelajari cara grooming anjing peliharaan di rumah, Dachshund dan Bull Terrier adalah ras anjing yang memiliki jenis bulu harus, sehingga mereka tidak memerlukan grooming yang terlalu sering. 

Untuk anjing ras sini, kamu cukup memperhatikan cara memandikan anjing dengan benar, yaitu menggunakan sampo khusus untuk anjing. Jangan lupa untuk mengaplikasikan kondisioner setelah keramas agar menjaga bulu anjing tetap lembut dan berkilau. 

Anjing ras Dachshund dan Bull Terrier ini juga tidak memerlukan hairdryer untuk mengeringkan bulu. Kamu cukup menggunakan handuk lembut sampai kering alami. Setelah itu cukup sisir menggunakan sikat berbulu lembut untuk menyisir bulunya. 

  • Shih Tzu

Anjing Shih Tzu mempunyai bulu panjang dengan berbagai warna dan pola bulu. Saking panjangnya bulu anjing ini sampai bisa menutupi kedua telinganya. Bulu anjing Shih Tzu adalah jenis yang lembut dan memerlukan perawatan ekstra. Sebelum menyisir, kamu perlu menyemprotkan air atau cairan khusus agar bulunya tidak terlalu kusut. Perlu kamu ingat, bahwa untuk menyisir bulu Shih Tzu harus dilakukan saat bulunya masih dalam keadaan lembap. 

Baca juga: Cara Merawat Kucing Peliharaan agar Tak Terjangkit Toksoplasmosis

  • Maltese

Ini adalah salah satu ras anjing yang berasal dari Pulau Mediterania. Anjing ras ini memiliki tubuh mungil yang menggemaskan. Tidak heran jika anjing Maltese banyak dipelihara para pecinta anjing. Jika kamu tertarik untuk memeliharanya, pastikan kamu memahami jenis bulu dan perawatan anjing ini dengan baik. 

Mengingat warna bulu anjing Maltese yang putih bersih, tentu kamu harus rajin membersihkan tubuhnya. Cara memandikan anjing ini yaitu dengan menggunakan sampo dan kondisioner supaya tetap lembut dan mudah disisir. Setelah itu, keringkan bulu dengan menepuk-nepuk lembut handuk setiap selesai mandi. Walaupun berasal dari negara beriklim dingin, anjing Maltese tetap bisa tumbuh dengan baik di negara tropis. 

  • Poodle dan Bichon Frise

Dua jenis anjing adalah yang paling banyak dipelihara oleh orang Indonesia. Kedua anjing ini memiliki jenis bulu keriting dan cenderung kering. Maka itu, cara memandikan anjing jenis ini tidak boleh sembarangan. Pastikan kamu menggunakan sampo dan kondisioner khusus anjing untuk mencegah kerontokan. Jangan lupa juga untuk rutin memotong ujung-ujung bulunya agar selalu terjaga. 

Baca juga: 5 Penyakit yang Ditularkan dari Hewan

Untuk menjaga keindahan dan kesehatan bulu anjing yang lebih optimal pastikan kamu sudah mengetahui dan memperhatikan cara perawatan anjing sesuai dengan jenisnya, baik di luar atau dalam tubuh. Jangan lupa juga untuk memberikan makanan yang sesuai sehingga mudah dicerna dan diserap dengan baik oleh anjing kesayangan kamu. 

Jika terjadi gangguan kesehatan pada hewan peliharaan, segera tanyakan pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc untuk penanganan yang tepat. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Purina. Diakses pada 2020. Caring for each and every dog type
My Animals. Diakses pada 2020. Caring for Large Dog Breeds
Healthline. Diakses pada 2020. Possible Health Issues in Common Dog Breeds