• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil?

Bagaimana Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bagaimana Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil?

Halodoc, Jakarta - Anemia adalah salah satu gangguan yang umum terjadi pada ibu hamil. Hal ini biasanya terjadi akibat kebutuhan darah yang meningkat dibandingkan sebelumnya dan tidak tercukupi dengan baik. Ibu hamil yang mengalami gangguan ini perlu mendapatkan penanganan segera karena dapat menimbulkan masalah kesehatan, bahkan membahayakan kesehatan diri sendiri dan janin.

Maka dari itu, setiap ibu yang sedang mengandung harus tahu cara paling efektif untuk mengatasinya agar segala macam hal yang berbahaya dapat dicegah. Nah, pada artikel ini akan dibahas dengan lengkap terkait cara yang bisa diterapkan agar anemia pada ibu hamil langsung dapat diatasi. Berikut beberapa caranya!

Baca juga: Ibu Hamil Alami Anemia, Ini Cara Mengatasinya

Beberapa Cara Atasi Anemia pada Ibu Hamil

Anemia yang terjadi saat hamil dapat disebabkan oleh tubuh yang tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh dan janin di dalam perut. Memang, saat kehamilan terjadi, tubuh akan menghasilkan lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan bayi. Namun, jika tubuh tidak mendapatkan zat besi atau nutrisi lainnya dengan cukup, maka jumlah sel darah kurang dan akhirnya anemia terjadi.

Seorang ibu hamil yang mengalami anemia memang terbilang umum terjadi. Gangguan ini dapat membuat pengidapnya merasakan tubuh yang lelah dan lemah. Jika tidak segera diatasi, maka peningkatan risiko dari komplikasi serius dapat terjadi yang salah satunya adalah persalinan prematur. Berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi anemia pada ibu hamil:

Mengonsumsi Lebih Banyak Zat Besi

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi anemia pada ibu hamil adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Kemudian, secara rutin mendapatkan suplemen atau vitamin untuk menambah kandungan tersebut. Ibu dapat mengonsumsi suplemen dan vitamin hanya dengan persetujuan dari dokter dan jangan pernah mengambilnya secara bersamaan. Dengan begitu, kebutuhan zat besi harian dapat tercukupi.

Baca juga: Anemia Pada Ibu Hamil, Harus Dirawat di Rumah Sakit?

Selain itu, ibu juga dapat memaksimalkan penyerapan zat besi dengan rutin mengonsumsi segelas jus jeruk. Kandungan vitamin C pada minuman tersebut baik untuk tubuh. Namun, di sisi lain juga, harus menghindari makanan atau minuman yang kaya akan kalsium karena dapat mengurangi zat besi di dalam darah. Ibu juga harus menghindari jus prune yang dapat menyebabkan sembelit karena tubuh dideteksi kelebihan zat besi.

Ibu juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengonsumsi suplemen zat besi. Pastikan selama satu jam sebelumnya dan dua jam setelahnya untuk menghindari konsumsi susu, keju, yogurt, telur, bayam, biji-bijian, kopi, serta teh. Beberapa makanan dan minuman tersebut dapat menghalangi penyerapan zat besi. Ibu juga harus melakukan diet sehat dengan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti daging unggas, sayur dengan daun hijau, kacang-kacangan, dan daging sapi.

Dengan mengetahui hal apa saja yang efektif untuk mengatasi anemia pada ibu hamil, diharapkan segala gejala yang terkait gangguan tersebut dapat dihindari. Dengan begitu, aktivitas harian yang harus dilakukan tidak terganggu karena tubuh yang lemah dan lelah. Selain itu, segala komplikasi yang mungkin terjadi karena anemia juga mampu dicegah sejak awal.

Baca juga: Ibu Hamil Alami Anemia, Haruskah Bed Rest?

Lalu, jika ibu memiliki pertanyaan lainnya terkait kehamilan, dokter dari Halodoc dengan senang hati membantu untuk menjawabnya. Untuk mendapatkan hal tersebut mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan untuk merasakan kemudahan dari akses kesehatan hanya dengan menggunakan gadget!

Referensi:

What to Expect. Diakses pada 2020. How to Prevent & Treat Anemia in Pregnancy.
Web MD. Diakses pada 2020. Anemia in Pregnancy.