Bagaimana Cara Mengobati Sakit Pinggang Sebelah Kiri?

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Januari 2022

“Sakit pinggang sebelah kiri berasal dari otot, persendian, punggung bagian tengah, atau organ di bawah panggul. Cedera otot dan nyeri ginjal menjadi kondisi umum yang menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri. Lantas, bagaimana cara mengobatinya?”

Bagaimana Cara Mengobati Sakit Pinggang Sebelah Kiri?Bagaimana Cara Mengobati Sakit Pinggang Sebelah Kiri?

Halodoc, Jakarta – Sakit pinggang sebelah kiri bisa dirasakan terus-menerus atau timbul dan hilang. Sakit pinggang yang dirasakan bisa terjadi dalam intensitas parah, terasa tajam dan menusuk, atau nyeri tumpul yang konstan. Rasa nyerinya bertambah parah ketika menggerakan tubuh.

Lantas, bagaimana sih cara mengatasi sakit pinggang sebelah kiri? 

Lakukan Ini untuk Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Sakit pinggang sebelah kiri umumnya disebabkan oleh kerusakan jaringan lunak otot atau ligamen yang menopang tulang belakang, juga cedera pada cakram atau sendi facet tulang belakang.

Kondisi ini juga bisa menjadi pertanda adanya gangguan pada organ dalam seperti ginjal, usus, atau organ reproduksi, seperti yang dijelaskan dalam artikel ini: Sakit Pinggang Sebelah Kiri Tanda Gejala Penyakit Ini.

Sebagai langkah pertama, sakit pinggang sebelah kiri dapat diatasi dengan perawatan rumahan. Lakukan sejumlah langkah berikut untuk mengatasinya:

  • Istirahat total selama 2-3 hari. Jangan lakukan aktivitas berat, seperti mengangkat barang atau olahraga. Selain itu, hindari posisi yang dapat memperparah rasa sakit.
  • Untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas. Pastikan baca label kemasan sebelum mengonsumsi.
  • Kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kompres panas untuk meningkatkan aliran darah dan mengendurkan ketegangan otot.

Jika sakit pinggang sebelah kiri tidak dapat diatasi dengan berbagai perawatan tersebut, kamu disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Biasanya, dokter akan meresepkan beberapa jenis obat, seperti:

  • Relaksan otot untuk mengurangi ketegangan dan kejang otot.
  • Opioid untuk pengobatan jangka pendek dari nyeri punggung bawah yang intens.
  • Suntikan steroid ke dalam epidural lumbal untuk mengurangi rasa sakitnya.
  • Penyangga yang dikombinasikan dengan terapi fisik. Keduanya dapat memberikan kenyamanan, mempercepat penyembuhan, dan menghilangkan rasa sakit.

Jika sakit pinggang sebelah kiri terjadi dalam intensitas parah atau disebabkan oleh kondisi medis tertentu, biasanya dokter menyarankan melakukan langkah pembedahan. Langkah tersebut adalah pilihan terakhir jika tubuh tidak merespon dengan baik pengobatan yang dilakukan selama 6-12 minggu.

Beberapa penderita juga kerap melakukan perawatan alternatif, seperti akupuntur, meditasi, dan pijat. Hal tersebut boleh saja dilakukan, tergantung pada intensitas rasa sakit dan sejauh mana kondisi yang dialami. Jadi, sebaiknya tanyakan pada dokter terlebih dulu sebelum melakukannya, ya!

Itulah langkah mengobati sakit pinggang sebelah kiri. Mulai sekarang, sebaiknya ubah pola hidup menjadi lebih sehat. Jika sakit pinggang terus berlanjut, segera diskusikan dengan dokter tepercaya ✔️ di Halodoc! Tanpa perlu repot keluar rumah, kamu bisa berbincang dengan dokter kapan dan di mana saja!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Lower Left Back Pain.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What causes pain in the lower left back?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan