• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Gejala Awal saat Alami Kanker Darah?

Bagaimana Gejala Awal saat Alami Kanker Darah?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Seperti penyakit lainnya, ada beberapa gejala awal yang bisa menjadi tanda kanker darah. Sebelumnya perlu diketahui, kanker adalah penyakit yang terjadi karena ada kelainan yang menyebabkan sel darah menjadi abnormal atau ganas. Ada tiga jenis kanker darah, yaitu leukemia, limfoma, dan multiple myeloma. 

Kanker darah umumnya bermula di sumsum tulang, yaitu tempat sel darah diproduksi. Sayangnya, kondisi ini sering kali sulit untuk dideteksi. Sebab, berbeda dengan jenis kanker lain, kanker darah tidak memicu munculnya benjolan atau tumor. Selain itu, gejala penyakit ini juga sering kali tidak spesifik dan menyerupai penyakit lain. Namun, ada beberapa gejala awal yang bisa menjadi tanda kanker darah. Apa saja? 

Baca juga: 6 Kondisi yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Darah

Mendeteksi Gejala Kanker Darah

Kanker darah mengakibatkan jumlah komponen darah berada di bawah normal atau malah berlebih. Darah terdiri dari sejumlah komponen dengan fungsi yang berbeda-beda, yaitu sel darah merah, sel darah putih, sel keping darah, dan plasma darah. Ketidakseimbangan pada komponen darah bisa menyebabkan fungsi organ tubuh lain ikut terganggu. 

Ada beberapa gejala yang bisa menjadi tanda kanker darah. Meski terkadang mirip dengan gejala penyakit lain, sebaiknya waspadai gejala kanker darah yang mungkin muncul seperti demam dan menggigil, mual dan muntah, sakit kepala, sakit tenggorokan, mudah merasa lelah, sering berkeringat di malam hari, susah buang air besar, serta penurunan berat badan secara drastis. 

Awalnya kondisi ini juga akan menunjukkan gejala muncul bintik merah pada kulit, nyeri pada sendi dan tulang, mudah terinfeksi virus atau bakteri, pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan hingga mudah mengalami memar dan perdarahan, seperti mimisan.

Baca juga: Kanker Darah Bisa Terjadi pada Anak, Ini Faktor Pemicunya

Kondisi ini sama sekali tidak boleh dianggap sepele dan harus segera diperiksakan ke dokter. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan jika sering mengalami gejala-gejala tersebut dan sering kambuh. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Halodoc sebagai pertolongan pertama dan menyampaikan gejala penyakit pada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Download aplikasinya di App Store dan Google Play! 

Disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan ke rumah sakit serta pemantauan. Sebab, kanker darah yang tidak ditangani dengan tepat bisa meningkatkan risiko terjadinya komplikasi. Ada beberapa komplikasi yang bisa muncul akibat penyakit ini, di antaranya tubuh menjadi mudah terkena infeksi karena kurang sel darah putih, serta terjadi perdarahan yang bisa mengancam nyawa, terutama bila terjadi di otak, paru-paru, lambung, dan usus.

Selain itu, kanker darah juga bisa menimbulkan komplikasi berupa gangguan pada tulang, meliputi nyeri, pengapuran, hingga patah tulang serta penurunan fungsi pada organ ginjal. Pada tingkat yang parah, kondisi ini juga bisa menyebabkan pengidapnya mengalami gagal ginjal. 

Untuk menghindari terjadinya komplikasi, pengidap kanker darah disarankan untuk menjalani pengobatan dengan baik. Ada beberapa jenis pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kanker darah, di antaranya:  

  • Kemoterapi

Kemoterapi dilakukan dengan memberikan obat-obatan yang bertujuan untuk membunuh sel kanker. Jenis obat ini bisa diberikan dalam bentuk minum atau suntikan langsung ke tubuh. 

  • Radioterapi

Jika kemoterapi dilakukan dengan obat, radioterapi dilakukan dengan bantuan radiasi sinar khusus. Tujuannya sama, yaitu membunuh sel kanker dan menghambat perkembangannya. 

Baca juga: Kenali Polisitemia Vera, Jenis Kanker Darah yang Mengancam Nyawa

  • Transplantasi Sumsum Tulang

Metode ini biasanya dilakukan jika kondisi sudah parah. Transplantasi dilakukan untuk untuk mengganti sumsum tulang yang sudah rusak dengan sumsum tulang yang sehat.

Referensi 
American Society of Hematology. Diakses pada 2020. Blood Cancers.
Kids Health. Diakses pada 2020. What’s Blood?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Cancer Blood Tests: Lab Tests Used in Cancer Diagnosis.
Web MD. Diakses pada 2020. Signs of Blood Cancers.