Batuk Berdarah, Waspada Gejala Bronkiektasis

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Juli 2021
Batuk Berdarah, Waspada Gejala BronkiektasisBatuk Berdarah, Waspada Gejala Bronkiektasis

“Bronkiektasis adalah salah satu penyakit yang menyerang paru-paru. Kondisi ini umumnya menimbulkan gejala batuk berdarah pada pengidapnya. Kamu perlu waspada, sebab batuk berdarah akibat bronkiektasis pun umumnya disertai dengan gejala infeksi pernapasan lainnya.“

Halodoc, Jakarta - Paru-paru adalah salah satu organ vital yang dapat berbahaya jika terserang penyakit. Beberapa penyakit yang terjadi pada organ tersebut umumnya disebabkan oleh kebiasaan yang buruk, seperti merokok. Bronkiektasis adalah salah satu gangguan yang dapat menyerang paru-paru.

Bronkiektasis terbilang penyakit yang langka, tetapi dapat menyebabkan gangguan yang serius. Salah satu gejala dari penyakit ini yang terjadi adalah batuk berdarah. Jangan sepelekan kondisi batuk berdarah, sehingga penting untuk mengetahui gejala dari gangguan ini. Berikut adalah gejala bronkiektasis yang dapat terjadi!

Baca juga: Ikuti 8 Hal Ini untuk Meringankan Gejala Bronkiektasis

Ketahui Gejala Bronkiektasis

Bronkiektasis adalah kondisi yang terjadi ketika kerusakan terjadi pada tabung bronkial di paru-paru. Selain rusak, gangguan ini dapat terjadi apabila bagian tersebut melebar dan menebal secara permanen. Hal ini membuat bakteri dan lendir menumpuk pada paru-paru kamu. Akhirnya, kamu mengalami infeksi pada organ tersebut.

Bronkiektasis juga dapat menimbulkan gejala yang cukup serius, salah satunya batuk berdarah. Namun, batuk berdarah tidak selalu menandakan bronkiektasis. Yang membedakan, batuk berdarah bronkiektasis biasanya disertai dengan gejala berikut ini: 

  • Batuk yang tidak kunjung sembuh;
  • Mengeluarkan suara ketika bernapas;
  • Terkadang mengalami sesak napas;
  • Sakit dada;
  • Batuk berlendir kental dalam jumlah banyak setiap hari.

Gejala bronkiektasis ini membutuhkan waktu dalam hitungan bulan atau tahun untuk berkembang. Jika kamu ingin memastikan gejala dari penyakit ini, dokter dari Halodoc siap membantu kamu. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu sudah mendapat kemudahan dalam akses kesehatan.

Baca juga: Ketahui 5 Tes Pemeriksaan untuk Deteksi Bronkiektasis

Proses Terjadinya Bronkiektasis

Paru-paru tiap orang penuh dengan saluran udara dengan cabang yang kecil atau disebut bronkus. Oksigen masuk melalui saluran udara pada paru-paru dan berakhir pada kantong kecil (alveoli). Di area tersebut, oksigen diserap ke dalam aliran darah sehingga semua organ tubuh mendapatkan oksigen.

Pada dinding di bagian dalam bronkus pasti dilapisi oleh lendir yang lengket. Hal ini berfungsi untuk melindungi bagian tersebut terhadap kerusakan dari partikel yang bergerak turun ke paru-paru. Jika terjadi hal yang tidak normal, lendir di bagian tersebut bertumpuk yang berakhir pada bronkiektasis.

Seseorang yang mengidap bronkiektasis, terdapat pelebaran pada bronkus yang tidak biasa. Gangguan ini menyebabkan lebih banyak lendir dibandingkan biasanya. Hal ini membuat bronkus lebih rentan terhadap infeksi. Apabila infeksi tersebut berkembang, kerusakan paru-paru yang disebabkan infeksi menjadi semakin buruk.

Baca juga: Batuk Berdahak Tak Mereda, Waspada Bronkiektasis

Pengobatan dari Bronkiektasis

Belum ada obat yang dapat mengatasi penyakit pada paru-paru yang menyebabkan infeksi tersebut. Walau begitu, hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan perawatan untuk mengelola kondisi yang terjadi. Hal ini dilakukan agar kamu dapat menjaga infeksi dan sekresi bronkial tetap di bawah kendali.

Kamu juga harus mencegah gangguan yang lebih parah pada saluran udara dan kerusakan pada paru-paru. Metode yang dilakukan untuk gangguan ini adalah rehabilitasi paru, mengonsumsi antibiotik dan pengencer lendir, terapi oksigen, dan vaksinasi untuk mencegah infeksi pernapasan.

Jika kamu mengalami perdarahan pada paru-paru atau bronkiektasis yang terjadi hanya pada satu bagian paru-paru, kamu perlu melakukan pembedahan. Hal ini dilakukan pada area yang terkena gangguan tersebut.

Referensi:
NHSinform.scot .Diakses pada 2019.Bronchiectasis
Health Line.Diakses pada 2019.Bronchiectasis

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan