Bayi Tiba-Tiba Rewel, Awas Wonder Week

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Juni 2023
Bayi Tiba-Tiba Rewel, Awas Wonder WeekBayi Tiba-Tiba Rewel, Awas Wonder Week

“Pernah mendengar istilah wonder week pada bayi? Bayi yang mengalami wonder week umumnya lebih rewel selama beberapa minggu. Hal ini tentu bisa membuat ibu khawatir terhadap kondisi bayi. Pahami kondisi wonder week lebih lanjut di sini.”

Halodoc, Jakarta – Wonder weeks adalah kondisi yang terkait dengan perubahan perkembangan mental bayi, di mana bayi dapat mulai melihat dan memahami hal-hal yang terlalu cepat untuk dipahami sebelumnya.

Wonder week juga bisa disebut sebagai minggu ajaib yang menggambarkan periode intens perkembangan bayi. Diperkirakan ada masa-masa puncak ketika semua bayi tumbuh dengan cepat dan melalui tahap-tahap memajukan pertumbuhan fisik dan mental mereka. Informasi selengkapnya mengenai wonder week bisa dibaca di bawah ini!




Apa Itu Wonder Week dan Kenapa Bisa Terjadi

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Australian Breastfeeding Association, disebutkan kalau tanda-tanda bayi mengawali wonder week adalah ketika anak menjadi rewel dan cranky, termasuk juga lebih sering menangis. 

Namun ibu tidak perlu khawatir, biasanya periode rewel ini hanya berlangsung beberapa hari. Kemudian, ketika perubahan tumbuh kembang yang dialami bayi menjadi lebih kompleks, periode rewel dapat berlangsung beberapa minggu atau lebih. 

Wonder week juga ditandai dengan nafsu makan meningkat. Ibu akan mendapati bayi lebih sering menyusui, tetapi sebenarnya ini hanya penyesuaian kebutuhan nutrisi yang datang seiring dengan perkembangan bayi.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari wonder week yang dialami bayi, selain perhatian ekstra yang perlu diberikan ibu dan menanggapi setiap isyarat yang diberikan bayi dengan semestinya. Intinya adalah wonder week adalah fase normal dalam tumbuh kembang anak.

Namun, sebelum memutuskan bahwa alasan anak rewel dikarenakan wonder week, ibu perlu tahu, apakah anak tidak mengalami gangguan kesehatan lain. Demam, ruam popok, atau infeksi telinga, misalnya juga bisa membuat anak lebih rewel ketimbang biasanya. 

Butuh informasi lebih detail mengenai wonder week dan tahap perkembangan anak, segera langsung tanyakan dokter di aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk orangtua. Caranya, cukup Download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.


Tips Menenangkan Bayi Rewel

Ibu biasanya kerap lebih sering menggendong bayi saat siang hari, tetapi di malam hari justru membaringkan anak di tempat tidur. Sebenarnya ketika anak rewel dan menangis, ini bisa jadi cara untuk membantu tumbuh kembang paru-paru anak. 

Namun, idealnya adalah jangan membiarkan anak untuk menangis dalam waktu lama. Setelah ibu mendiamkan anak beberapa saat, ada baiknya ibu kembali menenangkan anak dengan beberapa kiat berikut ini:

  1. Mengusap mata, telinga, dan pipi bayi untuk membuatnya nyaman..  
  2. Gendong bayi sampai, akhirnya tenang lalu baringkan ke ranjang sembari tetap mengusap punggungnya.
  3. Memberikan pijatan juga dapat menenangkan bayi dan menjadi isyarat kalau ibu berada di dekat anak. 

Momen-momen wonder week bisa jadi membuat ibu stres karena kurang istirahat dan juga kekhawatiran mengenai kondisi rewel dari bayi. Meskipun ini bisa sangat membuat frustasi, tetapi ada baiknya ibu bekerja sama dengan ayah untuk tetap saling menjaga kesehatan dan bekerja sama mengatur jadwal dalam merawat bayi bersama.

Wonder week adalah lompatan tumbuh kembang bayi. Orangtua perlu membiasakan diri dengan lompatan ini untuk membantu memahami apa yang sedang dialami bayi. Wonder week adalah bentuk adaptasi bayi terhadap lingkungan baru. Jadi, ibu tidak perlu terlalu khawatir terkait kondisi ini karena wonder week bukanlah suatu kondisi yang bisa membahayakan Si Kecil. Hadapi dengan kesabaran supaya perumbuhan bayi tidak terganggu. 


Referensi:

Australian Breastfeeding. Diakses pada 2020. Fussy periods and wonder weeks.
Kidspot.com. Diakses pada 2020. The Wonder Weeks: Don't confuse them with growth spurts.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan