Bebas Kapalan, Lakukan 8 Cara Ini Supaya Kaki Mulus

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 Agustus 2023

“Perawatan kaki kapalan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti merendam kaki dengan air hangat, mengoleskan lotion, mengenakan sepatu dan kaus kaki yang nyaman, serta menggosok area kaki yang kapalan dengan batu apung.”

Bebas Kapalan, Lakukan 8 Cara Ini Supaya Kaki MulusBebas Kapalan, Lakukan 8 Cara Ini Supaya Kaki Mulus

Halodoc, Jakarta – Kaki kapalan biasanya disebabkan karena kulit kering yang mengeras. Kulit kaki yang mengering dan mengeras ini juga dipicu oleh banyak kondisi. Bisa jadi karena kurangnya perawatan ataupun gesekan dan tekanan dari aktivitas yang berulang. 

Beberapa sumber gesekan dan tekanan ini adalah mengenakan sepatu dan kaus kaki yang tidak pas ataupun sepatu terlalu ketat. Kulit kaki yang kapalan dapat menyebabkan telapak menebal dan tumit pecah-pecah. Selain mengganggu penampilan, kulit kaki kapalan juga berisiko terinfeksi. Oleh karena itu, yuk simak cara membuat kaki mulus bebas kapalan berikut ini!

Kaki Mulus Bebas Kapalan dengan Perawatan Sederhana di Rumah

Untuk membuat kaki mulus, kamu tidak perlu repot ke salon. Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan di rumah. Apa sajakah itu? Intip beberapa tips di bawah ini, yuk!

1. Gosok Kaki dengan Sabun

Salah satu cara sederhana untuk memiliki telapak kaki mulus adalah dengan rutin menggosok kaki saat mandi. Kamu bisa menggunakan sabun atau scrub saat menggosok kaki, bersihkan hingga ke sela-sela jari agar kaki menjadi benar-benar bersih.

Lakukan secara rutin setidaknya setiap seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kaki.

2. Rendam Kaki di Air Hangat

Rendam kaki di air hangat selama 5 hingga 10 menit sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu. Sambil merendam kaki, kamu juga bisa menggosok telapak kaki dan tumit dengan menggunakan batu apung untuk mengangkat sel-sel kulit mati. 

Selain membuat mulus dan bebas kapalan, merendam kaki di air hangat juga efektif sebagai sarana relaksasi dan menghilangkan stres.

3. Gunakan Sunblock pada Punggung Kaki

Sebelum pergi ke luar rumah, jangan lupa gunakan sunblock untuk melindungi kaki dari paparan sinar matahari. Dengan rutin menggunakan sunblock, kulit kakimu akan bebas dari belang dan terlihat lebih cerah sehingga kakimu tetap mulus.

Ingat, paparan sinar matahari nyatanya juga bisa memicu kulit kering yang kemudian bisa meningkatkan risiko kapalan.

4. Cuci Kaki dengan Sabun Sehabis Beraktivitas di Luar Rumah

Agar kaki tetap mulus, jangan lupa mencuci kaki dengan sabun sebelum beranjak tidur dan setelah bepergian dari luar rumah untuk menghilangkan bau dan kotoran yang menempel. 

Pasalnya, kaki yang terbungkus dengan alas kaki sepanjang hari bisa membuat kaki menjadi kering, sehingga bisa menyebabkan kaki menjadi pecah-pecah dan terlihat kusam.

5. Gunakan Lotion Sebelum Tidur

Sama halnya dengan wajah, kaki juga perlu dirawat dengan menggunakan lotion sebelum tidur. Bersihkan kaki terlebih dahulu dengan air hangat, lalu gunakan lotion yang memiliki kandungan pelembap tinggi secara menyeluruh hingga ke bagian telapak kaki. 

Gunakan secara teratur setiap sebelum tidur di malam hari. Hal ini dilakukan untuk melembapkan kaki, mengembalikan kekenyalan, dan menghaluskan kulit kaki sehingga kulit kakimu tetap mulus tanpa kapalan.

6. Rutin Memotong Kuku Kaki

Selain beberapa tips di atas, kamu juga perlu rutin memotong kuku kaki. Bersihkan kotoran yang terselip di kuku kaki, lalu potong kuku secara lurus, dan hindari memotong kuku terlalu pendek.

7. Mengenakan Kaus Kaki Tebal

Cara lain yang bisa diaplikasikan untuk menghilangkan ataupun merawat kaki kapalan adalah dengan mengenakan kaus kaki tebal. Kaus kaki tebal dapat melindungi gesekan kapalan dengan benda keras seperti lantai ataupun alas sepatu/sandal. 

8. Mengoleskan Asam Salisilat

Selain itu, hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah kapalan dan membuat kaki mulus adalah dengan mengoleskan asam salisilat pada area kapalan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pengobatan dengan hati-hati.  Baca lebih lanjut mengenai manfaat asam salisilat dalam artikel: Mengenal Lebih Dekat Asam Salisilat dan Fungsinya.

Itulah sejumlah cara untuk mengatasi kapalan agar kaki mulus. Jangan pernah menggunakan perawatan asam salisilat bila kamu mengidap diabetes.

Jika kondisi kapalan sangat mengganggu atau kamu menduga mengidap kondisi penyakit tertentu, segera periksakan diri ke dokter di rumah sakit lewat aplikasi Halodoc. Tunggu apalagi, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Tips for Healthy Feet.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Corns and Calluses.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan