Begini 9 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Februari 2023

"Lemon, madu, dan bubuk kunyit bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Nah, jika kamu memilih skincare, pastikan yang mengandung niacinamide atau alpha hydroxy acids (AHA).”

Begini 9 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang MenghitamBegini 9 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

Halodoc, Jakarta – Cara menghilangkan bekas jerawat di kulit merupakan hal yang gampang-gampang susah. Sebab, bekasnya cenderung menghitam akibat melanin yang memicu penumpukan zat pigmen kulit.

Melanin sendiri merupakan zat pemberi warna pada kulit. Saat kulit bekas jerawat kelebihan zat itu, akan muncul bercak kulit yang lebih gelap. Masalah ini disebut juga hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Nah, pertanyaannya, bagaimana sih cara menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami atau pula skincare?

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Untuk menghilangkan jerawat dengan bahan alami, kamu bisa menggunakan lemon, lidah buaya, ekstrak biji anggur, madu, hingga bubuk kunyit. Nah, jika lebih memilih perawatan kulit dengan bahan alami, kamu bisa mencoba:

1. Lemon

Lemon mengandung tinggi vitamin C yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat. Namun, bahan ini tidak direkomendasikan bagi kamu dengan jenis kulit kering. Sebab, lemon meningkatkan risiko iritasi.

Cara menggunakannya, yakni belah buah lemon menjadi 2 bagian, lalu peras. Gunakan air perasan ini sebagai masker dan diamkan sampai kering. Bilas, lalu pakai pelembap wajah untuk menjaga kelembapannya. Lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

2. Lidah buaya

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami bisa memanfaatkan bahan ini. Lidah buaya mengandung antioksidan, enzim, vitamin A dan C, serta zat antiinflamasi. Menggunakan bahan alami ini secara rutin efektif menghilangkan noda kehitaman bekas jerawat.

Caranya, ambil daun lidah buaya dan potong menjadi beberapa bagian. Kupas kulitnya dan keluarkan gel dari dalam daun. Aplikasikan pada wajah secara menyeluruh dan diamkan 10 sampai 15 menit. Setelah selesai, bilas dengan air hangat.

3. Ekstrak biji anggur

Cara menghilangkan bekas jerawat lainnya dapat menggunakan ekstrak biji anggur. Kamu bisa mengonsumsi bahan alami ini selama 6 bulan dalam bentuk suplemen. Pastikan menggunakan dalam dosis dan takaran yang sesuai dengan anjuran dokter, ya!

4. Madu

Madu mengandung zat antiinflamasi yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka jerawat. Zat tersebut juga berperan dalam melawan infeksi yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.

Caranya, siapkan beberapa sendok madu murni. Lalu, oleskan pada bekas jerawat dan biarkan hingga mengering. Setelah itu, bilas dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

5. Bubuk kunyit

Bahan alami ini dapat mengurangi pertumbuhan bakteri karena sifat antiinflamasinya. Bubuk kunyit juga membantu regenerasi kulit dan mengurangi jaringan parut. Alhasil, kulit menjadi lebih cerah dan noda hitam bekas jerawat menjadi tersamarkan.

6. Mentimun

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami juga bisa dengan menggunakan mentimun. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan magnesium pada mentimun efektif membantu menghilangkan bekas kehitaman akibat jerawat. Kandungan air di dalamnya juga mampu menghidrasi kulit dan membuatnya lebih kenyal.

Caranya, iris tipis-tipis mentimun dan letakkan di bekas jerawat. Diamkan selama 20 sampai 30 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain bahan alami, dermaroller jadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat. Kamu bisa klik artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut “Dermaroller, Metode Ampuh untuk Hilangkan Bekas Jerawat”.

7. Gula pasir

Cara menghilangkan bekas jerawat lainnya dapat menggunakan gula pasir. Gunakan bahan alami in sebagai scrub wajah. Asam glikolat dan AHA dapat membantu membersihkan kulit mati dan meningkatkan pembentukan jaringan sel baru.

Caranya, siapkan gula dan minyak zaitun dengan takaran 2 banding 1. Tambahkan 5 tetes air perasan lemon. Aplikasikan campuran tersebut sebagai masker dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dan pakai pelembap wajah. Lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

8. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa thiacremonon sulfat yang bersifat antibakteri, sehingga mampu menghilangkan bekas jerawat. Caranya, haluskan bawang putih dan oleskan pada bekas jerawat. Diamkan selama 2 menit dan bilas dengan air dingin.

9. Kulit jeruk kering

Kulit jeruk kering mengandung komponen, seperti tepen, sesquiten, aldehida, ester, dan sterol. Berbagai nutrisi itu dapat membantu menghilangkan noda kehitaman akibat bekas jerawat.

Caranya, jemur kulit jeruk hingga kering dan haluskan sampai menjadi bubuk. Campurkan bubuk itu dengan susu dan aplikasikan sebagai masker wajah. Kombinasi bahan itu dapat mendorong regenerasi kulit, sehingga bekas jerawat tampak memudar.

Jika bahan alami tak juga ampuh, kamu bisa melakukan treatment di klinik kecantikan. Apa saja prosedurnya? Klik artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut “8 Treatment Kecantikan untuk Menghilangkan Bekas Jerawat”.

Skincare untuk Membantu Hilangkan Bekas Jerawat

Apabila kamu lebih memilih skincare, pilih produk yang mengandung bahan-bahan di bawah ini, ya:

1. Niacinamide

Niasin atau niacinamide merupakan turunan dari vitamin B3. Nutrisi tersebut efektif membantu melembapkan kulit, mengobati jerawat, mencerahkan, dan membantu menghilangkan bekas noda jerawat. Pastikan tidak menggunakannya bersama vitamin C, karena bepotensi menyebabkan iritasi.

2. Retinol

Retinol juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat. Retinol tak hanya terkenal dalam mencegah tanda-tanda penuaan, seperti keriput, garis-garis halus sampai menyamarkan flek hitam. Kandungan ini juga efektif menangani jerawat dan bekasnya. Sama seperti niacinamide, retinol juga tidak disarankan untuk dipakai bersama vitamin C.

 3. Vitamin C

Bukan hanya dikonsumsi, vitamin C juga tersedia dalam bentuk skincare. Khasiat utamanya yaitu mencerahkan wajah, termasuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Efek ini berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya.

4. Alpha hydroxy acids (AHA)

AHA umumnya ditambahkan dalam skincare untuk membantu menghidrasi dan mengontrol kadar minyak pada kulit. Buka itu saja, kandungan ini juga mampu mengangkat sel kulit mati bekas jerawat. Alhasil, kulit tampak lebih sehat, cerah dan lembap.

Fungsi lain dari AHA, yakni membantu pembentukan atau regenerasi sel-sel kulit baru. Lewat khasiat ini, AHA efektif mencegah pertumbuhan jerawat akibat penyumbatan pada pori-pori kulit.

Kamu bisa membantu menghilangkan bekas jerawat dengan bantuan serum. Apa saja jenis yang cocok? Silakan klik artikel ini “Ketahui Kandungan dalam Serum Penghilang Bekas Jerawat”.

5. Salicylic acid

Salicylic acid adalah jenis beta hidroksi (BHA) yang mampu mengangkat kotoran dan kulit wajah yang menjadi penyebab jerawat. Itu sebabnya, bahan ini bisa membantu kamu mencegah timbulnya jerawat sekaligus menghilangkan bekas noda kehitaman pada kulit.

6. Tabir surya

Noda kehitaman akibat bekas jerawat bisa dipicu oleh paparan sinar matahari berlebihan. Karena itu, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, terlepas dari cuaca mendung atau panas.

Tak hanya menghilangkan bekas jerawat, penggunaan tabir surya juga memberikan perlindungan maksimal pada kulit. Manfaatnya, kamu bisa terbebas dari risiko gangguan, seperti penuaan diri, flek hitam, bahkan kanker kulit.

Berapa Lama Bekas Jerawat akan Hilang?

Tanpa perawatan atau pengobatan ap apun, noda kehitaman bekas jerawat akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 3 bulan sampai 2 tahun. Untuk mempercepat proses penyembuhannya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami di atas.

Nah, itulah cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Pastikan kamu melakukan semua hal tersebut agar masalah yang terjadi pada kulit, terutama di wajah, dapat teratasi. Dengan begitu, wajah tampak bersih dan cerah tanpa adanya bintik hitam.

Jika bekas jerawat tak kunjung menghilang, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter tepercaya ✔️ di Halodoc. Melalui fitur chat dengan dokter, kamu bisa mengobrol langsung dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan solusi terbaik. Yuk, gunakan aplikasi Halodoc dan chat dengan dokter sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. How to Remove Dark Spots from Pimples.
Medical News Today. Diakses pada 2023. How to best treat acne scars.
Medicinet. Diakses pada 2023. How Do You Get Rid of Acne Scars Naturally?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan