Begini Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Anak yang Aman

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 April 2022

“Obesitas pada anak bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Ada beberapa cara cepat menurunkan berat badan anak, seperti mengajak anak berolahraga secara rutin, memenuhi kebutuhan tidur, hingga mengatur pola makan yang sehat.”

Begini Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Anak yang AmanBegini Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Anak yang Aman

Halodoc, Jakarta – Anak dengan tubuh yang gemuk memang menggemaskan, tetapi sebaiknya waspada terhadap kondisi berat badan berlebih. Obesitas atau berat badan berlebih pada anak dapat memicu berbagai gangguan kesehatan pada anak. Jadi, penting bagi orang tua untuk mengetahui berbagai cara cepat menurunkan berat badan anak secara tepat dan sehat.

Selain itu, melakukan pemeriksaan kesehatan pada anak adalah hal yang tidak boleh dilewatkan oleh orang tua. Tindakan ini dilakukan untuk memastikan anak berada dalam pertumbuhan dan perkembangan yang sesuai dengan usianya. Jika dalam pemeriksaan kesehatan anak terbukti memiliki berat badan berlebih, maka lakukan berbagai hal untuk mengembalikan berat badan anak ke angka yang ideal. 

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Anak

Ada berbagai hal penyebab obesitas pada anak, mulai dari faktor genetik, pola makan yang kurang sehat, hingga kurangnya aktivitas fisik. Obesitas yang tidak diatasi pada anak juga dapat membahayakan kesehatan anak. Obesitas memicu berbagai penyakit kronis yang bahkan bisa muncul ketika anak beranjak dewasa.

Penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, gangguan tidur, hingga asma menjadi gangguan kesehatan yang bisa dialami anak ketika mengalami obesitas. Untuk itu sangat penting bagi orang tua untuk mengontrol berat badan anak.

Jika anak didiagnosis mengalami obesitas, sebaiknya segera lakukan cara cepat menurunkan berat badan berikut ini! 

1. Atur Pola Makan Anak

Mengatur pola makan sehat pada anak menjadi hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Begini caranya:

  • Pastikan anak mengonsumsi banyak sayur dan buah. 
  • Hitung kalori yang diperlukan oleh anak sesuai usianya. 
  • Penuhi kebutuhan protein dan serat.
  • Batasi asupan gula tambahan, garam, dan makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh.
  • Batasi konsumsi makanan cepat saji atau junk food.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh anak dengan memberikan air putih atau makanan dengan kandungan air tinggi.

2. Ajak Anak Melakukan Aktivitas Fisik

Semakin banyak aktivitas fisik yang dilakukan oleh anak, tentunya akan membuat proses pembakaran kalori dalam tubuh meningkat. 

Sebaliknya, jika anak kurang melakukan aktivitas fisik, maka jumlah kalori yang dikonsumsi akan lebih besar dibandingkan yang dibakar. Hal ini memicu penumpukan lemak yang menyebabkan obesitas. Untuk itu, ibu bisa lakukan cara ini:

  • Ibu bisa mengajak anak bermain di luar rumah agar anak tetap aktif bergerak. Jangan ragu untuk mengajak anak bermain bola atau permainan menyenangkan lainnya yang bisa membuat anak aktif bergerak.
  • Jika tidak memungkin bermain di luar, ibu bisa mengajak anak berkebun di halaman rumah atau membantu untuk membersihkan rumah. Kegiatan ini juga bisa menjadi salah satu cara aktivitas yang bisa membakar kalori dalam tubuh.
  • Ibu bisa mengatur waktu untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga setiap hari. Lakukan secara rutin agar anak terbiasa untuk beraktivitas.
  • Batasi penggunaan gadget atau menonton televisi terlalu lama. Hal ini bisa membuat anak menjadi malas untuk beraktivitas dan bergerak.

3. Penuhi Kebutuhan Istirahat

Memenuhi kebutuhan tidur berkaitan langsung dengan proses penurunan berat badan. Sebab jika anak kurang tidur, hal ini bisa meningkatkan nafsu makan mereka. Oleh karena itu, terapkan cara ini:

  • Atur waktu tidur anak setiap harinya.
  • Pastikan anak memenuhi kebutuhan tidur sesuai dengan usianya.
  • Ciptakan suasana yang nyaman sebelum anak tidur.
  • Pastikan kebersihan kamar tidur anak terjaga dengan baik.

Itulah cara cepat menurunkan berat badan anak yang bisa ibu lakukan. Ibu juga bisa bertanya langsung pada dokter mengenai pola makan dan kegiatan yang tepat untuk anak. Caranya download aplikasi Halodoc secara langsung melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Firstcry Parenting. Diakses pada 2022. How to Lose Weight for Kids- 10 Easy Ways.
Grow by Web MD. Diakses pada 2022. Weigth Loss Strategies for Overweight Kids.
Sleep Foundation. Diakses pada 2022. Weight Loss and Sleep.
Today. Diakses pada 2022. 7 Ways to Help Your Child Lose Weight.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan