Begini Cara Memerahkan Bibir Secara Alami agar Tampil Menawan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Desember 2021
Begini Cara Memerahkan Bibir Secara Alami agar Tampil MenawanBegini Cara Memerahkan Bibir Secara Alami agar Tampil Menawan

“Bibir yang merah merona kerap dijadikan standar kecantikan dan kesehatan bibir. Untuk memerahkan bibir secara alami, kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana di bawah ini.”

Halodoc, Jakarta – Kerap dijadikan sebagai tanda kecantikan atau kesehatan, warna bibir merah bisa kamu dapatkan dengan beberapa langkah sederhana. Tentunya dilakukan secara mandiri di rumah, tanpa campur tangan dokter kecantikan.

Berikut ini beberapa cara memerahkan bibir secara alami:

1. Scrub Bibir

Pengelupasan kulit menggunakan scrub bibir dapat membantu menghilangkan kulit kering yang membuat bibir tampak kusam dan kasar. Teknik ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di area bibir.

Cara membuatnya dengan mencampur madu dengan gula. Kemudian, aplikasikan pada bibir dan pijat lembut. Setelah beberapa saat, bilas dan tepuk-tepuk bibir hingga kering. Lalu, aplikasikan pelembap bibir.

2. Pijat Bibir

Teknik memijat bibir dapat meningkatkan sirkulasi darah ke area tersebut, sehingga bibir tampak lebih merah dari biasanya. Cara memerahkan bibir secara alami ini bisa kamu lakukan menggunakan minyak kelapa.

Sebaiknya lakukan teknik ini saat malam hari sebelum tidur. Minyak kelapa tersebut boleh saja dibiarkan semalaman, kemudian bilas pada pagi harinya. Tujuannya untuk menghidrasi bibir agar tidak kering dan pecah-pecah.

3. Masker Bibir

Sama seperti pada wajah, masker bibir dilakukan dengan mengoleskan bahan alami pada bibir, biarkan beberapa saat, lalu bilas. Kunyit menjadi salah satu bahan alami yang dapat menunjang fungsinya dapat mencerahkan warna bibir.

Masker dibuat dari campuran bubuk kunyit dan minyak kelapa. Aplikasikan pada bibir dan biarkan selama 15 menit. Lalu, cuci bersih dan keringkan bibir. Kunyit dapat membuat area sekitar bibir jadi kekuningan. Jadi, hati-hati dalam menggunakannya.

4. Minyak Peppermint

Selain menggunakan minyak kelapa, kamu juga bisa menggunakan minyak peppermint sebagai cara memerahkan bibir secara alami. Minyak ini mengandung mentol, yang dapat melebarkan pembuluh darah saat dioleskan.

Namun, penggunaannya harus dihindari oleh seseorang yang memiliki bibir pecah-pecah. Alih-alih membuat bibir tampak lebih merah, kandungan mentol di dalam minyak peppermint justru memicu iritasi.

Itulah beberapa cara memerahkan bibir secara alami. Jika kamu adalah pengidap alergi yang ingin mencobanya, sebaiknya tanyakan dengan dokter di aplikasi Halodoc terlebih dulu sebelum menggunakannya. Yuk, download Halodoc sekarang!

Referensi:

Medical News Today. Diakses pada 2021. How to get pink lips naturally at home.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan