• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menentukan Makanan yang Baik untuk Anjing
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menentukan Makanan yang Baik untuk Anjing

Begini Cara Menentukan Makanan yang Baik untuk Anjing

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 November 2020
Begini Cara Menentukan Makanan yang Baik untuk AnjingBegini Cara Menentukan Makanan yang Baik untuk Anjing

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan orang memberi makan anjing peliharaannya dengan makanan kaleng. Makanan kaleng olahan ini mungkin tampak tidak menarik, tapi sebenar mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan anjing agar tetap sehat. Terpenting, makanan anjing yang jadi pilihan kamu sudah diuji ketat oleh spesialis veteriner. 

Anjing tidak seperti kucing, ia bukan hewan karnivora yang ketat. Meskipun daging menjadi makanan utama, tapi anjing peliharaan masih bisa memperoleh nutrisi dari biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Makanan non-daging tidak hanya sebagai sumber energi, tapi juga menjadi sumber vitamin, mineral, dan serat esensial yang dibutuhkan anjing. Jadi, bagaimana sebaiknya menentukan makanan yang tepat untuk anjing?

Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

Cara Menentukan Makanan yang Baik untuk Anjing

Memberi makan anjing dengan makanan berkualitas tinggi dan seimbang adalah salah satu pertimbangan terbaik yang bisa kamu lakukan, sebagai pemilik peliharaan untuk menjaga kesehatan anjing.

Makanan yang baik membantu bulu anjing tampak sehat, berkilau, dan lembut. Ini juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaannya. Untuk menentukan makanan yang baik untuk anjing, inilah cara yang dapat kamu lakukan:

  • Baca Komposisi pada Kemasan

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu melihat daftar komposisi pada kemasan makanan anjing. Ingatlah bahwa bahan-bahan yang tercantum juga berdasarkan beratnya. Bahan-bahan yang mengandung banyak kelembapan (seperti daging sapi, unggas, ayam, atau ikan) kemungkinan besar ada di daftar teratas karena kandungan airnya. 

  • Pertimbangkan Glutens dan Grains

Biji-bijian digunakan dalam banyak makanan hewan sebagai sumber karbohidrat yang sangat baik. Anjing dapat dengan mudah memetabolisme karbohidrat dan menggunakannya sebagai sumber energi.

Namun, beberapa pemilik anjing mungkin memilih untuk menghindari biji-bijian dalam makanan anjingnya. Mengingat kemungkinan anjing memiliki alergi terhadap biji-bijian, meskipun sebenarnya ini sangat jarang terjadi pada anjing.

Baca juga: Cara Merawat Kucing Peliharaan agar Tak Terjangkit Toksoplasmosis

  • Lihat Produk Sampingannya

Bahan makanan hewan yang diberi label produk sampingan biasanya mengandung organ seperti hati dan paru-paru. Ini termasuk bahan yang sangat mudah dicerna dan bergizi.

Produk makanan anjing dari perusahaan terkemuka pasti akan memilih produk sampingan yang berkualitas untuk disertakan dalam makanan. Jadi pilihan produk yang dapat kamu percayai.

  • Cari Tahu Kecukupan Nutrisi

Sebaiknya, kamu juga memeriksa label makanan hewan untuk mengetahui kecukupan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Ketahui juga bahwa anak anjing memiliki kebutuhan yang berbeda dengan anjing dewasa. Jadi pilihlah makanan anjing yang sesuai dengan tahap pertumbuhannya. 

  • Temukan Informasi Mengenai Uji Coba Pemberian pada Anjing

Bersamaan dengan informasi kecukupan gizi, biasanya ada pernyataan yang menunjukkan bagaimana kecukupan gizi tersebut dibuktikan. Ini mungkin melalui uji coba makan yang diberikan kepada anjing yang masih hidup untuk memastikan bahwa anjing tersebut tidak hanya mau memakan makanan tersebut, tapi tetap sehat selama memakannya. 

Baca juga: 5 Penyakit yang Ditularkan dari Hewan

  • Tanyakan Saran Dokter Hewan

Genetika, usia, gaya hidup, dan status reproduksi hewan berperan dalam seberapa banyak makanan yang harus dimakan anjing. Mintalah dokter hewan untuk melakukan evaluasi kondisi tubuh untuk anjing dan pastikan kamu juga mengetahui dasar-dasarnya.

Ini adalah cara terbaik untuk memastikan berat badan anjing sesuai dengan rencana bahkan lebih baik dari skalanya. Hal utama yang perlu diingat adalah kamu harus bisa merasakan tulang rusuk anjing. 

Kamu mungkin akan mengetahui bahwa kebutuhan anjing peliharaan kamu lebih sedikit atau lebih banyak dari yang disarankan pada kemasan makanan anjing.

Beberapa anjing membutuhkan makanan khusus untuk membantu menurunkan berat badannya. Sebaiknya tanyakan pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc untuk rekomendasi yang tepat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
PetMD. Diakses pada 2020. How to Choose the Best Dog Food
Dog Food Advisor. Diakses ada 2020. How to Choose Dog Food
American Kennel Club. Diakses pada 2020. How to Choose the Best Dog Food