Begini Cara Menghilangkan Koreng di Kaki Secara Alami

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Februari 2022

“Koreng rentan terbentuk di kaki karena lebih mudah terjadi luka di area tubuh tersebut. Saat hal ini terbentuk, kamu mungkin bingung untuk mencari cara menghilangkan koreng di kaki secara alami. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menjaga koreng agar tetap bersih.”

Begini Cara Menghilangkan Koreng di Kaki Secara AlamiBegini Cara Menghilangkan Koreng di Kaki Secara Alami

Halodoc, Jakarta – Saat bekas luka di kaki menjadi koreng, kondisi tersebut mungkin bisa mengganggu rasa percaya diri. Maka dari itu, kamu perlu tahu cara menghilangkan koreng di kaki. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca secara lengkap ulasan berikut ini!

Cara Menghilangkan Koreng di Kaki yang Efektif

Koreng atau keropeng adalah jaringan pelindung yang terbentuk setelah kulit mengalami kerusakan. Saat kulit kamu terkikis, gumpalan darah akan terbentuk dan akhirnya mengeras menjadi kerak pelindung. Jaringan kulit tersebut akan beregenerasi dan mampu menggantikan kopeng untuk memberi ruang bagi kulit baru agar dapat tumbuh, sehingga kembali seperti semula.

Perlu diketahui, meski koreng tidak sedap untuk dipandang, tetapi ini sering kali merupakan indikator positif jika kamu dalam tahap penyembuhan yang sehat. Namun, perawatan pada kulit bisa memakan waktu harian dan bahkan mingguan, tergantung tingkat keparahan dari luka yang terjadi.

Nah, jika kamu ingin koreng ini lebih cepat untuk hilang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar penyembuhannya lebih efektif. Berikut beberapa cara menghilangkan koreng:

1. Jaga Koreng Tetap Bersih

Salah satu cara menghilangkan koreng di kaki dengan cara adalah dengan menjaga area tersebut tetap bersih setiap saat. Kotoran dan kuman dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi, sehingga proses penyembuhan lebih lambat. Kamu bisa mencuci koreng dengan lembut menggunakan sabun dan air. Jangan menggosok secara berlebihan karena mampu menimbulkan iritasi dan bahkan berdarah sehingga luka kembali terbuka.

2. Jaga Area Luka Tetap Lembap

Cara menghilangkan koreng di kaki secara alami lainnya adalah dengan menjaga kelembapan area luka tersebut. Hal ini mampu membantu kulit agar sembuh dengan cepat. Dengan melembapkan area tersebut, kamu bisa mencegah luka menjadi lebih besar serta mengatasi rasa gatal hingga terbentuknya jaringan parut. Kamu bisa mengoleskan petroleum jelly setiap hari di area koreng ini.

3. Jangan Mengupas Koreng

Hindari mengupas koreng supaya koreng di kaki lebih cepat sembuh dan menghilang dengan sempurna. Jika kamu mengupasnya, proses pemulihan menjadi lebih lambat dan mungkin saja kamu akan menumbuhkan koreng yang baru lainnya. Bahkan, risiko terkena infeksi menjadi lebih tinggi.

4. Kompres Panas dan Dingin

Kamu juga dapat menerapkan kompres panas dan dingin pada koreng yang terbentuk. Dua cara menghilangkan koreng di kaki ini digunakan di waktu yang berbeda. Kompres hangat mampu mendorong aliran darah ke luka dan mendorong terjadinya regenerasi kulit. Hal ini juga mampu mencegah luka mengering.

Lalu untuk kompres dingin, kamu bisa menerapkannya untuk mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa gatal. Kompres dingin juga dapat mengurangi peradangan di area yang luka. Jika masalah peradangan dan pembengkakan terbilang parah, ada baiknya mengonsumsi obat antiinflamasi dengan resep dari dokter.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan koreng di kaki secara alami. Pastikan kamu melakukan semua hal tersebut, dengan begitu luka lebih cepat sembuh dan koreng menghilang. Jika kamu merasa koreng yang ada pada kulit tidak kunjung sembuh, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter kulit.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara untuk menghilangkan koreng di kaki yang ampuh. Untuk dapat melakukan interaksi ini, kamu bisa download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Scabs.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Ways to help scabs heal.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan