Begini Cara Menjadi Rekan Kerja yang Baik

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   21 Februari 2021
Begini Cara Menjadi Rekan Kerja yang BaikBegini Cara Menjadi Rekan Kerja yang Baik

Halodoc, Jakarta - Manusia adalah makhluk sosial, jadi sangat tidak mungkin bagi manusia untuk tidak saling bercengkrama satu sama lain. Apalagi di tempat di mana ia menghabiskan waktu hampir setiap hari, yaitu kantor, hubungan sesama rekan kerja harus betul-betul dijaga dengan baik, supaya tidak mengganggu pekerjaan. Di sinilah pentingnya seseorang untuk belajar menjadi rekan kerja yang baik, sehingga tak hanya membuat pekerjaan menjadi lebih menyenangkan, tetapi bahkan juga bisa menjalin persahabatan di luar kantor. 

Lagipula, kebanyak perusahaan akan menjadikan kemampuan bekerja sebagai tim sebagai salah satu kriteria perekrutan terpenting. Jadi, berusaha menjadi rekan kerja yang baik bisa dibilang sebagai suatu keharusan agar pekerjaan bisa berjalan dengan baik. Jika kamu memiliki satu orang dengan karakter yang buruk dalam tim kerja, ini akan benar-benar dapat merusak antusiasme seluruh departemen kerja.

Bekerja dengan anggota tim lain yang memiliki hubungan kerja yang baik dengan kamu sebenarnya dapat membuat pekerjaan menjadi menyenangkan. Dengan antusiasme yang baik, maka ini bisa mengarah pada produktivitas yang lebih baik dan kemudian mengarah pada hasil yang lebih baik.

Baca juga: Ini 6 Cara Bersaing Sehat dengan Rekan Kerja

Cara Menjadi Rekan Kerja yang Baik

Lantas, bagaimana sih cara menjadi rekan kerja yang baik, terutama untuk mereka yang baru masuk ke kantor baru? Berikut ini terdapat beberapa tips yang mungkin bisa kamu ikuti:

Berikan Kesan Pertama yang Baik

Bersikaplah ramah dan perhatian kepada rekan kerja sejak hari pertama. Mempertahankan sikap positif di awal karier akan memudahkan rekan kerja untuk melihat kamu sebagai anggota tim yang produktif dan membantu. Untuk memastikan kamu memulai karier dengan benar, perkenalkan diri kepada semua orang di tim dan cobalah untuk mengatakan hal-hal baik kepada orang lain.

Bersabar dan Dengarkan

Cara menjadi rekan kerja yang baik selanjutnya adalah berusaha untuk sabar dan berusaha mendengarkan. Sebab terkadang rekan kerja membutuhkan seseorang untuk mendengarkan mereka. Mereka mungkin ingin kamu mendengar tentang frustrasi atau kesuksesan mereka baru-baru ini. Luangkan waktu untuk mendengarkan rekan kerja, dan mereka akan menghormati kamu.

Demikian pula, berusahalah untuk memperlakukan rekan kerja dengan hormat dan sopan sebanyak mungkin. Hormati ruang dan waktu yang orang lain miliki. Jika kamu mengatakan "tolong" dan "terima kasih" saat meminta bantuan, rekan kerja akan lebih menghormati kamu dan kemungkinan besar akan melakukan bantuan itu.

Hormati Waktu dan Lingkungan Rekan Kerja

Tepat waktu menunjukkan bahwa kamu menghargai waktu rekan kerja dan atasan. Kamu juga harus menanggapi email dan pesan suara dalam jangka waktu yang wajar. Terkadang orang membutuhkan jawaban dari kamu untuk melanjutkan ke bagian proses mereka. Dengan menjadi cepat, kamu menunjukkan bahwa kamu menghormati rekan kerjamu. Pastikan juga kamu menyertakan rekan kerja dalam acara kantor untuk memastikan mereka tahu bahwa mereka adalah bagian tim yang berharga.

Jika kamu menggunakan dapur kantor, bersihkan sendiri. Gantilah barang-barang yang stoknya habis, seperti meletakkan gulungan handuk kertas baru di tempatnya. Miliki ruang kerja pribadi yang bersih dan atur kotak masuk surat untuk mengetahui email apa yang harus diprioritaskan.

Baca juga: Terlibat Drama Kantor, Resign atau Abaikan Saja?

Jujurlah

Kamu harus berusaha untuk jujur ​​dan menerima ketika kamu membuat kesalahan dan memberikan penghargaan kepada rekan kerja ketika mereka telah membuat pencapaian besar. Rekan kerja akan mengenal kamu sebagai orang jujur ​​yang menghargai orang lain. Buat semua orang selalu mengetahui hal-hal yang telah kamu pelajari dan lakukan. Rekan kerja kemungkinan besar akan menukar bantuan dengan pengetahuan yang mereka pelajari juga.

Berlatih Komunikasi Langsung

Kamu dan rekan kerja akan bisa membuat pekerjaan terasa lebih mudah dengan mempraktikkan komunikasi yang jelas. Bagikan informasi pada waktu yang tepat dan komunikasikan sebanyak mungkin detail yang kamu bisa. Jalur komunikasi terbuka akan memastikan kamu dan rekan kerja menyelesaikan tugas yang tepat pada waktu yang tepat.

Beri Dukungan

Lakukan bagian kamu untuk membuat suasana kerja terasa menyenangkan dan dorong rekan kerja untuk menikmati pekerjaan. Caranya, kamu bisa beri kejutan pesta ulang tahun teman, membawa camilan pada hari Jumat, atau atur kegiatan tim di taman.

Setiap orang perlu melakukan bagian mereka untuk memastikan bahwa kamu memenuhi tujuan. Jika kamu merasa beban kerja kamu terasa lambat, tanyakan kepada rekan kerja apakah mereka membutuhkan bantuan. Kamu akan menjadi rekan kerja yang hebat jika kamu dapat mendukung anggota tim saat mereka membutuhkannya.

Baca juga: 5 Cara Menurunkan Tingkat Stres Saat Bekerja

Saat rekan kerja tiba-tiba sakit saat berada di kantor, kamu juga bisa membantu mereka untuk mengajaknya segera pergi ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Untungnya kini kamu bisa buat janji dengan dokter dengan mudah pakai aplikasi Halodoc. jadi, kamu tak perlu menunggu lama untuk melakukan pemeriksaan, karena kamu bisa pilih sendiri waktu kunjungan ke rumah sakit. Praktis bukan? Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

 

Referensi:
Forbes. Diakses pada 2021. 10 Tips For Getting Your Colleagues To Work With You Better.
Indeed. Diakses pada 2021. How to Be a Great Coworker.
Millennial on the Move. Diakses pada 2021. 12 Ways to Be a Great Colleague. 


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan