• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Tanpa Obat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Tanpa Obat

Begini Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Tanpa Obat

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 Juni 2022

“Radang tenggorokan tak harus selalu diatasi dengan obat-obatan. Kondisi yang menyebabkan rasa sakit, kering, dan gatal pada tenggorokan itu bisa kok diatasi dengan bahan-bahan alami.”

Begini Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Tanpa ObatBegini Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Tanpa Obat

Halodoc, Jakarta – Radang tenggorokan adalah kondisi yang umum disebabkan oleh infeksi virus, seperti pilek atau flu. Gangguan ini biasanya terjadi dalam intensitas ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Pertanyaannya, bagaimana sih cara mengatasi radang tenggorokan tanpa obat-obatan?

Menyembuhkan Radang Tenggorokan Tanpa Obat

Gejala radang tenggorokan bisa saja menghambat aktivitas harian karena rasa sakit dan gatal yang sangat mengganggu. Dalam intensitas ringan, kamu bisa mengatasi sejumlah gejala tersebut dengan beberapa bahan alami berikut ini:

1. Madu

Menurut studi di Cochrane Database Syst Rev dengan judul Honey as a topical treatment for wounds, madu efektif dalam membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan. Caranya dengan mencampurkan satu sendok madu dengan air hangat atau teh.

2. Air Garam

Menyembuhkan radang tenggorokan tanpa obat selanjutnya bisa kamu lakukan dengan berkumur air garam. Caranya dengan membuat larutan air asin dengan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat.

3. Teh Chamomile

Di dalam teh ini mengandung sifat antiinflamasi dan antioksidan. Jurnal ilmiah berjudul Chamomile: A herbal medicine of the past with bright future menerangkan bahwa, menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan

4. Peppermint

Peppermint mengandung mentol, yang membantu mengencerkan lendir dan meredakan sakit tenggorokan. Bahan alami ini juga memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus yang dapat menunjang proses penyembuhan.

5. Berkumur Soda Kue

Langkah menyembuhkan radang tenggorokan tanpa obat yang terakhir dapat dilakukan dengan berkumur soda kue. Caranya dengan mencampur soda kue dengan air garam untuk membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur.

Itulah beberapa langkah menyembuhkan radang tenggorokan tanpa obat. Jika kamu membutuhkan vitamin untuk menunjang proses penyembuhan. download Halodoc segera dan cek kebutuhan vitamin di Toko Kesehatan pada aplikasi tersebut. Sangat praktis, bukan?

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 12 Natural Remedies for Sore Throat.
Cochrane Database Syst Rev. Diakses pada 2022. Honey as a topical treatment for wounds.
Mol Med Report. 2010 Nov 1; 3(6): 895–901. Diakses pada 2022. Chamomile: A herbal medicine of the past with bright future.