• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Merawat Wajah untuk Pengidap Rosacea

Begini Cara Merawat Wajah untuk Pengidap Rosacea

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Pernah mendengar istilah rosacea? Kondisi ini merupakan inflamasi, atau peradangan kulit kronis yang memengaruhi wajah. Jika sudah terkena, kamu tidak bisa sembarangan dalam melakukan perawatan wajah. Penyakit ini juga dapat memburuk seiring dengan berjalannya waktu jika tidak diatasi dengan tepat. Lantas, bagaimana cara merawat wajah pengidap rosacea dengan tepat? Begini penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Kandungan Berbahaya dalam Skincare Ini Harus Dihindari

Cara Merawat Wajah Pengidap Rosacea dengan Tepat

Perlu diketahui jika penyakit yang kamu alami dapat bertambah parah saat terpapar suhu yang ekstrim, sinar matahari, udara lembap, emosi berlebihan, hipertensi, serta obat-obatan tertentu. Bukan itu saja, rosacea yang kamu alami juga bisa bertambah parah akibat konsumsi makanan atau minuman dengan suhu panas, konsumsi kafein, konsumsi makanan pedas, serta mengonsumsi alkohol.

Meskipun sejauh ini belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab rosacea, tetapi saat gejalanya muncul, kamu bisa mengatasinya dengan cara yang tepat. Berikut sejumlah cara merawat wajah pengidap rosacea agar kondisinya lekas membaik.

Baca juga: Efek Terlalu Banyak Pakai Skincare pada Kulit

1.Rutin Membersihkan Wajah

Cara merawat wajah pengidap rosacea yang pertama adalah dengan rutin membersihkan wajah sebanyak dua kali dalam sehari. Rata-rata pengidap tidak melakukannya secara rutin, karena kulit terasa perih akibat iritasi. Prosedur mencuci muka dapat dilakukan dengan menggunakan pembersih yang tidak mengandung sabun dan parfum.

Langkah selanjutnya adalah bersihkan wajah dengan gerakan memutar. Kemudian, bilas dengan air hangat. Pastikan wajah telah bersih untuk menghindari iritasi lebih lanjut. Setelah selesai, keringkan dengan handuk atau tisu dengan menepuk-nepuk wajah secara lembut.

2.Gunakan Pelembap

Cara merawat wajah pengidap rosacea selanjutnya dilakukan dengan mengoleskan pelembap kulit guna mengunci kelembapan. Kulit yang lembap akan mengurangi iritasi, serta membuat kulit terasa lebih nyaman. Menggunakan pelembap juga dapat meningkatkan hasil dari perawatan yang kamu lakukan. Hal tersebut dapat terlihat dari sisi wajah yang terkena rosacea. Wajah akan membaik setelah 15 hari.

3.Gunakan Tabir Surya

Sinar matahari menjadi salah satu faktor pemicu rosacea menjadi bertambah parah. Untuk mengatasinya, disarankan untuk memakai tabir surya sebelum bepergian ke luar rumah. Pakai juga di dalam ruangan jika perlu. Untuk pengidap rosacea, disarankan untuk memilih tabir surya dengan kandungan zinc atau titanium dioksida.

4.Hati-Hati Memilih Produk Perawatan Kulit

Mengidap rosacea membuat seseorang perlu memilih produk perawatan kulit yang tepat. Jika tidak, ejala yang kamu alami bisa saja semakin bertambah parah. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, disarankan untuk membaca komposisi bahan produk perawatan sebelum membelinya. Hindari produk dengan kandungan parfum, alkohol, metanol, dan urea. Kamu juga perlu menghindari toner sebagai produk perawatan kulit.

Untuk memastikan produk perawatan kulit aman dipakai, kamu bisa mengoleskannya terlebih dulu pada kulit yang terkena rosacea. Tunggu beberapa saat. Jika di area kulit tersebut mengalami sensasi rasa terbakar, gatal-gatal, atau gejala lainnya, disarankan untuk langsung membasuhnya dengan air.

Baca juga: Cara Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit

Rosacea bukanlah kondisi yang bisa disepelekan. Pasalnya, bukan hanya rasa tidak nyaman saja yang bisa kamu alami, rosacea juga dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Untuk mengetahui produk perawatan kulit yang cocok untuk kamu, silahkan periksakan diri ke dokter kulit di rumah sakit terdekat, ya! Jangan asal pakai saja, alih-alih kulit mulus, gejala yang kamu alami bisa saja bertambah parah.

Referensi:
Aad.org. Diakses pada 2020. 6 ROSACEA SKIN CARE TIPS DERMATOLOGISTS GIVE THEIR PATIENTS.
WebMD. Diakses pada 2020. 9 Skin Care Tips for Rosacea.
Everyday Health. Diakses pada 2020. 8 Essential Skin-Care Tips for People With Rosacea.