• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Tahapan Perkembangan Bicara Anak 3 Tahun

Begini Tahapan Perkembangan Bicara Anak 3 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Menyaksikan pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati menjadi momen paling tidak terlupakan bagi orangtua. Bisa dikatakan, usia 1 hingga 4 tahun menjadi periode emas karena pada rentang usia inilah tumbuh kembang anak akan terjadi begitu pesat. Seperti perkembangan atau kemampuan anak berbicara yang selaras dengan perkembangan biologisnya. Kemampuan bicara, atau berbahasa juga tidak kalah pentingnya karena menjadi cara anak berkomunikasi dengan ayah, ibu, dan orang lain nantinya.

Ini artinya, ibu dan ayah perlu mengetahui perkembangan berbicara dan kemampuan berbahasa sang buah hati berdasarkan usianya. Pasalnya, kemampuan anak bicara akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia. Jadi, jangan sampai terlewat, ya!

Baca Juga: Ini Perkembangan Ideal Anak dari 1 – 3 Tahun

Perkembangan Bicara Anak Usia 3 Tahun

Nah, di usia 3 tahun, anak sudah pasti semakin mahir berbicara. Beberapa hal terkait kemampuan bicara yang bisa ibu perhatikan pada usia ini, yaitu:

  • Anak telah mampu menjalankan atau mengikuti perintah yang diberikan, misalnya “Kakak ayo gosok gigi dan ganti baju.”
  • Anak telah mampu berkomunikasi dengan menggunakan 2 hingga 3 kalimat.
  • Anak telah mampu berbicara dengan menggunakan kata ganti, seperti aku, kamu, kita, dia, dan lainnya.
  • Anak mulai mengenali nama temannya.. Pun, ia telah mampu menyebutkan berapa usia dan jenis kelamin.
  • Anak telah mampu berbicara dengan jelas menggunakan 3 sampai 4 kata. 

Baca juga: 3 Manfaat Tidur Siang bagi Perkembangan Anak

Perkembangan Fisik dan Motorik Anak 3 Tahun

Tidak hanya kemampuan bicara, setiap aspek lain dari diri anak pun mengalami perkembangan. Seperti aspek fisik dan motoriknya yang ditandai dengan anak semakin mampu berjalan dengan baik, mampu melompat menggunakan satu kaki, bisa naik dan turun tangga dengan satu kaki bergantian, dan mampu naik tangga serta meniti jalanan yang landai.

Perkembangan Sosial dan Emosional Anak 3 Tahun

Sementara untuk perkembangan dari aspek sosial dan emosionalnya, ibu akan menemukan bahwa sang buah hati telah mampu meniru apa yang dilakukan orang lain. Tidak hanya itu, kini Si Kecil juga telah pandai memakai pakaian sendiri, tidak menangis ketika ditinggal, mau membantu ibu melakukan pekerjaan rumah, dan mahir menunjukkan perasaannya. 

Kapan Ibu Perlu Waspada?

Lalu, kapan waktunya ibu waspada terhadap tahap perkembangan bicara anak 3 tahun? Perhatikan jika ketika sudah memasuki usia ini, tetapi anak masih kesulitan berbicara dengan jelas. Kondisi ini bisa mengindikasikan bahwa anak mengidap speech delay atau keterlambatan berbicara. 

Baca juga: 4 Gangguan Perkembangan Anak yang Harus Diwaspadai

Keterlambatan berbicara bisa terjadi karena banyak hal, seperti kurangnya komunikasi dan interaksi dari orangtua pada anak serta interaksi dengan gawai atau perangkat elektronik yang berlebihan. Jadi, mulai sekarang batasi penggunaan gawai dan perbanyak komunikasi dengan anak, ya, bu!

Jika ini dialami anak, ibu harus segera melakukan penanganan. Temui ahli terapi wicara anak di rumah sakit atau klinik terdekat, buat janji dahulu menggunakan aplikasi Halodoc agar ibu tidak perlu lagi mengantre sesampainya di rumah sakit.



Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Your Child at 3: Milestones.
Kids Health. Diakses pada 2021. Your Child’s Development: 3 Years.