12 October 2017

Ini Perkembangan Ideal Anak dari 1 – 3 Tahun

Ini Perkembangan Ideal Anak dari 1 – 3 Tahun

Halodoc, Jakarta – Masa kanak-kanak adalah masa yang terpenting bagi perkembangan si buah hati. Setelah lahir ke dunia, ia akan mulai mengenal dunia, belajar, dan beradaptasi tentang segala hal yang ada di sekitarnya. Dari tahun ke tahun, perkembangan motorik, kognitif, serta bahasa pada anak balita biasanya terjadi sangat pesat. Ibu bisa mengetahui seperti apa umumnya perkembangan si kecil dari tahun ke tahun. Yuk, cari tahu berikut ini:

Perkembangan di Umur 1 Tahun

  • Pertumbuhan

Memasuki usia tahun, berat badannya sudah mencapai 3 kali dari berat saat ia lahir. Tinggi badannya pun sudah bertambah setengah dari panjang ketika ia lahir. Untuk ukuran otak, anak umur satu tahun memiliki besar 60 persen dari ukuran otak orang dewasa. Si kecil mengalami pertumbuhan yang cepat selama satu tahun namun di usia selanjutnya pertumbuhan akan lebih lambat tetapi perkembangannya akan semakin banyak.

  • Kemampuan Motorik

Anak berusia satu tahun umumnya sudah bisa berdiri tegak tanpa bantuan orang lain dan bisa berjalan perlahan. Ia juga sudah bisa bangun sendiri tanpa bantuan ibu.

  • Kemampuan Bahasa

Biasanya pada usia ini ia sudah bisa merespon pertanyaan yang diberikan ibu meskipun kosakata yang dimilikinya masih terbatas. Misalnya ia bisa menganggukan kepala atau menggoyangkan tangan untuk merespon pertanyaan. Ia juga sudah mencoba mengikuti kata-kata seperti mengucap “Mama” atau “Ibu”.

  • Kemampuan Kognitif

Pada usia ini ibu mesti berhati-hati karena si kecil sudah pandai meniru gerakan orang di sekitarnya. Ia juga sudah bisa memindahkan beberapa barang, minum dari gelas, serta melakukan perintah sederhana yang diminta ibu.

Perkembangan di Umur 2 Tahun

  • Pertumbuhan

Rata-rata anak usia 2 tahun akan bertambah tinggi 38 sentimeter dari panjangnya ketika lahir. Di usia ini pertumbuhannya pun lebih lambat tidak seperti ketika ia berumur 1 tahun. Sedangkan untuk berat badannya kira-kira 1,5 kilogram hingga 2,5 kilogram, dan rentang tingginya bertambah antara 13 sampai 2,5 sentimeter

  • Kemampuan Motorik

Kini si kecil sudah bisa menaiki tangga dengan perlahan, menendang bola, dan bisa berlari kecil. Pada sebagian anak bahkan bisa berdiri di atas jari-jari kaki atau berjinjit.

  • Kemampuan bahasa

Pada usia ini, ia sudah memiliki 50 kosakata dan mengucapkan dengan cukup baik. Ia pun bisa mengatakan dua kata dalam 1 kalimat sekaligus, mengenal serta mengetahui nama benda dan bagian tubuh, ia juga sudah mulai bisa mengikuti perkataan orang dewasa.

  • Kemampuan Kognitif

Anak usia dua tahun sudah mengetahui perbedaan waktu seperti sekarang atau nanti. Ia juga bisa melakukan hal sederhana jika diminta seperti menaruh benda, mencuci tangan, dan lain-lain. Umumnya, anak usia ini juga mulai berfantasi atau bermain dengan mainannya sendiri.

Perkembangan balita usia 3 tahun

  • Pertumbuhan

Anak usia 3 tahun berat badannya naik sekitar 2 kilogram dan bertambah tinggi kurang lebih 8 sentimeter dibandingkan saat usianya 2 tahun. Anak pada usia ini pun banyak yang terlihat lebih kurus dan rata bentuk perutnya karena mereka sudah mengalami pertambahan tinggi. Pada usia ini pun gigi susu sudah lengkap.

  • Kemampuan Motorik

Anak sudah bisa berlari, memanjat, naik turun tangga sendiri, menendang bola, bersepeda, dan bermain lompat-lompatan. Mereka juga biasanya sudah bisa berpakaian sendiri, makan dengan garpu sendok, dan memegang pensil serte membolak balik halaman buku.

  • Kemampuan Bahasa

Ia semakin cepat belajar kata-kata baru dan sudah mengetahui segala benda di sekitarnya. Mereka juga mulai sering bertanya dan ingin tahu tentang banyak hal. Umumnya, anak usia ini sudah mengerti apa yang ia dengar meski belum bisa mengungkapkan dengan kata-kata. Mereka juga sudah bisa menyatakan kalimat yang terdiri dari empat hingga lima kata.

  • Kemampuan Kognitif

Ketika diajari, mereka sudah memahami dan mengetahui nama dan jenis kelamin mereka. Mereka juga sudah bisa mengingat angka dan huruf. Selain itu, fantasi mereka mengenai mainan dan hewan peliharaan pun sudah bisa mereka lakukan. Bahkan, mereka sudah bisa memahami instruksi yang diberikan secara bersamaan, misalnya “Taruh botol susu kamu di atas meja.”

Tumbuh kembang anak menjadi prioritas ibu agar buah hati tumbuh cerdas dan sehat. Tentu saja, kondisi kesehatannya juga harus dijaga dan diperhatikan selalu. Oleh karena itu, ketika si kecil sakit ibu harus segera menghubungi dokter agar dapat memberikan penanganan yang tepat.


Ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter melalui Voice/Video Call dan Chat. Selain itu, ibu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan si kecil melalui Halodoc. Pesanan akan diantar ke tujuan dalam satu jam dan bebas biaya kirim. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.