Benarkah Belajar Juggling Baik untuk Kesehatan Otot dan Otak?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Januari 2023

“Permainan juggling dapat memberi banyak manfaat. Tak hanya untuk otot dan otak, tapi juga untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.”

Benarkah Belajar Juggling Baik untuk Kesehatan Otot dan Otak?Benarkah Belajar Juggling Baik untuk Kesehatan Otot dan Otak?

Halodoc, Jakarta -Teknik juggling adalah seni melempar beberapa benda ke udara dan menangkapnya, sehingga setidaknya satu ada di udara sementara yang lain ada di tangan atau sedang terlempar. 

Juggling memiliki nilai hiburan yang luar biasa, dan seni ini berasal dari Mesir pada tahun 2000 SM. Karena perlu keterampilan koordinasi, ketangkasan tangan, dan ketelitian, juggling juga bisa jadi cara berolahraga yang menyenangkan. Manfaatnya bagi otot dan otak pun tidak main-main. 

Berbagai Manfaat Juggling untuk Kesehatan

Selain menyenangkan dan menjadi hiburan, juggling juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Terutama kesehatan otot dan otak. Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Membakar Kalori dan Melatih Otot

Juggling adalah latihan aerobik yang membantu membakar 280 kalori per jam, hampir sama dengan jalan kaki. Ini mempertahankan dan meningkatkan rentang gerak di lengan dan bahu. Membantu menjaga mobilitas sendi bahu, dan melatih bahu, bisep, dada, dan otot inti tubuh. 

Permainan ini juga bisa mengencangkan tubuh bagian atas dan juga membantu mengencangkan kaki, saat menjaga keseimbangan saat melakukannya.

2. Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Aktivitas Juggling meningkatkan koordinasi tangan dan mata, waktu reaksi, refleks, ketajaman spasial, ketangkasan, dan waktu. Ini juga meningkatkan penglihatan tepi.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Juggling dapat membantu meningkatkan jumlah materi abu-abu di otak. Saat melakukan permainan ini, kamu tidak hanya membakar kalori, mengencangkan tubuh, dan memperkuat otot inti, tetapi juga melatih pikiran dan meningkatkan fungsi kognitif. 

4. Meningkatkan Rentang Gerak di Lengan dan Bahu

Juggling memanfaatkan mekanika tubuh yang biasanya tidak kamu lakukan dalam aktivitas sehari-hari. Ini sangat bagus untuk menggerakkan tubuh dengan cara baru untuk mempertahankan rentang gerak. 

Selain itu, juggling juga dapat membantu melumasi persendian di lengan dan bahu, dan menjaganya agar tidak berderit, seiring bertambahnya usia. Hal ini juga menjadikan permainan ini sebagai bentuk latihan kebugaran yang bagus untuk orang lanjut usia. 

5. Meningkatkan Keyakinan dan Fokus

Permainan juggling mengajarkan kamu mengenai ketepatan, pengaturan waktu, dan ritme, saat belajar melempar dan menangkap alat peraga dengan waktu yang tepat dan mengikuti ritme atau pola tertentu. Ini meningkatkan fokus dan tingkat kepercayaan diri saat kamu menguasai trik baru.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Degeneratif

Juggling dapat meningkatkan fungsi kognitif otak dan menangkal penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Permainan ini dapat mengalihkan pikiran kamu dari makanan dan mengurangi keinginan makan. Ini juga dapat membantu menghentikan kebiasaan adiktif yang bisa berdampak negatif bagi tubuh.

7. Meningkatkan Kesabaran

Belajar permainan sulap seperti juggling tidak hanya menambah ketangkasan tubuh, tetapi juga meningkatkan ketajaman mental dan meningkatkan kesehatan fisik. Konsentrasi, kesabaran, dan kemampuan untuk menghadapi dan menghadapi tantangan secara strategis adalah beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan. 

8. Mendukung Stabilitas Mental

Permainan juggling menawarkan kelegaan dari stres karena pikiran dan akan berfokus pada seni, daripada memikirkan masalah yang sedang berkecamuk. Ini juga memberi kamu kejernihan pikiran, membuat kamu secara mental mampu menghadapi tantangan, dan mengajarkan kamu keterampilan memecahkan masalah.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari permainan juggling. Tak hanya untuk melatih otot dan mendukung fungsi otak, ternyata ada banyak manfaat lainnya untuk fisik dan mental, ya. 

Jika kamu tertarik mencoba permainan ini, pastikan untuk melakukannya dengan aman. Kalau kamu mengalami cedera saat melakukannya, download Halodoc saja untuk cek kebutuhan medis kamu dengan mudah.

Referensi:
Health Co. Diakses pada 2023. 9 Benefits of Juggling for Mental and Physical Health.
Juggle Fit. Diakses pada 2023. Benefits of Juggling.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan