Benarkah Belerang Mampu Mengatasi Masalah Kulit? Ini Faktanya

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Februari 2024

“Belerang mampu bekerja efektif mengatasi masalah kulit seperti jerawat ataupun alergi. Ini dikarenakan kandungan antibakteri dan antiinflamasi yang membantu meredakan gejala jerawat dan peradangan di kulit sensitif.”

Benarkah Belerang Mampu Mengatasi Masalah Kulit? Ini FaktanyaBenarkah Belerang Mampu Mengatasi Masalah Kulit? Ini Faktanya

DAFTAR ISI

  1. Apa Manfaat Belerang untuk Kulit?
  2. Tips Menggunakan Belerang untuk Kulit
  3. Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Halodoc, Jakarta – Kulit adalah bagian terluar dari tubuh, sehingga rentan untuk mengalami gangguan atau masalah. Ada banyak cara untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit, salah satunya adalah dengan menggunakan belerang. 

Belerang adalah unsur kimia yang memiliki bau menyengat dan biasanya terdapat di gunung berapi. Mineral ini disebut juga dengan sulfur yang dapat diolah menjadi bubuk putih. Sulfur dapat menjadi senyawa seperti asam sulfat, sulfida, dan sulfat yang berguna untuk kesehatan. 

Apa Manfaat Belerang untuk Kulit?

Masih banyak orang yang mempertanyakan keampuhan dari belerang untuk kulit. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

1. Antibakteri dan antiinflamasi

Belerang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, terutama kulit. Hal ini karena sifat antibakteri dan antiinflamasinya. 

Berkaitan dengan perawatan kulit, sulfur bekerja untuk menyerap minyak berlebih yang dapat menjadi penyebab jerawat dengan mengeringkan permukaan kulit dan membuka pori-pori tersumbat. 

Menurut data kesehatan di SLMD Skin Care, produk berbahan dasar belerang merupakan pilihan ideal untuk orang dengan kulit cenderung berjerawat atau berminyak. 

Bahan aktifnya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, bahan ini juga  merupakan pilihan yang baik untuk produk perawatan seperti masker. Soalnya dapat membantu menghaluskan kulit.

2. Membersihkan pori-pori

Mineral alami terdapat pada mata air panas, tanah liat, dan abu vulkanik ini bermanfaat menghilangkan bakteri. Selain itu, belerang dapat membunuh bakteri dan mengeluarkan minyak, sekaligus mengurangi penumpukan pada pori-pori dan membuatnya lebih kecil. Yuk, cari tahu penyebab pori-pori wajah besar di artikel 5 Kebiasaan yang Bikin Pori-Pori Besar dan Cara Mengatasinya.

3. Pengelupasan kulit

Sifat keratolitik pada belerang mampu menimbulkan pengelupasan ringan pada lapisan atas kulit. Hal ini dapat membantu tubuh membersihkan sel-sel kulit mati yang dapat membuat pori-pori tersumbat, berjerawat, tekstur tidak rata, dan kusam. Kamu dapat mengoleskan produk kecantikan dengan kandungan sulfur agar memiliki kulit yang lebih sehat dan cantik.

4. Atasi rosacea

Belerang dapat membantu untuk mengatasi rosacea, suatu kondisi kronis yang menyebabkan kemerahan pada wajah. Mineral ini mampu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri yang dapat mengendalikan gejala rosacea. Beberapa krim topikal mampu menghilangkan benjolan, kemerahan, dan kekeringan pada wajah.

5. Mengurangi gejala eksim

Beberapa orang menggunakan belerang sebagai pengobatan alami untuk atasi eksim. Sulfur memiliki sifat pengobatan dan terapeutik untuk meringankan gejala eksim, seperti peradangan, kulit kering, dan gatal. Jika kamu sering alami eksim, ada baiknya terapkan produk topikal dengan kandungan belerang agar masalah kulit ini teratasi.

Cari tahu penyebab eksim lewat artikel Aktivitas Sehari-hari Bisa Jadi Penyebab Eksim ini ya!

6. Menghilangkan kusam pada wajah dan meminimalkan gejala penuaan 

Penggunaan sulfur juga dapat menghilangkan noda dan kusam di wajah.  Ada banyak masalah kulit yang bisa diatasi dengan mineral ini. Jika kamu memiliki masalah kusam dan bekas jerawat, ada baiknya untuk mencoba krim topikal dengan kandungan sulfur. 

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian di International Journal for Vitamin and Nutrition Research, suplemen dengan bahan dasar belerang dapat memperbaiki tanda-tanda penuaan di kulit.

Garis wajah, tekstur kulit, dan kerutan di kulit menjadi lebih baik. Meski begitu, perlu ada penelitian lebih mendalam guna mengetahui dampak signifikan dan efek sampingnya. 

7. Mengobati kondisi kulit sensitif

Sifat antiinflamasi yang terdapat dalam belerang membantu melembutkan dan mengelupas kulit mati yang tebal. Itulah sebabnya, produk kecantikan belerang sering bermanfaat untuk mengobati jerawat, psoriasis, dan dermatitis seboroik atau bahkan ketombe. 

Tips Menggunakan Belerang untuk Kulit

Belerang bekerja paling baik untuk jerawat yang terbentuk akibat kombinasi sel kulit mati dan sebum berlebih. Ini termasuk bentuk jerawat yang lebih ringan, seperti komedo putih dan komedo hitam.

Namun, penting untuk diingat bahwa hasil dapat bervariasi antar pengguna. Sebab, penggunaan sulfur juga mungkin berhasil pada beberapa breakout, namun tidak pada breakout lainnya. 

Maka dari itu, langkah pertama sebagai tips penggunaan belerang untuk kulit adalah memastikan jenis jerawat yang kamu miliki. Kemudian pastikan untuk berdiskusi dengan dokter kulit tentang apakah belerang tepat untuk.

Selanjutnya, berikut adalah tips penggunaan belerang untuk kulit, khususnya dalam mengatasi jerawat: 

1. Pilih Produk yang Tepat

Belerang dapat tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk salep, krim, sabun, dan masker wajah. Pilih produk yang sesuai dengan masalah kulitmu dan pastikan produk tersebut aman kamu gunakan pada kulit wajah atau tubuh.

2. Baca Label Produk

Ketika kamu membeli produk yang mengandung belerang, baca labelnya dengan cermat. Pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan-bahan lain yang dapat memicu reaksi alergi atau iritasi pada kulit.

3. Uji Produk

Sebelum mengaplikasikan produk belerang secara luas pada kulit, lakukan uji coba kecil pada area kulit yang tidak terlihat. Misalnya seperti di belakang telinga atau di pergelangan tangan. Tujuannya untuk memeriksa apakah kamu memiliki alergi atau mengalami reaksi negatif terhadap produk tersebut. Uji tempel biasanya dengan cara sebagai berikut:

  • Pilih area kecil kulit yang jauh dari wajah, seperti bagian dalam lengan.
  • Oleskan sedikit produk dan tunggu 24 jam.
  • Kamu dapat menerapkan produk ke wajah jika tidak ada efek samping yang terjadi. Namun, jika kamu mengalami kemerahan, ruam, atau gatal-gatal, hentikan penggunaan produk.

4. Ikuti Petunjuk Penggunaan

Gunakan produk belerang sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan. Biasanya, produk ini harus kamu gunakan pada kulit yang bersih dan kering. 

5. Hindari Kontak Mata

Hindari kontak produk belerang dengan mata. Jika terjadi kontak, bilas dengan air dingin secara menyeluruh. 

Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Jika kamu ingin mencoba belerang untuk menangani masalah kulit, sebaiknya  hubungi dokter di Halodoc untuk memastikan keamanannya. Mereka bisa memberikan saran yang tepat terkait perawatan dari masalah kulit yang kamu alami. 

Nah, berikut beberapa dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun yang bisa kamu hubungi.  

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Kamu bisa menghubungi dr. Dina Febriani Sp.D.V.E. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta pada 2009 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada 2023. 

Dokter Dina Febriani Sp.D.V.E saat ini berpraktik di Pekanbaru, Riau dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 14 tahun yang ia miliki, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar masalah kulit dan perawatannya. 

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Frieda Sp.D.V.E

Selanjutnya, kamu dapat hubungi adalah dr. Frieda Sp.D.V.E. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya pada 2015 dan Universitas Sebelas Maret pada 2022. 

Ia kini berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Memiliki pengalaman selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penggunaan belerang untuk menangani masalah kulit.

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Pilihan lainnya adalah dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E.

Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang pada 2010 dan Universitas Airlangga pada 2016. 

Dokter Ryski saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 13 tahun, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar penanganan dari berbagai masalah kulit.

Chat dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline. Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Klik gambar berikut untuk berbicara dengan dokter lewat aplikasi Halodoc kapan dan di mana saja:

chat dengan dokter di halodoc
Referensi:
The Healthy. Diakses pada 2024. 7 Amazing Skin Care Benefits of Sulfur.
Healthline. Diakses pada 2024. Can You Use Sulfur for Acne Spots and Scars?
Hague Quality Water of Maryland. Diakses pada 2024. 7 Scary Facts You Didn’t Know About Sulfur in Your Drinking Water.
SLMD Skin Care. Diakses pada 2024. Ingredient Spotlight: Sulfur.
International Journal for Vitamin and Nutrition Research. Diakses pada 2024. Beauty from within: Oral administration of a sulfur-containing supplement methylsulfonylmethane improves signs of skin ageing.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan