Benarkah Benjolan di Ketiak Bisa Menjadi Gejala Kanker Payudara?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Juli 2021

“Benjolan di ketiak bisa jadi salah satu tanda kanker payudara. Kondisi ini terjadi karena sel kanker sudah menyebar ke area tubuh lainnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa benjolan yang terjadi karena kanker biasanya tidak diikuti dengan rasa nyeri.”

Benarkah Benjolan di Ketiak Bisa Menjadi Gejala Kanker Payudara?Benarkah Benjolan di Ketiak Bisa Menjadi Gejala Kanker Payudara?

Halodoc, Jakarta – Adanya benjolan pada bagian tubuh tertentu, seperti ketiak, kerap membuat orang merasa cemas. Akan tetapi, sebenarnya tidak semua benjolan yang muncul di ketiak menjadi tanda bahwa kamu mengidap kanker. Banyak faktor yang menjadi pemicu munculnya benjolan tersebut. 

Sebagian benjolan yang muncul di ketiak termasuk tidak berbahaya. Biasanya, ini karena pertumbuhan jaringan yang abnormal. Meski demikian, benjolan pada ketiak juga bisa dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan yang cukup serius, salah satunya adalah gejala kanker payudara

Munculnya Benjolan sebagai Gejala Kanker Payudara

Benjolan yang muncul di ketiak biasanya terjadi karena pembesaran atau pembengkakan kelenjar getah bening yang letaknya di bawah lengan. Kelenjar ini punya fungsi yang sangat penting dalam kekebalan tubuh manusia.

Pembengkakan maupun pembesaran kelenjar getah bening bisa terjadi jika ada masalah kesehatan pada tubuh. Pemicunya juga beragam, seperti infeksi, iritasi, hingga kista. Biasanya, benjolan yang tidak mengindikasikan kanker teksturnya lebih lembut, bisa bergerak apabila disentuh, terasa nyeri, dan membesar ukurannya. 

Sementara itu, benjolan pada ketiak pun bisa mengindikasikan gejala masalah kesehatan yang lebih serius, misalnya kanker payudara. Benjolan ini muncul karena penyebaran sel kanker yang menyerang kelenjar getah bening pada area tersebut. 

Jadi, pastikan kamu segera melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah benjolan tersebut termasuk sel kanker atau tidak. Adapun ciri benjolan yang bersifat kanker dan perlu kamu waspadai, yaitu:

  • Tekstur lebih keras;
  • Tidak bergerak saat disentuh;
  • Berkembang perlahan dan membesar.

Selain adanya benjolan, beberapa gejala lain yang mengarah pada kanker payudara dan perlu kamu waspadai, yaitu:

  • Perubahan pada kulit, terasa lebih menebal, dan mengerut seperti halnya kulit jeruk. 
  • Perubahan pada puting payudara. Puting akan tampak masuk ke dalam.
  • Adanya kemerahan pada puting atau seluruh payudara. 
  • Keluarnya cairan dari puting di luar masa menyusui. 

Apabila kamu mengalami gejala tersebut, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat. Kamu bisa memilih salah satu dari tiga dokter ahli onkologi berikut ini.

  1. dr. Haris Maruli, Sp.B(K)Onk

Seorang Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di RSUP Persahabatan, RS Premier Jatinegara. Dokter Haris Maruli yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia sebagai anggota ini dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

  1. dr. I Gusti Ngurah Gunawan Wibisana, Sp.B(K)Onk

Seorang Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di RS Premier Jatinegara dan RS Siloam TB Simatupang. Dokter I Gusti Ngurah Gunawan yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia bisa memberikan layanan medis terkait Bedah Onkologi.

  1. Dr. dr. I Ketut Widiana, Sp.B(K)Onk

Seorang Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di RS Surya Husadha Denpasar Bali. Dokter I Ketut Widiana yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia sebagai anggota ini dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

Selain booking rumah sakit dan tanya jawab dengan dokter, kamu juga beli beli obat dan vitamin secara online melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di ponselmu!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Armpit Lump.
Dana-Farber Cancer Institute. Diakses pada 2022. Should I Worry About a Lump Under the Armpit?
American Cancer Society. Diakses pada 2022. Breast Cancer Symptoms: What You Need to Know.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What you need to know about armpit pain.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Lumps and Bumps on Your Body: When You Should Worry.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan