• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Ginseng Ampuh Menjaga Daya Tahan Tubuh?

Benarkah Ginseng Ampuh Menjaga Daya Tahan Tubuh?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Benarkah Ginseng Ampuh Menjaga Daya Tahan Tubuh?

Halodoc, Jakarta - Ginseng adalah tumbuhan yang sudah lama menjadi pengobatan tradisional masyarakat Tiongkok selama berabad-abad. Tanaman akar ini bisa diklasifikasikan dalam tiga jenis, tergantung pada berapa lama ia tumbuh yaitu ginseng segar, ginseng putih, dan ginseng merah. 

Ginseng segar dipanen sebelum 4 tahun, sedangkan ginseng putih dipanen antara 4-6 tahun, dan ginseng merah dipanen setelah 6 tahun atau lebih. Ginseng mengandung senyawa penting, yaitu ginsenosides dan gintonin. Senyawa ini saling melengkapi untuk memberikan manfaat kesehatan, salah satunya manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Baca juga: Kenali Perbedaan Trombositosis Esensial dan Trombositosis Reaktif

Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat ginseng yang paling diunggulkan:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ginseng bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian menemukan efeknya pada sistem kekebalan, khususnya pada pengidap kanker yang menjalani operasi atau perawatan kemoterapi. Suatu studi meneliti efek ekstrak ginseng merah pada sistem kekebalan pengidap kanker perut stadium lanjut yang menjalani kemoterapi pasca operasi.

Setelah tiga bulan, pengidap yang menggunakan ekstrak ginseng merah memiliki peningkatan sistem kekebalan yang lebih baik dibanding pengidap yang tidak mengonsumsi ekstrak ginseng tersebut.

2. Antioksidan yang Mampu Mengurangi Peradangan

Ginseng memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bermanfaat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ginseng dan senyawa ginsenoside bisa menghambat peradangan dan meningkatkan kapasitas antioksidan dalam sel. Ditemukan bahwa ekstrak ginseng merah asal Korea mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan aktivitas antioksidan sel-sel dari kulit pengidap eksim. 

3. Meningkatkan Energi

Ginseng bisa membantu merangsang aktivitas fisik dan mental orang yang merasa lemah dan lelah. Ginseng juga ditemukan mampu membangkitkan energi orang dengan kelelahan kronis. 

Baca juga: Pengidap Gagal Ginjal Bisa Alami Trombositosis, Ini Penyebabnya

4. Memiliki Fungsi Kognitif yang Lebih Tajam

Ginseng bisa meningkatkan proses berpikir dan kognisi. Komponen dalam ginseng memiliki potensi untuk mengobati beberapa defisit kognitif. Hal ini menunjukkan bahwa ginseng mampu mengurangi stres oksidatif, yang bisa meningkatkan fungsi kognitif. 

5. Menurunkan Gula Darah

Studi menunjukkan bahwa ginseng bisa membantu menurunkan gula darah dan menunjang pengobatan diabetes. Ginsenoside bisa mempengaruhi produksi insulin di pankreas dan meningkatkan resistensi insulin. Penelitian menemukan bahwa ginseng efektif dalam menurunkan gula darah dan meningkatkan kadar insulin setelah makan dibandingkan dengan plasebo. 

Tetap Perlu Waspada terhadap Efek Samping

Menurut penelitian, ginseng aman dan seharusnya tidak menimbulkan efek samping yang serius. Namun, orang yang mengonsumsi obat diabetes harus memantau kadar gula darah dengan cermat saat menggunakan ginseng untuk memastikan kadar ini tidak terlalu rendah. 

Selain itu, ginseng bisa mengurangi efektivitas obat antikoagulan. Penting untuk tetap mendiskusikan penggunaan ginseng pada dokter melalui aplikasi Halodoc sebelum terlanjur menimbulkan masalah lain. 

Baca juga: Ketahui Penyebab Seseorang Dapat Terkena Trombositosis

Perhatikan juga bahwa ginseng tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak atau wanita hamil dan menyusui. Ketahui juga, ada bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan ginseng yang berkepanjangan bisa menurunkan efektivitasnya dalam tubuh. Agar manfaatnya maksimal, ginseng sebaiknya dikonsumsi dalam siklus 2-3 minggu dengan istirahat satu atau dua minggu di antaranya. 

Ginseng bisa dikonsumsi mentah atau dikukus. Saat ini sangat banyak produk ginseng dalam bentuk ekstrak, kapsul, atau bubuk. Pastikan kamu membeli produk ginseng yang tepercaya. 

Mengingat harga ginseng sangat mahal, dikhawatirkan ada produsen yang tidak bereputasi baik yang mungkin menjual atau mengolahnya dengan cara yang tidak bijak. Kamu bisa membeli produk ginseng yang terpercaya melalui fiture beli obat di aplikasi Halodoc. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Proven Health Benefits of Ginseng
Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the health benefits of ginseng?
WebMD. Diakses pada 2021. Ginseng.