Benarkah Kecap Manis Bisa Sebabkan Gagal Ginjal?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Juni 2021
Benarkah Kecap Manis Bisa Sebabkan Gagal Ginjal? Benarkah Kecap Manis Bisa Sebabkan Gagal Ginjal?

Halodoc, Jakarta – Kecap manis adalah sering dijadikan pelengkap saat menyantap makanan. Terkadang, makanan menjadi kurang sedap jika tidak ditambahkan dengan saus maupun kecap. Namun, muncul anggapan bahwa mengonsumsi kecap manis secara berlebihan dikaitkan dengan penyakit gagal ginjal. 

Ketika mengalami gagal ginjal, organ ini tidak bekerja sebagaimana mestinya yang kemudian memicu kondisi lain yang lebih serius. Itu mengapa, penting untuk menjaga ginjal tetap sehat agar dapat berfungsi dengan baik. Memilih makanan yang sehat adalah kunci utama ginjal yang sehat. Nah, apakah kecap manis adalah salah satu makanan yang harus dihindari? Sebaiknya simak dulu penjelasan berikut!

Baca juga: Kenali Tanda Gangguan Ginjal yang Kerap Diabaikan

Benarkah Kecap Manis Bisa Sebabkan Gagal Ginjal?

Ginjal berfungsi menyaring produk limbah yang terbawa oleh darah yang kemudian dikeluarkan melalui urine. Bukan itu saja, ginjal juga bekerja untuk menyeimbangkan jumlah elemen tertentu dalam darah (seperti natrium, kalium, dan kalsium), dan membuat hormon yang mengontrol tekanan darah dan sel darah merah.

Ketika seseorang sudah mengalami gagal ginjal, fungsi tersebut pastinya akan terhambat. Melansir dari American Kidney Fund, penyebab paling umum dari gagal ginjal atau penyakit ginjal stadium akhir adalah diabetes. Seperti yang kamu tahu, penyebab utama diabetes adalah mengonsumsi makanan yang tinggi gula.

Nah, dalam proses pembuatan kecap manis, kedelai harus difermentasi menggunakan garam selama beberapa minggu sampai bulan. Bukan itu saja, rasa manis yang dihasilkan tentu berasal dari campuran gula yang cukup banyak. Karena alasan ini, kecap manis tidak disarankan dikonsumsi terlalu banyak setiap harinya karena bisa memicu naiknya kadar gula darah.

Baca juga: Gagal Ginjal Akut dan Kronis, Ini Perbedaannya

Gula darah yang tinggi ini lama-kelamaan dapat menyebabkan insulin sulit bekerja. Akibatnya, kamu bisa mengalami diabetes. Ketika sudah mengalami diabetes, kamu berisiko mengalami komplikasi pada ginjal yang disebut nefropati diabetik. Itu mengapa kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi gula, seperti kecap manis dapat menyebabkan kerusakan ginjal alias gagal ginjal.

Gejala Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai

Gagal ginjal biasanya ditandai dengan satu atau beberapa gejala. Kamu perlu waspada apabila mengalami tanda-tanda berikut:

  • Gatal.
  • Kram otot.
  • Mual dan muntah.
  • Tidak merasa lapar.
  • Bengkak di kaki dan pergelangan kaki.
  • Sering atau jarang BAK.
  • Sulit mengatur napas.
  • Sulit tidur.

Apabila menemui gejala-gejala tersebut, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter untuk segera mendapatkan diagnosis yang tepat dan perawatan sesegera mungkin. Apabila kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui Halodoc terlebih dahulu supaya lebih mudah dan praktis.

Jika kamu tidak ingin mengalami gagal ginjal, sebaiknya terapkan pola makan sehat mulai sekarang. Hindari mengonsumsi gula berlebihan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, konsumsi gula berlebih dapat memicu gagal ginjal. Oleh sebab itu, sebaiknya konsumsi 2-4 sendok gula saja setiap harinya.

Baca juga: Kelompok Orang yang Berisiko Alami Gagal Ginjal Akut

Selain gula, kamu juga perlu membatasi asupan garam untuk mencegah darah tinggi. Hindari mengonsumsi lebih dari 1.000 miligram. Perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan dan ikan yang tinggi kandungan omega 3 nya. Jika kamu merokok, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan tersebut dan beralih ke kebiasaan lain yang lebih sehat. Hindari pula minum-minuman beralkohol secara berlebihan. 

Referensi:
American Kidney Fund. Diakses pada 2021. Kidney Failure (ESRD) Causes, Symptoms, & Treatments.
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Kidney Failure.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan