• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benjolan pada Testis, Tanda Terkena Kanker?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benjolan pada Testis, Tanda Terkena Kanker?

Benjolan pada Testis, Tanda Terkena Kanker?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 Oktober 2022
Benjolan pada Testis, Tanda Terkena Kanker?Benjolan pada Testis, Tanda Terkena Kanker?

“Benjolan pada testis bukan selalu menandakan penyakit kanker. Kondisi tersebut bisa terjadi akibat adanya kondisi lain seperti kista, varikokel, hidrokel, torsio testis, hingga epididimitis.” 

Halodoc, Jakarta – Testis atau buah zakar merupakan organ kelamin terpenting bagi pria. Organ ini berfungsi untuk menghasilkan hormon testosteron dan sebagai tempat pembentukan sperma. 

Namun, ada kalanya sebuah benjolan bisa muncul pada salah satu testis. Saat hal ini terjadi, jangan panik dulu. Benjolan itu tidak selalu menjadi pertanda kanker. Baca ulasannya lebih lanjut di sini.

Pahami Benjolan pada Testis

Kebanyakan benjolan yang muncul di testis tidak disebabkan oleh kanker. Benjolan testis lebih sering disebabkan oleh pengumpulan cairan, infeksi, atau pembengkakan kulit atau pembuluh darah. 

Meski demikian, beberapa kasus benjolan pada testis juga bisa menandakan kondisi medis yang lebih serius. Berikut gangguan kesehatan yang sering menjadi penyebab munculnya benjolan pada testis:

1. Kista

Kista adalah kantung berisi cairan yang bisa terasa, seperti benjolan kecil dan keras ketika disentuh. Kista bisa bertumbuh hampir di mana saja di tubuh dan sebagian besar tidak berbahaya.

2. Varikokel

Varikokel adalah area kental yang disebabkan oleh pembuluh darah di testis. Kondisinya mirip seperti varises yang muncul di kaki seseorang. Belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan varikokel. 

Namun, para peneliti menduga bahwa kondisi tersebut terjadi karena ada gangguan pada fungsi katup vena. Varikokel juga merupakan kondisi yang sering dikaitkan dengan masalah kesuburan pada pria. Ada sekitar 20 persen pria dewasa yang mengalami varikokel.

3. Hidrokel

Benjolan pada testis juga bisa disebabkan oleh penumpukan cairan berlebih di sekitar testis atau yang disebut juga sebagai hidrokel. Kondisi ini sering terjadi setelah pria mengalami infeksi atau cedera di area testis. Hidrokel biasanya tidak menyakitkan dan pembengkakannya bisa terjadi di satu atau kedua testis.

4. Torsio Testis

Torsio testis tergolong kondisi medis serius yang perlu mendapatkan penanganan segera. Kondisi ini bisa terjadi karena jaringan yang terhubung ke testis terpelintir dan memotong suplai darah. Pria yang mengalami torsio testis biasanya merasakan nyeri yang sangat hebat disertai dengan muntah dan pembengkakan testis.

5. Epididimitis

Epididimitis adalah pembengkakan pada epididimis, yaitu tabung yang terletak di belakang setiap testis dan membawa sperma. Pembengkakan ini menyebabkan munculnya benjolan pada testis. 

Selain itu, pria yang mengalami epididimitis juga bisa mengalami rasa sakit, kelembutan dan rasa hangat di kulit sekitar testis. Epididimitis sering dikaitkan dengan klamidia, yaitu sejenis penyakit menular seksual.

Benjolan Sebagai Tanda Kanker Testis

Pada beberapa kasus, benjolan pada testis juga bisa menjadi salah satu gejala awal kanker testis. Benjolan biasanya akan terbentuk di bagian depan atau samping testis, seringkali terasa keras, dan testis mungkin terasa lebih kencang dari biasanya. 

Benjolan pada testis akibat kanker testis juga bisa berkembang di dalam testis atau tepat di bawah kulit. Satu testis bisa terlihat lebih besar atau bengkak daripada yang lainnya. Selain itu, kanker testis menyebabkan skrotum yang terasa berat dan penuh.

Benjolan pada testis yang disebabkan oleh kanker, biasanya akan disertai dengan gejala lain. Pembengkakan pada area dada pria, nyeri punggung belakang, nyeri dada, serta nafas menjadi lebih pendek.

Memahami tubuh dan menyadari setiap perubahan yang terjadi pada tubuh merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan. Jika kamu mengalami benjolan pada testis, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya. 

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung dengan dokter spesialis. Berikut rekomendasinya:

Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di RS PGI Cikini. dr. Togar M Simanjuntak mendapatkan gelar spesialisnya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Indonesia, Depok

Beliau yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia sebagai anggota ini dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

  • dr. Agus Sutarman, Sp.B(K)Onk

Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di RS Siloam Hospital Kebon Jeruk, RS Abdi Waluyo. dr. Agus Sutarman mendapatkan gelar spesialisnya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Indonesia, Depok pada tahun 2006.

Beliau yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia sebagai anggota ini dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

  • dr. Budi Harapan Siregar, Sp.B(K)Onk

Dokter Spesialis Bedah Onkologi yang aktif melayani pasien di RSUP Persahabatan dan RS Mitra Keluarga Depok. dr. Budi Harapan Siregar mendapatkan gelar spesialisnya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Diponegoro, Semarang.

Beliau yang tergabung dalam Ikatan Ahli Bedah Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia ini dapat memberikan layanan konsultasi seputar bedah onkologi.

Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa membuat janji rumah sakit dengan dokter pilihan kamu lewat aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Medical News Today. Diakses pada 2022. Testicle lump: Is it cancer or something else?
American Cancer Society. Diakses pada 2022. Signs and Symptoms of Testicular Cancer.
CancerNet. Diakses pada 2022. Testicular Cancer: Symptoms and Signs.

Diperbarui pada 10 Oktober 2022.