• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Beragam Obat Cacing Medis untuk Anak dan Orang Dewasa
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Beragam Obat Cacing Medis untuk Anak dan Orang Dewasa

Beragam Obat Cacing Medis untuk Anak dan Orang Dewasa

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 14 September 2021
Beragam Obat Cacing Medis untuk Anak dan Orang Dewasa

“Infeksi cacing atau biasa disebut cacingan disebabkan oleh kebiasaan hidup yang tidak bersih. Kondisi ini umumnya diobati dengan obat cacing yang dijual bebas maupun menggunakan resep. Beberapa obat cacing yang sering direkomendasikan antara lain, mebendazole, albendazole, ivermectin, pirantel pamoat dan praziquantel.”

Halodoc, Jakarta – Infeksi cacing adalah jenis penyakit yang masih sering terjadi di Indonesia. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan hidup yang tidak bersih dan tidak sehat, serta kebersihan lingkungan yang kurang baik. Di samping itu, terdapat beberapa kebiasaan yang bisa membuat kamu lebih mudah terkena penyakit cacingan. Contohnya malas mencuci tangan, mengonsumsi makanan yang kurang matang, atau tidak mencuci sayur dan buah sampai bersih sebelum mengonsumsinya.

Infeksi cacing bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari kekurangan nutrisi, anemia, sampai sumbatan di usus atau saluran pernapasan. Penting untuk mengatasi penyakit cacingan dengan pengobatan yang tepat.

Baca juga: Masih Perlukah Orang Dewasa Minum Obat Cacing?

Gejala Penyakit Cacingan

Infeksi cacing bisa saja tidak menimbulkan gejala atau hanya menimbulkan gejala yang ringan. Namun, orang yang mengidap penyakit cacingan biasanya mengalami gejala, seperti:

  • Mual.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Diare.
  • Sakit perut.
  • Merasa lemas.
  • Gatal pada anus.

Terkadang gejala cacingan mirip seperti kondisi kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, kamu mungkin perlu mengunjungi dokter untuk memastikan infeksi yang kamu alami. 

Daftar Obat Cacing untuk Anak dan Dewasa

Cacingan bisa diobati dengan obat cacing yang dijual bebas maupun menggunakan resep. Obat tersebut bisa membunuh parasit tersebut dan membantu mengeluarkannya melalui sistem. Berikut daftar obat cacing yang bisa digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa untuk mengatasi penyakit cacingan:

1. Mebendazole

Mebendazole efektif untuk mengobati infeksi cacing pita, cacing gelang, cacing tambang, cacing kremi, cacing babi, dan cacing cambuk. Obat ini bekerja dengan cara membunuh cacing dengan mengganggu fungsi tubulin, yaitu protein dalam parasite dan mencegah pengambilan glukosa.

Mebendazole bisa didapatkan melalui resep dokter. Pastikan kamu mengikuti petunjuk penggunaan yang disarankan dokter saat mengonsumsinya. Obat ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa, tapi tidak disarankan untuk anak berusia di bawah 2 tahun.

2. Albendazole

Albendazole juga bisa digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh cacing gelang, cacing tambang, cacing kremi, dan cacing cambuk. Obat ini membunuh cacing dengan cara menghambat metabolisme parasit tersebut.

Albendazole tersedia dalam bentuk tablet minum atau tablet kunyah, sehingga mudah dikonsumsi bagi anak-anak atau kamu yang tidak bisa menelan obat secara utuh. Obat ini biasanya diminum dengan makanan dua kali sehari.

3. Pirantel Pamoat

Pirantel pamoat termasuk dalam golongan obat “antihelmintik”. Obat ini digunakan untuk mengobati infeksi cacing usus, seperti cacing kremi, cacing gelang, dan cacing tambang. Cara kerjanya dengan membuat cacing tidak bisa bergerak atau lumpuh, sehingga tubuh bisa mengeluarkannya secara alami melalui tinja.

Pirantel pamoat dapat diminum secara oral dengan atau tanpa makanan. Bila kamu membeli obat ini tanpa resep dokter, pastikan kamu mengikuti petunjuk penggunaan dan dosis pemakaian sesuai yang tertera pada kemasan produk. Jangan memberikan obat ini pada anak di bawah usia 2 tahun, kecuali atas petunjuk dokter.

Baca juga: Bahaya, Cacing Kremi Bisa Menular

4. Ivermectin

Ivermectin adalah obat untuk mengobati infeksi cacing gelang. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Kamu disarankan untuk mengonsumsi ivermectin sebelum makan agar obat bisa bekerja dengan optimal.

5. Praziquantel

Obat yang juga termasuk dalam golongan obat helmintik ini bermanfaat untuk mengobati infeksi cacing yang hidup di dalam aliran darah, saluran pencernaan atau hati. Praziquantel tersedia dalam bentuk tablet dan harus dikonsumsi sesuai anjuran dokter.

Tips Mencegah Infeksi Cacing


Kebanyakan infeksi cacing disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan tubuh. Lakukan tips berikut untuk menurunkan risiko infeksi cacing:

  • Cuci tangan secara teratur, terutama setelah menangani makanan, kotoran atau setelah menggunakan toilet.
  • Hanya mengonsumsi makanan yang dimasak sampai matang sempurna.
  • Minumlah air bersih, termasuk air minum kemasan saat bepergian.
  • Hindari menelan air dari danau, sungai, atau kolam.
  • Hindari kotoran dan kotoran kucing saat hamil.
  • Lakukan seks aman, menggunakan kondom.

Baca juga: Cegah Cacingan, Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Obat Cacing?

Jika butuh obat-obatan untuk mengatasi cacingan, beli saja di toko kesehatan Halodoc. Tak usah repot antre di apotek, kamu bisa memesannya dari rumah lalu obat akan segera diantar ke tempatmu. Namun, pastikan kamu bertanya pada dokter sebelum mengonsumsi obat apapun.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Parasitic Worms in Humans: Know the Facts.
Medline Plus. Diakses pada 2021. Albendazole.
Medicine Net. Diakses pada 2021. Mebendazole (Vermox).
WebMD. Diakses pada 2021. Pyrantel Pamoate Suspension.
WebMD. Diakses pada 2021. Ivermectin.
WebMD. Diakses pada 2021. Praziquantel Tablet