• Home
  • /
  • Kesehatan
  • /
  • Air Putih

Air Putih

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Air Putih

Air putih adalah zat cair yang terdiri dari molekul hidrogen dan oksigen dan merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh. Air putih pun baik untuk proses detoksifikasi atau pelepasan racun dalam tubuh sehingga air putih dipercaya menjadi antioksidan. Fungsi utama air putih adalah sebagai pelepas haus dan pencegah dehidrasi. Dalam sehari, air putih yang wajib dikonsumsi adalah minimal delapan gelas.

Manfaat Minum Air Putih

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari minum air putih setiap hari, yaitu:

1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi kondisi ketika tubuh kekurangan air. Ini dapat mengganggu fungsi tubuh dan menyebabkan komplikasi serius, seperti gagal ginjal, kejang, dan pembengkakan otak.

2. Membantu Produksi Air Liur

Air liur mengandung sejumlah kecil elektrolit, lendir, dan enzim. Ini penting untuk memecah makanan padat dan menjaga kesehatan mulut. Tubuh menghasilkan air liur yang cukup dengan asupan cairan yang teratur. 

3. Mengatur Suhu Tubuh

Tubuh kehilangan air melalui keringat selama aktivitas fisik dan di lingkungan yang panas. Keringat membuat tubuh tetap dingin, tetapi suhu tubuh akan naik jika tidak mengisi kembali air yang hilang. 

4. Melancarkan Pencernaan

Minum air putih sebelum, selama, dan setelah makan akan membantu tubuh memecah makanan dengan lebih mudah. Ini akan membantu mencerna makanan lebih efektif dan mendapatkan hasil maksimal dari makanan.

5. Membantu Penyerapan Nutrisi

Selain membantu pemecahan makanan, minum air juga membantu melarutkan vitamin, mineral, dan nutrisi lain dari makanan. Selain itu, air juga dapat membantu mengirimkan komponen vitamin ini ke seluruh tubuh untuk digunakan.

6. Meningkatkan Sirkulasi Oksigen Darah

Air dapat membawa nutrisi dan oksigen yang bermanfaat ke seluruh tubuh. Minum air putih yang cukup setiap hari akan meningkatkan sirkulasi dan memiliki dampak positif pada kesehatan secara keseluruhan.

7. Membantu Fungsi Kognitif

Hidrasi yang tepat adalah kunci untuk tetap dalam kondisi kognitif yang prima. Tidak cukup minum air dapat berdampak negatif pada fokus, kewaspadaan, dan memori jangka pendek.

8. Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Cerah

Asupan air yang cukup akan membantu menjaga kulit terhidrasi dan meningkatkan produksi kolagen. Namun, asupan air saja tidak cukup untuk mengurangi efek penuaan. Proses ini juga terkait dengan gen dan perlindungan matahari secara keseluruhan.

Berapa Banyak Harus Minum Air dalam Sehari?

Memperhatikan jumlah air putih yang diminum setiap hari penting untuk kesehatan yang optimal. Kebanyakan orang minum ketika merasa haus, yang membantu mengatur asupan air harian.

Rekomendasi asupan air harian yang perlu dipenuhi adalah:

  • Sekitar 15,5 cangkir (3,7 liter) untuk pria.
  • Sekitar 11,5 cangkir (2,7 liter) untuk wanita.

Ini mencakup cairan dari air, minuman lain dan makanan. Sekitar 20 persen asupan cairan harian biasanya berasal dari makanan dan sisanya dari minuman, terutama air putih.

Kamu harus meningkatkan asupan air jika berolahraga atau tinggal di daerah yang lebih panas untuk menghindari dehidrasi. Cara lain untuk menilai hidrasi adalah dengan mengenai rasa haus dan warna urine.

Merasa haus adalah tanda bahwa tubuh kekurangan cairan. Urine yang berwarna gelap atau kuning tua juga menunjukkan tanda dehidrasi. Jadi, jika menemukan tanda-tanda tersebut, segera minum air putih untuk menghidrasi tubuh.

Mengingat pentingnya minum air putih setiap hari, pastikan kebutuhannya tercukupi, ya. Bila mengalami gejala dehidrasi, segera perbanyak konsumsi air dan download Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Why Is Water Important? 16 Reasons to Drink Up.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Fifteen Benefits Of Drinking Water.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Water: How Much Should You Drink Every Day?
Diperbarui pada 29 November 2021