Berapa Banyak Kandungan Protein Telur Rebus? Ini Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Januari 2023

“Telur rebus mengandung protein, asam amino esensial dan nutrisi penting lainnya. Manfaatnya bagi kesehatan pun sangat banyak.”

Berapa Banyak Kandungan Protein Telur Rebus? Ini FaktanyaBerapa Banyak Kandungan Protein Telur Rebus? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Kandungan protein dalam telur rebus membuatnya jadi pilihan makanan terbaik untuk disantap di pagi hari. Protein merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh, pembentuk otot, serta pendukung program diet. 

Telur rebus sangat mudah diolah dan bisa jadi campuran banyak hidangan. Seperti jadi topping salad, isian sandwich, bahkan juga enak dimakan sendiri dengan taburan garam dan merica.

Kandungan Protein Telur Rebus

Protein sangat penting untuk banyak komponen kesehatan. Beberapa fungsinya yaitu membangun otot dan tulang serta memproduksi hormon dan enzim. Kandungan protein dalam telur rebus adalah sekitar 6 gram. 

Fakta menariknya, telur adalah salah satu sumber protein terbaik yang bisa kamu makan. Ini karena profil protein dalam telur cukup lengkap karena mengandung sembilan asam amino esensial.

Kandungan protein ini tidak hanya ada pada bagian putihnya, lho. Hampir separuh kandungan protein telur justru berasal dari kuningnya. Oleh karena itu, makanlah telur secara utuh, untuk mendapatkan manfaat dari protein dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Selain protein, satu telur rebus ukuran besar juga mengandung:

  • Kalori: 78
  • Lemak Total: 5 gram
  • Lemak jenuh: 2 gram
  • Kolesterol: 187 miligram
  • Natrium: 62 mg
  • Karbohidrat: 1 gram
  • Gula: 1 gram

Selain itu, telur rebus juga merupakan sumber vitamin A, vitamin D, kalsium, dan zat besi. 

Manfaatnya bagi Kesehatan

Kandungan protein dan berbagai nutrisi penting lain dalam telur rebus membuatnya bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi telur rebus:

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Telur mengandung vitamin B6 dan B12 dalam jumlah yang baik, bersama dengan zinc. Berbagai nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit. 

  1. Bantu Penurunan Berat Badan

Telur rebus adalah sumber protein rendah lemak yang sangat baik. Ini akan membuat kamu kenyang, tanpa mendapatkan terlalu banyak kalori. Tentunya, ini akan sangat berguna jika kamu ingin menurunkan berat badan.

  1. Tingkatkan Kekuatan Tulang

Protein dalam telur rebus juga bekerja bersama vitamin D untuk mendorong kekuatan tulang. Ibu hamil yang mengonsumsinya juga bisa mendapat manfaat. Sebab, unsur-unsur nutrisi tersebut dapat mendukung gigi, tulang, dan pertumbuhan bayi selama kehamilan.

  1. Menurunkan Kolesterol

Jika bicara soal kolesterol, putih telur rebus lebih sehat daripada bagian kuningnya. Jadi, bagi pengidap kolesterol yang ingin mendapat manfaat dari telur rebus, makanlah bagian putihnya saja. 

  1. Memelihara dan Mendukung Pertumbuhan Sel

Selain protein, telur rebus juga mengandung kolin. Ini penting untuk pemeliharaan dan pertumbuhan sel dalam tubuh. 

  1. Mencegah Degenerasi Makula

Lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam telur rebus memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi, yang membantu menjaga kesehatan mata.

  1. Peningkatan Energi Mental

Kombinasi elemen sehat seperti protein dan kolin dalam telur rebus membantu otak bekerja optimal, terutama setelah sarapan.

Rebus VS Goreng, Mana yang Lebih Sehat?

Telur rebus dibuat dengan cara meletakkan telur yang belum dikupas ke dalam panci berisi air. Tanpa tambahan minyak atau mentega. Lalu direbus hingga semua bagiannya matang. 

Sebaliknya, telur goreng membutuhkan tambahan mentega atau minyak, yang menyumbang tambahan kalori dan lemak. Misalnya, satu telur rebus besar memiliki 77 kalori dan 5,3 gram lemak. Sementara telur goreng memiliki 90 kalori dan 7 gram lemak.

Selain kandungan lemak dan kalorinya, telur rebus dan telur goreng memiliki profil vitamin dan mineral yang sangat mirip. Mereka tidak berbeda dalam jumlah protein dan nutrisinya. Namun, persoalan mana yang lebih sehat, tentunya telur rebus adalah pilihan terbaik.

Itulah pembahasan mengenai kandungan protein dalam telur rebus dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Jika kamu mengalami masalah kesehatan karena pola makan yang buruk, download Halodoc saja.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Hard-Boiled Egg Nutrition Facts: Calories, Protein and More.
Health Shots. Diakses pada 2023. 10 Reasons Why You Should Eat Boiled Eggs.
Nourish by WebMD. Diakses pada 2023. Health Benefits of Boiled Eggs.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan