Ini Pilihan Makanan Tinggi Protein yang Baik untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 November 2023

“Ada beberapa pilihan makanan tinggi protein yang dapat kamu konsumsi untuk mencukupi kebutuhan protein harian. Di antaranya, telur, keju, daging, dan ikan.”

Ini Pilihan Makanan Tinggi Protein yang Baik untuk KesehatanIni Pilihan Makanan Tinggi Protein yang Baik untuk Kesehatan

DAFTAR ISI

  1. Telur
  2. Kacang almond
  3. Dada ayam
  4. Keju cottage
  5. Daging sapi
  6. Ikan salmon
  7. Tuna
  8. Tempe
  9. Lentil

Halodoc, Jakarta – Mencukupi kebutuhan protein harian sangat penting untuk kesehatan tubuh. Beberapa pilihan makanan tinggi protein yaitu telur, kacang-kacang, daging tanpa lemak, ikan, produk susu, dan biji-bijian. 

Protein adalah kategori besar molekul yang mendukung struktur sel, fungsi kekebalan, pergerakan, reaksi kimia, sintesis hormon, dan masih banyak lagi. Semuanya terdiri dari bahan penyusun kecil yang bernama asam amino. 

Tubuh membutuhkan protein, tapi tidak dapat memproduksinya sendiri. Maka itu, kamu perlu mendapatkannya dari makanan tinggi protein.

Pilihan Makanan Tinggi Protein

Meskipun protein adalah nutrisi yang penting untuk kamu konsumsi, bukan berarti harus mengonsumsinya dalam jumlah banyak setiap hari. 

Faktanya, Kebutuhan Protein Tergantung pada Usia dan Jenis Kelamin. Kebutuhan harian juga akan tergantung pada berat badan dan status kesehatan. 

Berikut ini pilihan makanan tinggi protein yang dapat kamu konsumsi:

1. Telur

Telur utuh adalah makanan tinggi protein yang mudah terserap. Selain itu, telur juga merupakan sumber vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan yang sangat baik.

Perlu kamu ingat, putih telur merupakan protein murni, tapi telur utuh yang mengandung kuning telur memberikan lebih banyak nutrisi. Termasuk vitamin, mineral, antioksidan, dan lemak sehat. 

2. Kacang almond

Almond merupakan kacang bergizi yang juga kaya akan nutrisi penting. Mulai dari serat, vitamin E, mangan, dan magnesium. Kacang ini juga memiliki banyak protein nabati. 

3. Dada ayam

Makanan tinggi protein selanjutnya yaitu dada ayam. Ini adalah pilihan yang sangat baik juga kamu ingin meningkatkan asupan protein. 

Selain protein, dada ayam juga mengandung beragam vitamin B, serta mineral seperti zinc dan selenium.

4. Keju cottage

Jenis keju cottage adalah salah satu jenis keju yang rendah lemak dan kalori, tapi tinggi protein.

Makanan tinggi protein ini juga memiliki banyak kalsium, fosfor, selenium, vitamin B12, riboflavin (vitamin B2), dan berbagai nutrisi lainnya. 

5. Daging sapi

Makanan tinggi protein berikutnya adalah daging sapi. Tidak diragukan lagi, daging sapi menawarkan protein dalam jumlah tinggi per porsi. Satu porsi atau 85 gram daging sapi mengandung sekitar 21 gram protein.

Ada beberapa jenis daging sapi yang dapat kamu pilih. Namun, pilihlah daging sapi tanpa lemak untuk membatasi asupan lemak jenuh atau tidak lebih dari 5-6 persen kalori untuk kesehatan jantung yang optimal.

6. Ikan salmon

Salmon mungkin lebih terkenal dengan lemak sehatnya yang mendukung kesehatan jantung. Namun, makanan sehat ini juga mengandung banyak protein. 

Makan ikan setidaknya dua kali seminggu dapat menambah variasi protein mingguan. 

7. Tuna

Selain ikan salmon, ikan tuna juga merupakan makanan tinggi protein. Tuna adalah sumber protein yang sangat baik dan mudah kamu temukan. 

Selain itu, ikan tuna juga merupakan sumber asam lemak tidak jenuh yang menyehatkan jantung. 

8. Tempe

Di Indonesia ada tempe yang bisa menjadi makanan tinggi protein dan murah meriah. Tempe terbuat dari kacang kedelai, sama seperti tahu. 

Namun, tempe memiliki jumlah protein yang lebih tinggi daripada tahu, yaitu sekitar 20 gram per 100 gram tempe.

9. Lentil

Sumber makanan tinggi protein selanjutnya itu lentil. Banyaknya jumlah protein yang terkandung dalam lentil, menjadikannya pilihan yang sangat baik jika kamu menjalani pola makan vegetarian atau vegan.

Selain itu, buah ini juga memiliki nutrisi lain, termasuk serat, folat, magnesium, potasium, zat besi, tembaga, dan mangan.

Itulah pilihan makanan tinggi protein yang baik untuk kesehatan. Sudah saatnya untuk rutin mengonsumsi protein setiap hari dengan variasi pilihan makanan tinggi protein di atas. 

Selain itu, Dokter Ini Bisa Beri Saran Konsumsi Protein Harian agar asupan protein kamu terpenuhi dengan baik.

Jika kamu memiliki pertanyaan lain terkait diet dan nutrisi, jangan ragu untuk menghubungi dokter di Halodoc agar mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisimu.

Selain itu, jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, ada baiknya kamu mengetahui dulu berat badan yang ideal untukmu dengan menggunakan Kalkulator BMI.

Dengan begini kamu bisa menentukan strategi menurunkan berat badan yang lebih tepat.

Referensi:
Eating Well. Diakses pada 2023. The 8 Best High-Protein Foods, According to a Dietitian.
Healthline. Diakses pada 2023. 16 Delicious High Protein Foods.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What foods are high in protein?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan