Berapa Kali Sebaiknya Medical Check Up dalam Setahun?

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Juni 2022

"Medical check up sebaiknya dilakukan ketika sudah memasuki usia 18 tahun ke atas. Bagi seseorang yang telah menginjak usia 40 tahun ke atas atau mengidap penyakit tertentu sebaiknya melakukan medical check up lebih dari satu kali dalam setahun."

Berapa Kali Sebaiknya Medical Check Up dalam Setahun?Berapa Kali Sebaiknya Medical Check Up dalam Setahun?

Halodoc, Jakarta – Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan yang perlu kamu lakukan meski tubuh dalam keadaan sehat. Sebab, meski kamu merasa baik-baik saja, kamu tetap perlu melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui risiko penyakit yang tak terduga.

Medical check up direkomendasikan dilakukan setidaknya setahun sekali jika kamu berusia di atas 50 tahun, dan setiap 3 tahun sekali jika kamu berusia di bawah 50 tahun dan dalam kondisi sehat. Informasi selengkapnya mengenai medical check up bisa dibaca di sini!

Lakukan Medical Check Up Setidaknya Setahun Sekali

Ada beberapa pendapat berbeda mengenai durasi ideal melakukan medical check up. Center for Disease Control and Prevention (CDC), merekomendasikan medical check up sebaiknya dilakukan setahun sekali. Misalnya, di akhir tahun atau awal tahun agar tenggat waktunya mudah diingat.

Selain itu, medical check up sebaiknya dilakukan ketika sudah memasuki usia 18 tahun ke atas. Bagi seseorang yang telah menginjak usia 40 tahun ke atas atau mengidap penyakit tertentu sebaiknya melakukan medical check up lebih dari satu kali dalam setahun. Namun, hal tersebut bisa disesuaikan lagi, tergantung penyakit apa yang sedang diidap.

Penting untuk menjadi bertanggung jawab terhadap kondisi kesehatan dimulai dari pencegahan. Melakukan medical check up adalah cara terbaik untuk mendeteksi gejala sebelum akhirnya menjadi penyakit yang sulit diobati. Pemeriksaan rutin dapat membantu kamu meningkatkan peluang hidup sehat dan berkualitas.

Sejatinya, medical check up juga tidak hanya dilakukan orang dewasa saja, anak-anak juga perlu supaya orang tua bisa lebih peduli  dengan kemungkinan penyakit yang dialami anak.

Biar kamu lebih memantapkan diri untuk melakukan pemeriksaan ini, yuk ketahui manfaat medical check up di bawah ini

1. Mengetahui Risiko Penyakit

Rutin melakukan medical check up bisa menghindarkan dirimu dari peluang terkena penyakit. Sebab, setelah selesai melakukan berbagai tes dan tubuh dinyatakan baik-baik saja, kamu tetap akan diberi nasihat oleh dokter seputar kesehatan dan penyakit yang berpotensi menghampirimu. Tentunya, hal ini bisa membuat dirimu lebih peka akan kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup.

Bahkan, pemeriksaan ini juga bisa mendiagnosis penyakit yang ada pada tubuhmu. Itu sebabnya mengapa penting untuk rutin melakukan medical check up, agar penyakit yang kamu idap tidak semakin berkembang serta membantu dokter untuk memilih metode pengobatan yang cocok untuk kamu.

Sebagian besar orang mungkin merasa takut untuk melakukan medical check up. Mereka mungkin takut untuk melihat hasil dan konsekuensi yang harus ditanggung apabila mengidap penyakit tertentu. Namun, akan lebih baik jika mencegah daripada mengobati. Ketika penyakitnya terdeteksi lebih dini, maka penyakitnya bisa segera diobati.

2. Mencegah Komplikasi Penyakit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, medical check up bisa mendeteksi penyakit yang diidap sejak dini. Ini menjadi poin plus karena penanganan penyakit bisa dilakukan sesegera mungkin, sehingga bisa mencegah terjadinya komplikasi.

Penyakit yang belum berkembang bisa memangkas biaya pengobatan karena dan lebih mudah disembuhkan. Namun, poin paling penting adalah memantau kesehatan secara rutin bisa menambah produktivitas seseorang.

3. Mencegah Masalah Psikis

Melakukan medical check up secara rutin bisa mendiagnosis masalah psikis terkait penyakit tertentu sebelum menjadi parah. Melalui pemeriksaan ini, dokter akan membantumu untuk mengelola dan memerangi penyakit yang berhubungan dengan stres secara tepat. Bagi orang yang punya kondisi normal, melalui medical check up dokter dapat mengajarkan perilaku hidup sehat agar kamu enggak gampang alami stres.

Kalau kamu berencana ingin melakukan medical check up, saat ini Halodoc sudah memiliki layanan Halodoc Home Care bisa di-booking untuk area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi sesuai ketersediaan.

Halodoc Home Care adalah layanan homecare untuk tes lab, seperti cek demam, cek darah (hematology), cek kolesterol, cek diabetes, medical check up hingga imunisasi yang bisa dipanggil ke rumah atau ke tempat kamu berada, di mana saja!

Setiap pemesanan di Halodoc Home Care akan mendapatkan gratis konsultasi hasil dengan dokter dan tanpa biaya tambahan lainnya. Tunggu apalagi? Yuk, tes sekarang juga! Jangan lupa download aplikasi Halodoc ya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How Often Should You See Your Doctor for a Checkup?
Better Health Channel. Diakses pada 2022. Regular health checks.
WebMD. Diakses pada 2022. Checkups and Tests You Shouldn’t Miss

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan