Berapa Lama Kutu Anjing Bisa Bertahan?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Juli 2021
Berapa Lama Kutu Anjing Bisa Bertahan?Berapa Lama Kutu Anjing Bisa Bertahan?

“Kutu anjing tidak bisa dibiarkan begitu saja jika hidup di anjing peliharaan. Tanpa dibasmi dengan obat atau sampo, kutu anjing bisa hidup dan bertahan lama hingga berbulan-bulan lamanya. Bukan itu saja, siklus kutu anjing terus berjalan. Mereka akan bertelur dan berkembang biak jadi lebih banyak. Jangan biarkan anjing kesayanganmu menderita akibatnya.”

Halodoc, Jakarta – Anjing sering dihinggapi kutu melalui kontak dengan hewan lain atau kontak dengan kutu di lingkungannya. Kutu sangat mungkin untuk pindah dari satu inang ke inang lainnya atau dari lingkungan sekitarnya ke inang. Gigitan kutu bisa menyebabkan rasa gatal pada anjing. Pada anjing yang sensitif atau alergi kutu, rasa gatal bisa sangat parah. 

Perlu diketahui, kutu anjing tidak menyukai cahaya. Jadi, kesempatan terbaik untuk melihat kutu pada anjing dengan melihat ke dalam area berbulu dan di perut dan paha bagian dalam anjing. Lantas, berapa lama kutu anjing bisa bertahan pada inangnya?

Baca juga: 4 Cara Efektif untuk Mencegah Kutu Anjing

Umur Kutu Anjing Sulit Diprediksi

Berapa lama kutu anjing bisa bertahan? Pertanyaan ini memang sulit untuk dijawab, karena umur kutu bervariasi berdasarkan kondisi dan kelembapan. Selain itu, siklus hidup kutu bisa berlanjut tanpa batas, mengingat kutu bisa terus bertelur dan memulai siklus baru. Itulah alasannya kamu tidak boleh menunda pengobatan untuk masalah kutu anjing. 

Kutu mana pun, baik kutu anjing dan kutu pada hewan lainnya bisa hilang jika kamu segera melakukan tindakan. Kutu dewasa biasanya hidup hanya beberapa hari. Tanpa gangguan dan tanpa menghisap darah dari anjing, kutu bisa hidup lebih dari 100 hari. Rata-rata, kutu hidup dua hingga tiga bulan. Tapi ingatlah, bahwa kutu akan terus bertelur dan memulai siklus baru. Jika mereka tidak segera dihilangkan, anjing peliharaanmu akan menderita lebih lama akibat kutu.

Baca juga: Inilah Bagian Tubuh Anjing yang Rentan Terkena Kutu

Cara Terbaik Membasmi Kutu Anjing

Jika kamu mengetahui anjing peliharaan memiliki kutu, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakannya:

  • Obat Oral dan Topikal

Kutu sangat mengganggu dan gigih. Namun membasminya dengan obat tetes kutu dan perawatan kutu anjing lainnya terbukti ampuh membasmi kutu anjing. Perlu diketahui, beberapa obat pembasmi kutu menargetkan kutu dewasa, ada juga yang menargetkan telur kutu dan larva. Jadi pastikan untuk membeli yang tepat. 

Obat pembasmi kutu terbaik akan tergantung pada kebutuhan individu anjing. Bicarakan pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc mengenai pilihan mana yang terbaik untuk anjing peliharaan kamu. 

  • Sampo Kutu Anjing

Ada beberapa pilihan sampo kutu anjing yang dijual di pasaran dan cukup efektif jika digunakan dengan tepat. Sampo pembasmi kutu anjing mungkin mengandung berbagai bahan yang kurang lebih efektif. 

Anak anjing kecil hanya boleh dimandikan dengan sampo anjing yang tidak beracun. Pertimbangkan apakah anjing peliharaan kamu tahan akan basah atau tidak dan disabuni selama lima hingga 10 menit. Karena itulah waktu yang dibutuhkan untuk sampo meresap. 

Setelah dimandikan dan diberi sampo, sisir bulu anjing. Kutu biasanya akan berjatuhan, dan itulah waktu yang tepat untuk membunuh kutu. Perlu diketahui, sampo kutu tidak melindungi anjing dari serangan kutu yang berkelanjutan. Jadi, penting untuk memeriksa anjing dan memperhatikan gejala kutu anjing. 

Baca juga: Ini Perbedaan antara Kutu Kucing dan Anjing

Saat terserang kutu, anjing bukan hanya mengalami rasa gatal yang berlebihan. Anjing juga bisa menggigit, mengunyah, atau menggaruk diri sendiri. Hal tersebut memicu kerontokan bulu, kemerahan, peradangan, atau luka pada kulit. Jadi, perhatikan setiap gejalanya, dan lakukan langkah penanganan seperti yang telah disebutkan.

Selain melakukan beberapa langkah mengatasi kutu anjing seperti yang telah disebutkan, kamu disarankan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar anjing. Pasalnya, kutu dapat tinggal dan berkembangbiak pada karpet, tempat tidur, gorden, serta permukaan lainnya. 

Referensi:
PetMD. Diakses pada 2021. How to Handle Fleas on Dogs
Vet West. Diakses pada 2021. FLEAS – SOLVING A FLEA PROBLEM
PetMD. Diakses pada 2021. How to Handle Fleas on Dogs.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan