Inilah Bagian Tubuh Anjing yang Rentan Terkena Kutu

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   27 Januari 2021
Inilah Bagian Tubuh Anjing yang Rentan Terkena KutuInilah Bagian Tubuh Anjing yang Rentan Terkena Kutu

Halodoc, Jakarta - Memasuki musim penghujan tentunya akan membuat lingkungan rumah menjadi lebih lembap. Bagi pemilik anjing, sebaiknya tetap waspada dalam menjaga kesehatan anjing kesayangan. Rutin melakukan grooming atau perawatan terhadap bulu dan kulit anjing menjadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kutu.

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Kutu Anjing yang Mengganggu

Kutu dapat menjadi gangguan yang cukup meresahkan bagi para pemilik anjing. Kutu merupakan parasit yang hidup pada anjing dengan mengisap darahnya. Tidak hanya itu, kutu yang dibiarkan juga dapat memicu berbagai gangguan kesehatan pada anjing. Karena itu, pemilik anjing perlu mengetahui beberapa bagian tubuh anjing yang rentan terkena kutu agar kondisi ini bisa segera diatasi.

Mulai dari Leher Hingga Jari Kaki

Perhatikan setiap perubahan yang terjadi pada perilaku anjing. Apalagi jika anjing lebih sering menggaruk atau menggigit beberapa bagian tubuhnya. Kondisi tersebut bisa menjadi tanda adanya kutu pada tubuh anjing. 

Bukan hanya kutu menghisap darah anjing, jika dibiarkan kutu dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada anjing. Salah satunya adalah kondisi iritasi pada kulit yang memicu infeksi. Untuk itu, perhatikan beberapa bagian tubuh anjing ini agar kamu dapat mewaspadai munculnya kutu.

1.Bagian Leher

Bagian leher menjadi salah satu lokasi yang cukup nyaman bagi kutu. Leher merupakan bagian pada anjing yang kerap tertutup oleh tali atau pakaian anjing. Karena itu, kutu akan lebih sulit untuk digaruk atau dihilangkan secara alami oleh anjing. 

Tidak hanya itu, bagian leher menjadi salah satu bagian tubuh yang cukup lembap karena tertutup oleh bulu yang lebih tebal dibandingkan area yang lain. Dengan begitu, kutu akan sangat nyaman tinggal pada bagian ini.

2.Bagian Bawah Ekor

Selain bagian leher, perhatikan lebih detail pada bagian bawah ekor. Bagian ini juga kerap menjadi lokasi yang nyaman untuk kutu karena kondisi lembap. Selain di bagian bawah ekor, kutu juga akan menetap pada bagian pangkal ekor.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Kontrol Parasit pada Anjing Peliharaan?

3.Bagian Area Genital Hewan

Jika anjing kerap bermain di luar ruangan, jangan lupa untuk membersihkan area genital atau selangkangan setelah bermain. Bagian tubuh ini juga kerap menjadi lokasi menetap untuk kutu karena lembap dan jarang terlihat. Kutu yang hidup pada area selangkangan dapat menjalar hingga ke bagian bokong. Jangan ragu untuk periksa secara menyeluruh kedua area ini.

4.Antara Jari-Jari

Jari kaki hewan menjadi bagian yang paling mudah terkena kutu. Jari-jari kaki juga menjadi bagian yang cukup rentan mengalami gigitan kutu. Periksa secara detail bagian jari kaki anjing saat kamu sedang membersihkan anjing. Pastikan kamu memeriksa area jari kaki hingga yang paling atas dengan baik. Rentangkan jari kaki dengan lembut dan periksa kuku anjing secara perlahan untuk memastikan tidak ada parasit yang tertinggal pada bagian ini.

5.Bagian Bawah Kaki

Bagian ketiak, siku, dan kaki belakang anjing menjadi bagian lain yang kerap menjadi lokasi berkembang biak kutu anjing. Namun, pada bagian ini, bulu anjing tidak terlalu banyak sehingga kamu akan lebih mudah menemukan dan menyingkirkan kutu yang berada di tubuh anjing.

6.Kelopak Mata

Kutu juga sering berada pada bagian kelopak mata anjing. Namun, sebelum kamu menghilangkan kutu, pastikan bahwa itu bukanlah bagian kulit anjing. Kutu akan membesar ketika berada di kelopak mata dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, kutu memiliki warna kecoklatan dan kaki. 

Itulah beberapa bagian tubuh anjing yang rentan terkena kutu. Kamu bisa melakukan beberapa cara untuk menghindari anjing dari gigitan kutu. Sebaiknya hindari anjing dari lokasi yang lembap, bersihkan tubuh anjing secara rutin, dan segera ambil kutu yang terlihat pada bagian tubuh anjing. 

Baca juga: Ini Bahayanya Kutu pada Hewan Peliharaan

Jika kutu telah menyebabkan iritasi pada kulit, tidak ada salahnya gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter hewan untuk mengatasi iritasi serta kutu yang membandel. Jangan lupa untuk bersihkan lingkungan atau kandang anjing secara rutin agar anjing terbebas dari kutu.

Referensi:
Hartz. Diakses pada 2021. The 6 Most Common Places to Find Ticks on Your Pet.
American Kennel Club. Diakses pada 2021. Keep Your Dogs Safe From Fleas and Ticks With 10 Prevention Tips.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Preventing Ticks on Your Pets.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan