• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapa Lama Waktu untuk Pemulihan Operasi Usus Buntu?

Berapa Lama Waktu untuk Pemulihan Operasi Usus Buntu?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Sudah tak asing kan dengan penyakit bernama usus buntu? Penyakit usus buntu adalah peradangan yang terjadi pada usus buntu (apendiks). Ketika mengalami kondisi ini, pengidapnya bisa mengalami nyeri di perut kanan bagian bawah. Nyeri ini bisa bertambah parah ketika mereka bergerak, menarik napas dalam-dalam, atau batuk. 

Sebaiknya jangan sekali-kali meremehkan penyakit usus buntu. Penyakit ini bisa menyebabkan infeksi serius hingga membuat usus buntu pecah, dan membahayakan nyawa pengidapnya. Itulah sebabnya, pengidap penyakit ini perlu segera mendapatkan tindakan medis.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi penyakit usus buntu yaitu melalui prosedur operasi. Pertanyaannya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih pascaoperasi usus buntu? 

Baca juga: Sering Makan Pedas? Ini Dampaknya pada Usus Buntu

Pulih dalam Hitungan Hari

Sebenarnya cara untuk mengatasi penyakit usus buntu tidak harus selalu melalui prosedur operasi yang disebut apendektomi (pengangkatan usus buntu). Untuk kasus usus buntu yang terbilang ringan bisa diatasi dengan pemberian antibiotik sebelum operasi, dengan begitu operasi tidak lagi diperlukan. 

Akan tetapi, menurut ahli di National Institutes of Health - Medlineplus, sering kali kasus usus buntu berujung pada apendektomi atau operasi usus buntu. Lantas, berapa lama waktu pemulihan pasca operasi usus buntu? Nah, hal ini bergantung dengan prosedur operasi yang akan digunakan. 

Prosedur operasi usus buntu terbagi menjadi dua, yaitu laparoskopi atau laparotomi (bedah terbuka). Pada prosedur laparoskopi, dokter bedah akan membuat sayatan kecil di perut, atau menggunakan alat bedah khusus yang disebut laparoskopi.

Dokter akan mengeluarkan usus buntu yang telah meradang. Biasanya prosedur operasi ini membutuhkan rawat inap selama dua hingga tiga hari.

Menurut pakar di National Health Service - UK, pemulihan laparoskopi cenderung singkat, dan kebanyakan orang dapat meninggalkan rumah sakit beberapa hari setelah operasi. Jika prosedur dilakukan dengan segera, pasien mungkin bisa pulang dalam waktu 24 jam. 

Baca juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Radang Usus

Lebih Lama dengan Operasi Terbuka

Lalu, bagaimana dengan waktu pemulihan pascaoperasi usus buntu dengan menggunakan prosedur laparotomi atau bedah terbuka? 

Pada operasi dengan bedah terbuka, dokter akan membedah perut bagian kanan bawah sepanjang 5-10 sentimeter. Kemudian, dokter akan mengangkat usus buntu yang mengalami infeksi atau peradangan. Bedah terbuka ini dianjurkan untuk menangani kasus usus buntu dengan infeksi yang telah menyebar, atau ketika usus buntu menjadi abses atau bernanah. 

Nah, waktu pemulihannya tentu berbeda dengan laparoskopi. Prosedur operasi terbuka mungkin memerlukan waktu hingga seminggu, sebelum pasien cukup sehat dan diperbolehkan untuk pulang. Selama beberapa hari pertama setelah operasi, pasien mungkin akan mengalami rasa sakit dan memar. 

Baca juga: Inilah Perbedaan Usus Buntu dan Mag

Di samping itu, sebelum meninggalkan rumah sakit pasien akan diberi tahu tentang cara merawat luka, dan aktivitas yang harus dihindari. Umumnya, mereka baru diperbolehkan beraktivitas normal setelah beberapa minggu ke depan. Meski begitu, pasien juga perlu menghindari aktivitas berat selama 4 hingga 6 minggu setelah operasi terbuka.

Nah, bagi ibu atau terdapat anggota keluarga lainnya yang mengalami usus buntu atau keluhan lainnya, bisa kok memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit.



Referensi:
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2021. Appendicitis
National Health Service - UK. Diakses pada 2021. Treatment-Appendicitis
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Diseases and Conditions. Appendicitis.