Ini 5 Rekomendasi Obat Pereda nyeri yang Ampuh di Apotek

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Februari 2024

“Obat pereda nyeri ada yang dijual bebas dan ada pula yang memerlukan resep dokter. Beberapa contoh yang ampuh adalah Sumagesic, Voltaren Emulgel, Proris Triple Action, Cataflam, dan Celebrex. “

Ini 5 Rekomendasi Obat Pereda nyeri yang Ampuh di ApotekIni 5 Rekomendasi Obat Pereda nyeri yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Pereda nyeri yang Ampuh


Halodoc, Jakarta – Banyak obat pereda nyeri yang bisa dibeli bebas seperti paracetamol, non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) semacam ibuprofen atau aspirin, atau obat topikal berbentuk gel dan krim yang diserap melalui kulit. 

Namun, ada pula obatnya yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Alasannya obat-obatan tersebut masuk ke dalam golongan obat opioid dan antidepresan. Nah, mau tahu apa saja obat pereda nyeri yang ampuh?

Rekomendasi Obat Pereda nyeri yang Ampuh

Ada beberapa obat pereda nyeri yang bisa dengan mudah kamu temukan di apotek, di antaranya: 

1. Sumagesic 600 mg 4 Tablet

Dengan kandungan paracetamol di dalamnya, obat ini bekerja dengan mengatur suhu di hipotalamus otak. Tujuannya agar suhu tubuh bisa menurun dan mengurangi nyeri ringan hingga sedang. Inilah yang membuat Sumagesic ampuh untuk meredakan sakit kepala, sakit gigi, serta demam.

Tapi, untuk penggunaan dalam jangka waktu yang panjang, obat ini bisa menyebabkan gangguan fungsi hati serta menimbulkan reaksi hipersensitivitas/alergi. 

Untuk aturan pakainya, Sumagesic bisa diminum sebelum atau sesudah makan dengan dosis 1 tablet 3-4 kali sehari. karena tergolong obat bebas, kamu bisa membeli obat ini tanpa resep dokter. 

Rentang harga: Rp2.500 – Rp3.300 per strip. 

Dapatkan Sumagesic 600 mg 4 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

Sebelum konsumsi obat pereda nyeri, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Baca selengkapnya di sini: “Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Konsumsi Pereda Nyeri”. 

2. Voltaren Emulgel 20 g

Voltaren Emulgel adalah obat topikal yang termasuk golongan non NSAID dengan kandungan diclofenac. Kandungan ini berguna untuk meredakan peradangan dan nyeri. Obat ini ampuh untuk mengobati reumatisme jaringan lunak dan penyakit reumatik lokal. 

Cara penggunaannya cukup praktis. Oleskan 3-4 kali sehari di bagian tubuh yang nyeri. Untuk mendapatkannya, kamu tidak memerlukan resep dokter karena Voltaren Emulgel termasuk obat bebas terbatas.

Rentang harga: Rp96.300 – Rp111.000 Per Tube

Dapatkan Voltaren Emulgel 20 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Proris Triple Action 10 Kaplet

Obat ini mengandung ibuprofen yang memiliki sifat analgesik (mengurangi nyeri), anti-inflamasi (meredakan peradangan), serta antipiretik (menurunkan demam). 

Proris Triple Action ampuh untuk melawan nyeri ringan hingga sedang akibat sakit gigi, nyeri pasca bedah, sakit kepala, gejala radang sendi dan pembengkakan sendi, serta demam anak. 

Namun, obat ini tidak disarankan untuk lansia, ibu hamil dan menyusui, pengidap gangguan fungsi ginjal, dan diabetes melitus. Obat ini tergolong obat bebas terbatas jadi kamu bisa membelinya tanpa resep dokter. 

Lalu, untuk orang dewasa, konsumsi obat ini sesudah makan 3-4 kali sehari dengan dosis 200-250 mg. Sementara anak usia 1-2 tahun 50 mg 3-4 kali sehari. 

Kisaran harga: Rp10.800 per strip. 

Dapatkan Proris Triple Action 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. Cataflam 25 mg 10 Tablet

Obat ini mengandung Kalium Diklofenak yang tergolong non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) dengan fungsi anti-inflamasi dan anti nyeri. Cataflam bisa digunakan untuk terapi akut gejala berbagai jenis radang sendi, migrain, dan peradangan setelah operasi gigi dan tulang. 

Cataflam adalah obat golongan merah yang harus dibeli dengan resep dokter dan konsumsi setelah makan. Untuk orang dewasa serta anak di atas 14 tahun, dosis pemakaiannya adalah 2-3 kali sehari. Selain itu, untuk pengidap hipertensi dan gagal jantung, disarankan untuk berhati-hati terhadap pemakaian obat ini. 

Kisaran harga: Rp43.900 per strip. 

Dapatkan Cataflam 25 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

5. Celebrex 200 mg 10 Kapsul

Celebrex ampuh mengurangi berbagai jenis nyeri dan peradangan sendi dan nyeri saat menstruasi. Cara kerjanya adalah dengan menghambat aktivitas enzim COX-2 yang bertanggung jawab atas produksi hormon prostaglandin (penyebab rasa nyeri). 

Dengan mengurangi kadar prostaglandin, Celebrex bisa meredakan nyeri dan mengurangi pembengkakan. Obat ini tergolong obat keras sehingga memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Konsumsi obat ini sesudah makan. Untuk pengidap hipertensi, diabetes melitus, dan gangguan hati sedang sebaiknya lebih berhati-hati dalam konsumsi obat ini. 

Kisaran harga: Rp212.100 per strip. 

Dapatkan Celebrex 200 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc. 

Itulah beberapa obat pereda nyeri yang ampuh dan mudah dicari.  Selain obat-obatan ini, kamu juga bisa mencari obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi: 
Health Direct.  Diakses 2024. Pain-relief medicines. 
Medline Plus. Diakses 2024. Pain Relievers.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan