Berapakah Jumlah Kalori dalam Olahan Dada Ayam?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Januari 2022

“Teknik memasak bisa menjadi tolok ukur seberapa banyak nutrisi tersimpan dalam olahan dada ayam. Sejauh ini untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal, cara terbaik mengolah dada ayam adalah dengan cara direbus. Kamu juga bisa memanggangnya untuk hidangan yang lezat dan sehat.”

Berapakah Jumlah Kalori dalam Olahan Dada Ayam?Berapakah Jumlah Kalori dalam Olahan Dada Ayam?

Halodoc, Jakarta –  Daging ayam kaya akan vitamin B, seperti niasin, vitamin B6, dan B12, yang memainkan peran sentral dalam produksi energi, sintesis DNA, dan kesehatan otak. Ayam juga mengandung protein penting yang berguna dalam membangun, memperbaiki jaringan, serta mempertahankan massa otot.

Sementara itu, selenium adalah mineral yang diperlukan untuk fungsi kekebalan tubuh yang tepat, kesehatan tiroid, dan kesuburan yang juga terdapat pada daging ayam. Selama ini dada ayam kerap dikaitkan dengan bagian daging yang paling sehat. Yuk, simak di sini jumlah kalori dalam olahan dada ayam!

Kandungan Nutrisi dan Kalori Olahan Dada Ayam

Berbicara mengenai nutrisi dan kalori, berikut adalah jumlah kalori dan vitamin pada olahan dada ayam.

Satu porsi olahan dada ayam ukuran 85 gram mengandung :

  • 122 kalori.
  • 24 gram protein.
  • 3 gram lemak.
  • 0 gram karbohidrat.
  • 51 persen kebutuhan harian niasin.
  • 36 persen kebutuhan harian selenium.
  • 17 persen kebutuhan harian fosfor.
  • 16 persen kebutuhan harian vitamin B6.
  • 10 persen kebutuhan harian vitamin B12.
  • 9 persen kebutuhan harian riboflavin.
  • 7 persen kebutuhan harian zinc.
  • 6 persen kebutuhan harian tiamin.
  • 5 persen kebutuhan harian kalium.
  • 4 persen kebutuhan harian tembaga. 

Tidak semua olahan ayam sehat, ayam yang digoreng dan dilapisi tepung roti seperti chicken nugget, ayam popcorn, dan ayam tender biasanya tinggi lemak, karbohidrat, dan kalori yang tidak sehat. 

Teknik memasak juga dapat memengaruhi kelengkapan nutrisi pada dada ayam. Ayam panggang bisa menjadi cara cepat dan sehat untuk meningkatkan asupan protein. Memanggang ayam adalah pilihan menu makan malam yang tepat, terutama jika kamu hendak mencoba menurunkan berat badan. 

Selain rendah lemak dan kalori, ayam panggang kaya akan nutrisi penting. Untuk olahan dada ayam panggang ukuran 100 gram akan mengandung 216 kalori, 15,85 gram lemak, 0 gram karbohidrat, 17,14 gram protein. 

Mana Lebih Baik, Digoreng, Direbus, atau Dipanggang?

Lantas, bagaimana dengan dada ayam goreng? Kandungan nutrisi dari dada ayam goreng tergantung pada faktor-faktor tertentu, seperti ukuran porsi, apakah kamu memakan kulitnya dan bahan tambahan apa pun dalam resepnya.

Dalam 85 gram dada ayam goreng pada umumnya terdapat 230 kalori, 23,5 gram protein, 6 gram karbohidrat 12,4 gram lemak total, 3,3 gram lemak jenuh, 0,2 gram lemak trans, dan 92 miligram kolesterol.

Untuk dada ayam rebus disinyalir lebih menyimpan banyak nutrisi, tetapi kurang sedap di lidah. Ayam yang direbus terkadang kurang cocok di lidah dibanding digoreng atau dipanggang, tetapi kaya protein dan rendah lemak. Hidangan ini cocok untuk kamu yang sedang mencoba menurunkan berat badan atau membangun otot.

Penelitian menunjukkan bahwa asupan daging olahan dapat dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan jenis kanker tertentu yang lebih tinggi. Daging olahan juga mengandung sodium dan pengawet dalam jumlah tinggi.

Mengurangi asupan natrium telah terbukti membantu menurunkan tingkat tekanan darah, terutama pada orang dengan tekanan darah tinggi. Selain itu, beberapa pengawet dalam daging olahan, seperti nitrit, dapat berkontribusi pada pembentukan senyawa karsinogenik.

Itulah sebabnya, sangat penting untuk mempertimbangkan teknik memasak ayam untuk kesehatan. Jangan sampai kandungan nutrisi penting pada ayam jadi berkurang karena cara memasak yang sama. 

Sejauh ini cara paling sehat dan lezat untuk memasak ayam adalah dengan memanggangnya dalam oven atau menumisnya dengan sedikit minyak dan sayuran. Letakkan bagian-bagian ayam dalam loyang, olesi sedikit minyak zaitun di atasnya, dan lumuri dengan banyak bawang putih, lemon, wortel. Apabila kamu memilih untuk memanggang, kamu bisa memanggang dada ayam di suhu 350 derajat hingga kecoklatan.

Itulah penjelasan mengenai jumlah kalori dalam olahan dada ayam. Kalau kamu mau buat janji pemeriksaan kesehatan di rumah sakit, kamu bisa memesannya lewat aplikasi Halodoc. Tanpa perlu repot antre, kamu hanya perlu datang pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Referensi:
Fat Secret. Diakses pada 2022. Chicken Meat and Skin (Roasting).
WebMD. Diakses pada 2022. Easy Rotisserie Chicken Recipes.
Live Strong. Diakses pada 2022. Nutrition in Fried Chicken Breasts.
Healthline. Diakses pada 2022. Is Chicken Healthy? Nutrition, Benefits, and Tips.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan