Berat Badan Susah Naik? Konsumsi Makanan Sehat Ini

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 September 2021
Berat Badan Susah Naik? Konsumsi Makanan Sehat IniBerat Badan Susah Naik? Konsumsi Makanan Sehat Ini

“Siapa sih yang tidak ingin punya berat badan ideal? Tubuh terlalu kurus juga tidak baik, lho! Namun, menaikkan berat badan tak berarti kamu bisa makan semua makanan. Coba deh, makanan penambah berat badan yang menyehatkan ini.”

Halodoc, Jakarta – Bagi beberapa orang, menambah berat badan bisa jadi sama sulitnya dengan menurunkannya. Padahal, menambah berat badan bisa dilakukan cukup dengan mendapatkan asupan kalori lebih banyak. Namun, tidak semua makanan boleh dikonsumsi, ya.

Jenis makanan berminyak, tinggi lemak, dan gula memang bisa dengan mudah menaikkan berat badan. Akan tetapi, konsumsinya yang berlebihan juga meningkatkan risiko terjadinya banyak masalah kesehatan, misalnya darah tinggi dan gangguan kesehatan yang berhubungan dengan kardiovaskular. Lalu, jenis makanan sehat seperti apa yang bisa membantu menaikkan berat badan? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Telur

Telur menjadi sumber makanan pembentuk otot yang bisa dibilang paling menyehatkan. Jenis makanan ini mengandung protein tinggi dan lemak sehat yang tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, sebaiknya kamu tak hanya mengonsumsi bagian putihnya, konsumsi secara keseluruhan untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal. Kamu bisa mengonsumsi tiga hingga empat butir telur setiap hari. Namun, jika ada alergi, sebaiknya hindari, ya!

Baca juga: Ketahui Bedanya Susu Biasa dengan Susu Penambah Berat Badan

  • Susu

Selain telur, susu juga memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan lemak sehat yang baik untuk meningkatkan berat badan. Protein dalam susu sangat tepat untuk menaikkan massa otot pada tubuh. Tidak hanya itu, ada pula kandungan mineral penting lain seperti kalsium yang ditemukan dalam susu. Kalau kamu memiliki rencana menaikkan berat badan, coba konsumsi susu whole milk

  • Kacang-kacangan

Terdapat kandungan lemak sehat dalam kacang-kacangan, sehingga apabila kamu mengonsumsinya secara teratur tentu akan membantu menambah berat badan. Kamu bisa menjadikan makanan ini sebagai camilan sehat, tetapi tetap pilih kacang yang melalui pengolahan yang tepat ya, artinya tidak ada kandungan garamnya. 

  • Daging merah

Makanan sehat penambah berat badan selanjutnya adalah daging merah. Tidak hanya tinggi kalori, daging juga membantu membentuk massa otot. Pastikan kamu memilih daging yang tidak banyak mengandung lemak, ya. Pastinya untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan karena konsumsi lemak berlebihan. 

Baca juga: Kenalan Lebih Dalam Susu Penambah Berat Badan

  • Buah Alpukat

Jika kamu memilih buah sebagai menu diet untuk menambah berat badan, coba pilih alpukat. Sebuah alpukat dengan ukuran besar setidaknya mengandung sebanyak 30 gram lemak sehat, 18 gram serat, dan 320 kalori. Tentu ini bisa menjadi jenis makanan untuk menambah berat badan yang tepat. 

  • Coklat Hitam 

Kamu penggemar coklat? Coba konsumsi coklat hitam untuk membantu menambah berat badan. Selain merupakan makanan sumber kalori yang baik, coklat hitam juga kaya mikronutrien dan antioksidan. Sebanyak 100 gram coklat hitam setidaknya mengandung kalori hingga 600 kalori, lho. Namun, kamu harus memilih coklat yang memiliki kandungan kakao hingga 70 persen untuk menambah berat badan, ya!

  • Yoghurt

Yoghurt juga bisa jadi jenis makanan yang baik untuk menambah berat badan, lho, jenisnya yaitu full fat yoghurt. Tak hanya protein, ada kandungan lemak sehat dan karbohidrat dengan porsi yang pas sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya langsung atau menjadikannya campuran dalam salad buah.

Baca juga: Ingin Gemuk? Ini Cara Sehat Menambah Berat Badan

  • Roti Gandum

Kalau kamu ingin pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat, cobalah konsumsi roti gandum. Roti ini memang kaya serat yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Namun, roti gandum juga bisa kamu padukan dengan makanan lain yang turut bisa menambah berat badan, misalnya keju, susu, atau telur. 

Namun, jangan lupa untuk tetap melakukan pengecekan kesehatan, ya! Konsumsi vitamin agar imunitas tetap terjaga. Kamu bisa membelinya lebih mudah melalui layanan pharmacy delivery di aplikasi Halodoc. Bahkan, kapan saja kamu bisa tanya jawab dengan dokter spesialis untuk mendapatkan saran terbaik terhadap kondisi kesehatan yang sedang kamu alami. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2021. How to Gain Weight Fast and Safely.

Healthline. Diakses pada 2021. The 18 Best Healthy Foods to Gain Weight Fast.

Medical News Today. Diakses pada 2021. How do you gain weight quickly and safely?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan