• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Buah yang Bisa Bantu Mencegah Obstruksi Usus

Berbagai Buah yang Bisa Bantu Mencegah Obstruksi Usus

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Usus adalah bagian dari sistem pencernaan yang memiliki peran penting dalam mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh kamu. Secara garis besar, usus kecil berfungsi melanjutkan proses pencernaan makanan, sedangkan usus besar berfungsi memproses tahap akhir pencernaan makanan.

Penting untuk menjaga kesehatan usus agar kamu tidak mengalami gangguan pencernaan. Salah satu cara yang diketahui efektif untuk menjaga kesehatan usus adalah meningkatkan asupan serat. Nutrisi tersebut adalah bahan bakar yang digunakan sel usus besar untuk menjaganya tetap sehat. Serat membantu saluran pencernaan tetap lancar dengan menjaga pergerakan usus tetap lembut dan teratur. Itulah mengapa mengonsumsi serat yang cukup bisa menghindarkan kamu dari berbagai macam masalah usus, termasuk obstruksi usus

Apa Itu Obstruksi Usus?

Obstruksi usus adalah penyumbatan yang membuat makanan atau cairan tidak bisa melewati usus kecil atau usus besar (kolon). Penyebabnya ada berbagai macam, antara lain terbentuknya pita jaringan fibrosa (adhesi) di perut setelah operasi, usus yang meradang (penyakit Crohn), kantong yang terinfeksi di usus (divertikulitis), hernia, dan kanker usus besar.

Bila tidak diobati, bagian usus yang tersumbat bisa mati, yang menyebabkan masalah serius. Namun, bila ditangani segera, obstruksi usus biasanya bisa diobati.

Baca juga: Ini Tindakan Medis untuk Menangani Obstruksi Usus

Cara Mencegah Obstruksi Usus

Tidak ada cara pasti untuk mencegah terjadinya obstruksi usus secara medis. Namun, kamu bisa melakukan cara-cara untuk menjaga kesehatan usus secara umum, salah satunya adalah dengan menerapkan pola makan sehat.

Pola makan dan kesehatan usus memiliki kaitan yang sangat erat. Guna menjaga mikrobioma yang sehat dalam usus, kamu dianjurkan untuk menghindari makanan olahan, makanan tinggi lemak, dan makanan tinggi gula rafinasi, karena makanan tersebut menghancurkan bakteri baik dan mendorong pertumbuhan bakteri yang merusak. 

Namun, ada juga sejumlah makanan yang bisa kamu konsumsi secara rutin untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik dan berkontribusi pada kesehatan kamu secara keseluruhan.

Salah satu makanan yang baik untuk kesehatan usus adalah makanan tinggi serat, seperti buah-buahan. Mengonsumsi buah-buahan yang kaya serat dan vitamin dapat menghindarkan kamu dari obstruksi usus dan mencegah kondisinya semakin parah. 

Baca juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Ketika Terkena Obstruksi Usu

Jenis Buah untuk Mencegah Obstruksi Usus

Berikut buah-buahan yang dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan usus:

1.Pisang

Buah yang memiliki rasa manis ini kaya akan jenis serat yang disukai oleh bakteri baik. Kandungan seratnya yang tinggi juga memfasilitasi keteraturan usus, sehingga mempercepat proses pencernaan.

2.Aprikot

Buah yang satu ini sarat dengan vitamin C yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Selain itu, apricot juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang mampu menjaga pergerakan usus secara teratur, mencegah sembelit, dan meningkatkan kesehatan usus besar kamu.

3.Kiwi

Buah yang memiliki bentuk yang unik ini juga dapat membantu pencernaan yang lebih baik. Buah kiwi hijau juga memiliki enzim actinidin untuk meningkatkan pencernaan protein.

Kiwi juga dikenal memberikan efek pencahar ringan yang dikaitkan dengan kandungan seratnya yang tinggi. Menurut buku ‘Healing Foods’ oleh penerbitan DK, dua buah kiwi dapat menyediakan 20 persen dari jumlah serat yang direkomendasikan setiap hari, membantu pencernaan, dan menjaga kesehatan usus besar.

4.Jambu Biji

Buah yang renyah dan lezat ini bisa menjadi solusi untuk banyak masalah di perut. Menurut ahli gizi yang berbasis di Bangalore, Dr. Anju Sood, jambu biji adalah salah satu sumber serat makanan terkaya. Faktanya, dibandingkan buah-buahan lainnya, satu buah jambu biji sudah bisa memenuhi sekitar 12 persen dari asupan serat yang direkomendasikan setiap hari yang membuatnya sangat bermanfaat untuk pencernaan. 

Baca juga: 6 Makanan Berserat Terbaik untuk Kesehatan

Itulah buah-buahan yang bisa membantu menjaga kesehatan usus secara keseluruhan, sehingga bisa mencegah masalah usus serius seperti obstruksi usus. Bila kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai cara mencegah obstruksi usus, gunakan saja aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk membantu menjaga kesehatan kamu sekeluarga.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Intestinal obstruction.
Healthline. Diakses pada 2020. What’s an Unhealthy Gut? How Gut Health Affects You.
Everyday Health. Diakses pada 2020. Why Is Fiber Important for Your Digestive Health?
NDTV Food. Diakses pada 2020. 6 Fruits That Help Better Digestion