• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Ciri Kosmetik dengan Kandungan Bahan Berbahaya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Ciri Kosmetik dengan Kandungan Bahan Berbahaya

Berbagai Ciri Kosmetik dengan Kandungan Bahan Berbahaya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Oktober 2022

“Kosmetik yang kamu gunakan bisa jadi mengandung bahan berbahaya yang dapat menimbulkan banyak dampak buruk. Maka dari itu, penting untuk tahu berbagai ciri-ciri kosmetik yang dapat membahayakan tubuh.”

Berbagai Ciri Kosmetik dengan Kandungan Bahan BerbahayaBerbagai Ciri Kosmetik dengan Kandungan Bahan Berbahaya

Halodoc, Jakarta – Kosmetik adalah salah satu benda yang kerap dihubungkan dengan wanita, guna membuat wajahnya terlihat lebih cantik. Produk ini bak kewajiban untuk digunakan pada beberapa wanita saat bepergian.

Namun, perlu berhati-hati terhadap kosmetik yang dipilih, sebab bisa jadi mengandung bahan yang berbahaya. Bahan ini dapat menimbulkan dampak buruk pada kulit dan bahkan membahayakan tubuh. 

Maka dari itu, perlu tahu ciri-ciri kosmetik yang memiliki kandungan berbahaya. Dengan begitu, kamu bisa menghindari segala masalah kesehatan sebelum terjadi.

Beberapa Ciri Kosmetik dengan Kandungan Bahan Membahayakan Tubuh

1. Memiliki Bau Logam

Salah satu ciri kosmetik yang memiliki bahan berbahaya adalah memiliki bau logam saat menghirup aromanya. Hal ini disebabkan kandungan merkuri yang ada di dalamnya. 

Terlebih jika bau logamnya sangat menyengat, disarankan untuk tidak digunakan satu kali pun. Namun, pastikan untuk tetap waspada, sebab bisa saja pewangi digunakan untuk menyamarkan bau logam tersebut.

2. Warnanya Mencolok

Perlu paham juga jika kosmetik yang berbahaya bagi tubuh kerap memiliki warna yang mencolok. Sebab, produk kecantikan ini menggunakan pewarna tekstil yang dapat membahayakan kulit. Kosmetik yang aman warnanya cenderung pucat karena menggunakan pewarna alami.

3. Warna Mengkilap

Hal lainnya yang dapat menjadi indikasi kosmetik memiliki kandungan bahan berbahaya adalah warnanya mengkilap. Bahkan, saat dioleskan ke wajah, warna mengkilap tersebut tetap berada di kulit dalam waktu yang lama. Segera hentikan penggunaannya karena bisa membahayakan tubuh.

4. Terasa Lengket saat Digunakan

Produk kosmetik yang terasa lengket saat digunakan umumnya mengandung bahan berbahaya. Selain lengket, produk tersebut juga sulit meresap ke dalam kulit. Maka dari itu, jika kamu memiliki produk kecantikan yang sulit meresap ke kulit, ada baiknya untuk waspada.

5. Menyebabkan Iritasi

Iritasi yang terjadi pada kulit akibat penggunaan kosmetik juga bisa jadi disebabkan kandungan bahan berbahaya di dalamnya. Meski tergantung tingkat kesensitivitasan kulit seseorang, tetapi ada baiknya tetap waspada. Terlebih jika menimbulkan rasa terbakar pada kulit.

6. Tidak Terdaftar di BPOM

Sebelum menggunakan kosmetik, ada baiknya untuk memastikan jika sudah terdaftar di BPOM. Salah satu caranya adalah memastikan ada logo BPOM di kemasan produk tersebut. Atau, bisa juga mengecek langsung di situs resminya. Agar keamanan dari penggunaan produk ini bisa dipastikan dengan baik.

Perhatikan semua hal tersebut sebelum atau saat menggunakan produk kosmetik. Jika melihat produk yang dibeli memiliki salah satu ciri memiliki bahan berbahaya, sebaiknya langsung cek di situs BPOM atau bertanya langsung pada ahlinya. Hentikan penggunaannya sementara hingga benar-benar dipastikan bebas bahan berbahaya.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait ciri-ciri kosmetik yang mengandung bahan berbahaya, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan dengan penggunaan smartphone di tangan. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. Are Harmful Chemicals Hiding in Your Cosmetics?
Skin Kraft. Diakses pada 2022. 16 Toxic Chemicals To Avoid In Cosmetics And Skincare.