Berbagai Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Salad Sayur

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Desember 2022

“Ada berbagai nutrisi yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsi salad sayur, seperti vitamin A, C, zinc, hingga fosfor.”

Berbagai Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Salad SayurBerbagai Kandungan Nutrisi yang Terdapat dalam Salad Sayur

Halodoc, Jakarta – Salad sayur menjadi salah satu makanan yang mudah pembuatannya. Kamu hanya perlu mencampurkan berbagai jenis sayur dan menambahkan dressing atau saus salad yang sesuai dengan kesukaanmu. Namun, saat memilih sayur, kamu harus memastikannya masih dalam kondisi yang segar.

Selain bisa menjadi makanan utama, makanan ini juga bisa menjadi makanan pendamping untuk makanan utama kamu. Bahkan, salad jenis ini juga cocok menjadi camilan sehat yang bisa membantu kamu meningkatkan imun tubuh dan menjaga kesehatan. 

Untuk itu, sebaiknya ketahui berbagai jenis nutrisi yang terdapat dalam salad sayur berikut ini!

Kandungan Nutrisi dalam Salad Sayur

Kandungan nutrisi yang ada dalam salad jenis ini tentunya akan beragam. Hal ini akan menyesuaikan dengan jenis sayur yang kamu gunakan.

Ada berbagai jenis sayur yang bisa kamu gunakan untuk membuat makanan ini. Berikut sayuran yang sering kamu temukan dalam salad berbahan utama sayur dan kandungan nutrisinya:

1. Bayam

Bayam menjadi salah satu jenis sayuran hijau yang sering digunakan untuk membuat salad. Saat kamu menggunakan bayam sebagai salah satu sayuran dalam salad, maka kamu akan mendapatkan beberapa nutrisi, seperti kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, dan folat.

2. Selada

Ada berbagai jenis selada yang bisa jadi campuran dalam menu salad, seperti romaine hingga iceberg. Sayuran ini memiliki kandungan nutrisi di dalamnya, seperti protein, serat, zat besi, kalsium, vitamin A, dan vitamin C.

3. Pakcoy

Pakcoy atau bok choy menjadi salah satu sayuran yang juga sering jadi bagian dari salad. Selain mengandung serat, sayuran ini juga mengandung magnesium, potasium, fosfor, zinc, vitamin C, vitamin A, dan vitamin K.

4. Tomat Ceri

Selain sayuran hijau, kamu juga sering menemukan tomat ceri dalam salad sayur. Sayuran ini memiliki kandungan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, potasium, serat, hingga gula alami. 

5. Wortel

Wortel menjadi salah satu sayuran yang tidak mungkin terewat saat kamu membuat salad. Sayuran ini memiliki beragam nutrisi di dalamnya, seperti vitamin A, K1, biotin, hingga potasium.

Itulah berbagai kandungan nutrisi yang akan kamu dapatkan ketika mengonsumsi salad dengan campuran sayuran tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan bahan makanan lain, seperti telur atau daging ayam untuk menambahkan protein dalam salad.

Kamu juga bisa menambahkan kacang-kacangan atau biji-bijian agar nutrisi yang kamu dapatkan semakin bertambah. Pastikan kamu menggunakan saus atau dressing yang sesuai agar citarasa salad yang kamu konsumsi semakin lezat.

Manfaat Mengonsumsi Salad Berbahan Sayur

Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mengonsumsi salad berbahan sayur, seperti:

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Salad berbahan sayur memiliki kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya. Hal ini mampu membantu kamu untuk menjaga kesehatan pencernaan sehingga kamu terhindar dari berbagai gangguan pencernaan, seperti konstipasi atau diare.

  • Membantu Mengontrol Berat Badan

Makanan ini memiliki kandungan kalori yang cukup rendah dengan begitu sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalankan diet untuk mengontrol atau menurunkan berat badan.

Namun, pastikan kamu mengolah salad berbahan sayur secara tepat agar kualitas salad yang kamu konsumsi dalam kondisi baik. 

Segera habiskan salad berbahan sayur yang kamu buat untuk menjaga kesegaran dan kualitas sayuran. Jangan lupa untuk mencuci bersih semua sayuran yang akan kamu gunakan sebelum dikonsumsi. 

Jika kamu merasakan keluhan kesehatan pada pencernaan setelah mengonsumsi salad sayur, segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit. Buatlah janji pemeriksaan di rumah sakit pilihan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Nourish by Web MD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Salad Greens.
Nourish by Web MD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Lettuce.
Nourish by Web MD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Cherry Tomatoes.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Health Benefits and Nutritional Value of Spinach.
Healthline. Diakses pada 2022. Bok Choy: Nutrition, Benefits, Risks, and How to Eat It.
Healthline. Diakses pada 2022. Carrots 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan