• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Obat Medis untuk Bantu Meredakan Vertigo
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Obat Medis untuk Bantu Meredakan Vertigo

Berbagai Obat Medis untuk Bantu Meredakan Vertigo

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 07 Februari 2022

“Vertigo termasuk salah satu penyakit yang dapat terjadi secara tiba-tiba. Tentu saja hal ini perlu mendapatkan penanganan segera. Maka dari itu, kamu perlu tahu berbagai obat medis yang mampu bantu untuk meredakan vertigo. Dengan begitu, aktivitas dapat kembali seperti semula.”

Berbagai Obat Medis untuk Bantu Meredakan VertigoBerbagai Obat Medis untuk Bantu Meredakan Vertigo

Halodoc, Jakarta – Jika kamu merasa pusing dengan sensasi berputar, berarti kamu mengalami vertigo. Gangguan ini dapat membuat aktivitas berhenti karena kamu mungkin sulit untuk berdiri tegak dan harus duduk atau bahkan tiduran. Maka dari itu, penanganan cepat perlu dilakukan yang salah satunya dengan mengonsumsi obat vertigo. Ketahui berbagai obat medis untuk meredakan vertigo di sini!

Obat Medis yang Ampuh Meredakan Vertigo

Vertigo adalah perasaan pusing dengan sensasi berputar atau bergoyang saat membuka mata. Seseorang yang alami masalah ini kerap merasakan pusing atau sulit menjaga keseimbangan sehingga rentan untuk terjatuh. Penyebab paling umum terjadinya vertigo adalah masalah pada telinga bagian dalam. Untuk mengetahui cara penanganan paling ampuh, penyebab utamanya perlu diketahui terlebih dahulu.

Beberapa gangguan yang menjadi penyebab terjadinya vertigo dapat hilang dengan sendirinya, seperti saat berdiri terlalu cepat atau alami cedera kepala. Jika benar disebabkan oleh penyebab paling umum dari vertigo, yaitu infeksi telinga bagian dalam, dokter kemungkinan besar akan memberikan antibiotik untuk mengatasinya.

Maka dari itu, kamu perlu tahu berbagai obat vertigo yang ampuh untuk mengatasinya. Berikut beberapa obat tersebut:

1. Benzodiazepin

Salah satu obat yang umum diberikan dokter untuk atasi vertigo adalah benzodiazepin. Obat penenang ini mampu atasi gejala vertigo dengan menekan respons vestibular di sistem saraf pusat. Adanya ketidakcocokan sensorik dari respons vestibular menyebabkan perasaan pusing. Penggunaan obat ini perlu disertai resep dokter untuk menghindari risiko kecanduan, gangguan memori, dan lainnya.

2. Betahistine

Betahistine juga ampuh untuk atasi vertigo yang menyerang. Obat ini adalah analog histamin yang bertindak sebagai agonis H1 lemah dan antagonis reseptor H3 kuat. Diketahui jika obat ini berguna dalam meningkatkan suplai darah ke telinga bagian dalam, sehingga vertigo teratasi. Meski begitu, obat ini harus dihindari seseorang dengan asma bronkial dan tukak lambung yang dapat memperburuk kondisi yang ada.

3. Dimenhydrinate

Obat jenis antihistamin ini dapat kamu konsumsi untuk atasi vertigo tanpa resep dokter. Dimenhydrinate adalah obat yang efektif untuk mengontrol mual dan muntah yang berhubungan dengan vertigo, serta biasanya digunakan selama gejala akut. Perlu diperhatikan jika obat ini dapat menimbulkan efek samping berupa mulut kering dan mengantuk. Maka dari itu, hindari mengemudi saat mengonsumsi obat ini.

4. Meclizine

Meclizine juga termasuk salah satu obat jenis antihistamin. Obat ini ampuh untuk dikonsumsi guna mengurangi vertigo selama fase akut. Selain itu, obat ini satu-satunya yang dapat diberikan pada ibu yang sedang hamil atau menyusui. Hal ini juga berguna untuk mengobati mabuk perjalanan dan mabuk laut. Mirip dengan Dimenhydrinate, obat ini mampu menyebabkan mulut kering dan kantuk sebagai efek samping.

Itulah beberapa obat medis yang ampuh untuk atasi vertigo yang menyerang. Dimenhydrinate dan Meclizine adalah dua obat yang dapat kamu konsumsi tanpa resep dari dokter. Meski begitu, pastikan kamu paham tentang segala efek samping yang timbul, terutama kantuk. Jangan sampai kamu mengonsumsi obat ini sebelum berkendara yang dapat membahayakan.

Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan vertigo di rumah sakit pilihan dengan memesannya di Halodoc, lho. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam mendapatkan akses kesehatan bisa diraih melalui smartphone.

Referensi:
Neuro Equilibrium. Diakses pada 2022. Vertigo Medicines.
Single Care. Diakses pada 2022. Vertigo Treatments and Medications.