Berbagai Obat Medis untuk Bantu Meredakan Vertigo

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   21 Maret 2024

“Cara ampuh untuk mengatasi vertigo adalah dengan mengonsumsi obat yang tepat. Namun, obat vertigo umumnya hanya bisa kamu dapatkan dari resep dokter dan harus di bawah pengawasan dokter.”

Berbagai Obat Medis untuk Bantu Meredakan VertigoBerbagai Obat Medis untuk Bantu Meredakan Vertigo

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat untuk Atasi Vertigo


Halodoc, Jakarta – Vertigo adalah pusing atau sakit kepala yang muncul dengan sensasi berputar. Gangguan ini tentu menghambat aktivitas karena membuat kamu sulit berdiri tegak. Untungnya ada beberapa jenis obat vertigo yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan gejalanya.

Seseorang yang mengidap vertigo sebaiknya duduk atau berbaring sampai gejalanya mereda.  Pasalnya, beraktivitas justru bisa membahayakan pengidap vertigo. Untuk meredakannya, simak beberapa jenis obat vertigo berikut ini! 

Obat Vertigo yang Bisa Dicoba

Berikut jenis obat-obatan medis yang bisa mengatasi vertigo:

1. Benzodiazepin

Salah satu obat vertigo yang umumnya dokter resepkan adalah benzodiazepin. Penyebab utama vertigo disebabkan karena ketidakcocokan sensorik dari respons vestibular. Hal ini kemudian menyebabkan perasaan pusing seolah berputar. 

Nah, benzodiazepin ini bekerja dengan menekan respons vestibular di sistem saraf pusat. Penggunaan obat ini perlu disertai resep dokter untuk menghindari risiko kecanduan, gangguan memori, dan efek samping negatif lainnya.

2. Betahistine

Obat vertigo selanjutnya adalah betahistine yang masuk dalam kategori analog histamin. Cara kerjanya dengan meningkatkan suplai darah ke telinga bagian dalam sehingga mengurangi sensasi berputar.

Meski begitu, obat ini tidak dianjurkan untuk pengidap asma bronkial dan tukak lambung karena bisa memperburuk kondisi tersebut.

3. Dimenhydrinate

Dimenhydrinate adalah obat vertigo yang masuk kategori antihistamin.  Obat-obatan ini bisa kamu dapatkan tanpa resep dokter. Obat ini bekerja dengan  mengontrol mual dan muntah yang berhubungan dengan vertigo. 

Meski bisa kamu dapatkan tanpa resep dokter, kamu tetap wajib menggunakannya sesuai aturan yang tertera pada label kemasan. Ada pun efek samping yang perlu kamu perhatikan yaitu mulut kering dan mengantuk. Maka dari itu, hindari mengemudi setelah mengonsumsi obat ini.

4. Meclizine

Selain dimenhydrinate, meclizine adalah antihistamin yang bisa kamu jadikan obat vertigo fase akut. Meclizine juga menjadi satu-satunya obat yang bisa ibu hamil maupun ibu menyusui konsumsi.

Sebenarnya, obat ini sering menjadi obat untuk mabuk perjalanan dan mabuk laut. Namun, efeknya juga lumayan efektif untuk mengatasi vertigo. Efek samping yang perlu kamu waspadai, yaitu mulut kering dan kantuk.

5. Flunarizine

Flunarizine merupakan golongan obat calcium chanel blocker yang bisa membantu mengatasi vertigo. Nah, cara kerja obat vertigo ini yaitu dengan memblokir histamin dan mengatur keseimbangan di telinga bagian dalam. 

Hindari mengemudi setelah mengonsumsi obat ini. Pasalnya, flunarizine bisa menyebabkan kantuk. Waktu yang paling tepat untuk mengonsumsinya adalah sebelum tidur.

Rekomendasi Obat untuk Atasi Vertigo

Ada beberapa obat vertigo yang bisa kamu temukan di apotek untuk membantu mengatasi gejala penyakit tersebut, antara lain:

1. Omedrinat 50 mg 10 Tablet

Obat ini mengandung dimenhydranate yang ampuh untuk mengatasi mabuk kendaraan, vertigo, mual atau muntah akibat terapi elektrosyok, anestesi, dan prosedur operasi. Cocok digunakan untuk melawan rasa tidak nyaman setelah radiasi dan sindrom paksa fenestrasi.

Kisaran harga: Rp8.700 per strip. 

Dapatkan Omedrinat 50 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Dimenhydrinate 50 mg Tablet

Seperti halnya Omedrinat, obat ini  juga ampuh atasi vertigo, mual atau muntah akibat terapi elektrosyok, anestesi, prosedur operasi, rasa tidak nyaman setelah radiasi, dan sindrom paksa fenestrasi.

Dimenhydrinate termasuk golongan obat biru atau obat bebas terbatas. Obat ini bisa dikonsumsi sebelum atau setelah makan. 

Kisaran harga: Rp500 per tablet.

Dapatkan Dimenhydrinate 50 mg Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Nufapreg 25 mg 10 Tablet

Senjata ampuh lain untuk atasi vertigo akibat sindrom Meniere dan Labirinitis. Tapi, tak hanya itu, dengan kandungan Promethazine Theoclate di dalamnya, obat ini juga bisa digunakan saat mabuk perjalanan dan mual setelah operasi. 

Sebelum membeli kamu harus mendapatkan resep dokter karena obat ini tergolong obat keras. Untuk aturan pemakaiannya, kamu bisa mengkonsumsinya sebelum atau sesudah makan. 

Rentang harga: Rp52.300 – Rp55.300 per strip.

Dapatkan Nufapreg 25 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Mau tahu rekomendasi lainnya? Baca di artikel ini: “Ini 7 Rekomendasi Obat Vertigo yang Ampuh dan Mudah Ditemukan“.

4. Flunarizine 5 mg 10 Tablet

Obat yang satu ini memiliki sederet kegunaan untuk membantu mengatasi berbagai kondisi nyeri kepala. Mulai dari gangguan vestibular (telinga bagian dalam dan otak) karena adanya keluhan masalah peredaran darah seperti vertigo, pusing, tinitus, sulit berkonsentrasi, dan gangguan daya ingat.

Tak hanya itu, kondisi seperti kejang saat berjalan dan berbaring, kesemutan, dan telapak kaki dingin juga bisa diatasi obat ini. 

Untuk penggunaannya,  Flunarizine 5 mg 10 Tablet dianjurkan diminum sebelum atau sesudah makan dengan dosis 5-10 m/hari. 

Kisaran harga: Rp26.900 per strip.

Dapatkan Flunarizine 5 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.  

5. Betahistine 6 mg 10 Tablet

Obat vertigo ini memiliki kandungan betahistine mesylate dapat mengurangi tekanan di telinga bagian dalam.

Dengan kegunaannya ini, Betahistine 6 mg 10 Tablet dapat mengobati vertigo, tinitus, serta gangguan-gangguan lain yang berkaitan dengan penyakit meniere (gangguan telinga bagian dalam). 

Obat ini dianjurkan diminum sebanyak 6 sampai 12 mg sebanyak 3 kali sehari saat makan. 

Kisaran harga: Rp10.200 per strip.

Dapatkan Betahistine 6 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

Mau tahu rekomendasi lainnya? Baca di artikel ini: “Ini 7 Rekomendasi Obat Vertigo yang Ampuh dan Mudah Ditemukan“.

Itulah obat-obatan yang baik untuk dikonsumsi pengidap asam lambung. Temukan juga obat atau suplemen lain yang direkomendasikan dokter hanya di Toko Kesehatan Halodoc, produk terpercaya dengan pengiriman cepat dan aman.

Referensi:
Neuro Equilibrium. Diakses pada 2023. Vertigo Medicines.
Single Care. Diakses pada 2023. Vertigo Treatments and Medications.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What are the home remedies for vertigo?
Journal of alternative and complementary medicine. Diakses pada 2023. P6 Acupressure Effectiveness on Acute Vertiginous Patients: A Double Blind Randomized Study.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan