Berbagai Penyebab Gangguan Jiwa dan Cara Mengobatinya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 November 2021

“Gangguan jiwa adalah masalah yang bisa terjadi pada semua orang, terutama pada seseorang dengan masalah mental yang tidak pernah mendapatkan intervensi medis. Kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lingkungan, biologis, dan psikologis.Untuk mengatasinya, pengobatan dan psikoterapi bisa menjadi pilihannya.”

Berbagai Penyebab Gangguan Jiwa dan Cara MengobatinyaBerbagai Penyebab Gangguan Jiwa dan Cara Mengobatinya

Halodoc, Jakarta – Gangguan jiwa adalah masalah yang dapat terjadi saat seseorang mengalami masalah mental yang tidak diobati. Penyakit ini dapat menimbulkan masalah yang besar, seperti depresi dan bahkan kematian. Namun, apa saja sih yang dapat menjadi penyebab gangguan jiwa pada seseorang? Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Ketahui pembahasan lengkapnya di sini!

Beberapa Penyebab Gangguan Jiwa yang Perlu Diketahui

Gangguan jiwa atau gangguan mental adalah kondisi yang terjadi saat seseorang mengalami beberapa kondisi, seperti gangguan yang memengaruhi suasana hati, pemikiran, dan perilaku seseorang. Banyak orang yang mengalami masalah kesehatan mental dan menjadi gangguan mental saat gejalanya berkelanjutan sehingga memengaruhi kemampuan tubuh untuk berjalan dengan normal.

Penyakit jiwa dapat membuat pengidapnya sengsara dan dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, seperti di lingkungan sekolah, tempat kerja, atau dalam hubungan pertemanan. Seseorang yang mengalami masalah ini perlu mendapatkan diagnosis yang tepat disertai pengobatan yang sesuai dengan pemeriksaan dokter sebelumnya.

Namun, apa saja sih yang bisa menjadi penyebab gangguan jiwa? Faktanya, penyebab pasti dari sebagian besar gangguan ini tidak diketahui dengan pasti. Namun, beberapa penelitian menyebut jika banyak dari kondisi ini disebabkan oleh kombinasi dari berbagai faktor, seperti biologis, psikologis, dan lingkungan. Nah, berikut penjelasan lengkap terkait beberapa faktor ini:

1. Faktor Biologis

Faktor biologis juga dapat memengaruhi risiko seseorang untuk mengalami gangguan jiwa. Hal ini berkaitan dengan fungsi abnormal dari sirkuit sel saraf atau jalur yang menghubungkan area otak tertentu. Selain itu, seseorang juga dapat mengalami gangguan mental akibat cedera pada area otak tertentu.

Beberapa faktor psikologis yang dapat menjadi penyebabnya, antara lain:

  • Faktor keturunan.
  • Alami infeksi.
  • Cedera pada otak.
  • Gangguan saat lahir.
  • Penyalahgunaan zat.

Untuk mengatasinya, biasanya dokter akan memberikan beberapa obat-obatan, melakukan sesi psikoterapi, hingga beberapa prosedur medis lainnya agar dapat membantu otak kembali berjalan dengan normal. Dengan begitu, gangguan jiwa yang terjadi dapat diatasi dengan benar.

2. Faktor Psikologis

Adanya masalah pada psikologis seseorang juga dapat menyebabkan gangguan jiwa. Beberapa masalah psikologis yang dapat terjadi, seperti:

  • Trauma psikologis berat yang terjadi saat masih kecil, seperti kekerasan emosional, fisik, ataupun seksual.
  • Kehilangan dini terhadap sosok penting dalam hidup, seperti orangtua.
  • Pernah ditelantarkan.
  • Memiliki kemampuan yang buruk saat berhubungan dengan orang lain.

3. Faktor Lingkungan

Beberapa penyebab terjadinya stres juga dapat memicu penyakit pada seseorang yang rentan terhadap gangguan jiwa. Beberapa stresor tersebut, antara lain:

  • Kematian atau perceraian.
  • Hubungan keluarga yang tidak berjalan dengan baik.
  • Perasaan tidak mampu, harga diri rendah, dan sebagainya.
  • Penyalahgunaan zat oleh orang-orang terdekat.

Penting untuk memperhatikan segala faktor risiko yang dapat menjadi penyebab dari gangguan jiwa. Jika kamu mengalami salah satu atau bahkan lebih dari risiko tersebut, ada baiknya untuk segera mendapatkan pemeriksaan.

Kamu bisa melakukan pemeriksaan kesehatan mental dengan psikolog atau psikiater dan buat janji pemeriksaan melalui Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa memilih sendiri waktu dan tempat untuk mendapatkan pemeriksaan. Maka dari itu, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Pengobatan Gangguan Jiwa yang Perlu Dilakukan

Perawatan dari masalah ini tergantung pada jenis gangguan mental yang terjadi, tingkat keparahannya, dan tindakan yang paling sesuai. Pada beberapa kasus, kombinasi perawatan adalah cara paling baik agar masalah ini dapat teratasi. Lalu, apa saja jenis pengobatan untuk mengatasi penyakit ini? Berikut beberapa metodenya:

1. Konsumsi Obat-Obatan

Kebanyakan dokter akan memberikan obat-obatan guna mengatasi gejala yang terus timbul. Obat-obatan juga dapat membantu untuk beberapa perawatan lainnya menjadi lebih efektif. Dokter akan memberikan obat tergantung situasi dan cara tubuh merespons obat. Berikut beberapa jenis obatnya:

  • Anti-depresan.
  • Obat anti-kecemasan.
  • Penstabil suasana hati.
  • Obat antipsikotik.

2. Psikoterapi

Terapi bicara, atau psikoterapi, adalah perawatan dengan cara membicarakan kondisi dan masalah dengan psikolog atau psikiater. Saat melakukan perawatan, seseorang dapat belajar tentang kondisinya dan segala hal yang dapat memengaruhinya. Dengan begitu, kamu dapat menerapkan beberapa cara untuk mengatasi dan mengelolanya agar lebih baik.

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dari gangguan jiwa dan cara mengatasinya. Penting sekali untuk melakukan pemeriksaan dini agar kesehatan mental tetap terjaga. Jangan sampai masalah ini tidak terdeteksi dan menyebabkan masalah yang parah, sehingga memicu hal yang lebih buruk.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Causes of Mental Illness.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Mental illness.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan