• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbahayakah Tidur Bersama Anjing Peliharaan?

Berbahayakah Tidur Bersama Anjing Peliharaan?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang mempunyai anjing peliharaan memiliki hubungan yang sangat dekat dengan hewan tersebut, hingga seringkali dianggap sebagai bagian dari keluarga. Itulah sebabnya 56 persen pemilik anjing mengaku membiarkan hewan peliharaan tersebut tidur di samping mereka. 

Tidur dengan sahabat berkaki empat memang terasa menyenangkan. Namun, hal ini bukannya tidak bisa menimbulkan masalah. Ketahui dampak tidur bersama anjing peliharaan terhadap kesehatan di sini.

Dampak Buruk Tidur Bersama Anjing Terhadap Kesehatan

Meskipun anjing bisa menjadi teman tidur yang baik, namun tidur bersama anjing peliharaan berpotensi menyebabkan dampak buruk berikut:

  • Mengurangi Kualitas Tidur

Anjing adalah hewan yang selalu waspada, jadi mereka mudah terbangun.

Sebuah studi tahun 2020 menunjukkan bahwa tidur bersama anjing dapat meningkatkan pergerakan manusia, sehingga berpotensi mengganggu tidur. Namun, penelitian tersebut dilakukan pada partisipan wanita dalam jumlah yang sedikit, sehingga mungkin dibutuhkan penelitian dengan populasi yang lebih luas.

Selain itu, seekor anjing biasanya juga mendengkur, berliur, atau kepanasan saat tidur di tempat tidur. Hal itu mungkin akan membuat kamu terbangun di malam hari dan mengurangi kualitas tidur kamu. Akibatnya, kamu akan terbangun dengan rasa lelah atau keinginan untuk tidur siang.

  • Bisa Memperburuk Alergi

Hewan peliharaan bisa membawa alergen seperti debu dan serbuk sari ke tempat tidur kamu, sehingga bisa memperburuk alergi dan asma yang parah.

  • Bisa Menyebarkan Penyakit

Anjing peliharaan juga berpotensi menularkan agen infeksi, seperti bakteri, parasit, dan jamur ke manusia. Agen infeksi tersebut dapat menginfeksi bila kamu tidak sengaja menyentuh kotorannya, atau anjing menjilat wajah kamu atau luka terbuka, atau bisa juga melalui goresan dan gigitan.

Baca juga: 5 Penyakit yang Ditularkan dari Hewan

  • Bisa Menyebabkan Cedera

Jenis anjing yang agresif di tempat tidur sangat berpotensi untuk menggigit dan menyebarkan penyakit, terutama pada anak-anak.

Baca juga: Ketahui Seluk Beluk Karakter Anjing Berdasarkan Ras

Tips Sehat Tidur Bersama Hewan Peliharaan

Meski tidur bersama anjing peliharaan berpotensi menyebabkan dampak buruk di atas bagi kesehatan.Namun, menurut laman Pet MD, hal itu tetap aman dilakukan dengan syarat kamu dan anjing dalam keadaan sehat. 

Itulah penting untuk memeriksakan kesehatan anjing peliharaan kamu setiap tahun ke dokter hewan. Dengan begitu, dokter hewan bisa mengidentifikasi risiko penyakit yang dimiliki hewan sehingga bisa mencegah hewan tersebut menularkannya kepada kamu.

Selain itu, kamu juga harus dalam kondisi sehat bila ingin tidur bersama anjing peliharaan. Artinya, kamu tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Pengidap kanker, penerima transplantasi, dan orang yang positif HIV adalah beberapa kelompok yang dilarang tidur dengan hewan peliharaan.

Baca juga: Pentingnya Memberikan Vaksin pada Anjing Peliharaan

Bila dua syarat tersebut sudah dipenuhi, berikut ini tips-tips agar kamu bisa tidur dengan anjing peliharaan dengan tenang:

  • Ajak anjing peliharaan berjalan-jalan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk membuat anjing kelelahan, sehingga mereka bisa tidur nyenyak dan tidak mengganggu kamu tidur.
  • Latih ia untuk menunggu izin untuk naik ke tempat tidur.
  • Konsisten dengan aturan. Bila kamu tidak ingin anjing kamu masuk ke bawah selimut, atau tidur di bantal, laranglah ia dengan konsisten.
  • Berikan obat cacing secara rutin pada anjing peliharaan sesuai saran dokter hewan.
  • Gantilah seprai dan selimut secara teratur.

Ketika tidur bersama anjing peliharaan menyebabkan kamu tidak bisa tidur nyenyak, sebaiknya biarkan anjing tidur di tempat lain. 

Kamu juga bisa minta saran kesehatan dari dokter hewan bila ingin tidur bersama anjing peliharaan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Is It Good to Sleep with Your Dog in Bed?.
Pet MD. Diakses pada 2020. Is It Safe to Sleep with Your Pet?.