• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbulan-bulan di Rumah Saja, Ini 5 Trik Agar Anak Tidak Bosan

Berbulan-bulan di Rumah Saja, Ini 5 Trik Agar Anak Tidak Bosan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Pandemi COVID-19 yang belum kunjung berakhir membuat anak-anak harus melakukan sebagian besar aktivitasnya di rumah. Namun, berbulan-bulan di rumah saja tentu membuat Si Kecil bosan. Kebosanan yang dialami anak bisa membuatnya menjadi lebih rewel, sehingga rentan menimbulkan konflik dengan orangtua. Nah, untuk mencegah konflik ini, ibu perlu melakukan trik-trik tertentu dalam mengatasi kebosanan anak. 

Kalau ibu masih bingung mencari cara agar anak tidak bosan, berikut ada sejumlah tips yang bisa ibu coba. Tips-tips berikut ini pastinya tetap mengutamakan keamanan, kesehatan, dan kesejahteraan Si Kecil saat berada di rumah. Berikut tips yang bisa ibu coba:

Baca juga: Lindungi Kesehatan Anak dengan 7 Tips Ini

1. Buat Jadwal Harian

Rutinitas yang begitu-begitu saja pastinya dapat membuat anak tambah bosan. Ibu bisa coba membuat jadwal rutinitas harian yang baru dan lebih menarik. Ibu bisa mengajak Si Kecil untuk membuat jadwal ini bersama-sama mulai dari bangun tidur, mandi, sarapan, belajar, dan selipkan aktivitas bermain yang seru. Ibu juga bisa menjadwalkan Si Kecil untuk menghubungi teman sekolahnya secara online di sela-sela waktu senggang. 

2. Ciptakan Permainan Kreatif

Terkadang anak-anak yang merasa bosan bisa berperilaku tidak baik. Coba temukan hal lain untuk mereka lakukan guna menghindarinya melakukan perilaku negatif di rumah. Ibu bisa menyarankannya untuk bermain dengan boneka, mobil-mobilan, atau mainan favoritnya. Jika ia bosan bermain dengan permainan tersebut, coba aktivitas lain yang belum pernah dicoba Si Kecil, seperti menggambar atau melukis.

3. Beri Apresiasi dan Disiplin

Beri apresiasi dan disiplinkan anak atas perilaku apa yang mereka lakukan di rumah. Ketika Si Kecil melakukan perilaku yang positif seperti menuruti instruksi ibu, bermain dengan baik, bermain sendiri, dan berbicara dengan baik, apresiasi dan hargai dirinya dengan pujian, pelukan, kasih sayang, atau hadiah sederhana. 

Baca juga: Jenis Pola Asuh Anak yang Perlu Dipertimbangkan Orangtua

Sedangkan jika ia justru berperilaku negatif, seperti berkelahi dengan saudara atau saudarinya, agresi, menolak untuk mengikuti instruksi ibu dan lain-lain, tetap hadapi dengan tenang tetapi juga beri konsekuensi yang jelas. Ibu bisa mendisiplinkannya dengan menghilangkan hak istimewa tertentu atau memotong waktu istirahatnya. 

4. Kasih Perhatian Penuh

Walaupun terkadang Si Kecil berperilaku negatif dan ibu juga merasa sangat bosan di rumah, jangan pernah mengabaikan anak dan pastikan ia mendapat perhatian penuh dari ibu. Perhatian mampu memperkuat perilaku baik Si Kecil, sehingga ia mungkin menjadi lebih penurut dan tidak melakukan hal-hal negatif di rumah. Tunjukan dan contohkan perilaku-perilaku baik dan apresiasi usaha-usahanya. 

5. Hindari Perkelahian

Perkelahian di saat anak sedang bosan justru bisa memperburuk kondisi di rumah. Oleh sebab itu, cobalah untuk tidak menjadi wasit dalam perkelahian anak-anak. Hindari untuk mencari tahu siapa yang memulai atau siapa yang memicu perkelahian antar anak. Sebaliknya, perlakukan anak-anak sebagai satu tim. Beri apresiasi kepada mereka saat bermain dengan baik dan rukun dan terapkan konsekuensi jika berkelahi dan tidak bermain dengan baik. Jangan pernah memberikan hukuman fisik yang justru bisa membuat anak menjadi agresi dan lebih sulit dikendalikan.  

Baca juga: Anak Pemalu, Begini Cara Tingkatkan Rasa Percaya Dirinya

Kalau ibu punya kendala dalam menangani anak saat di rumah saja, ibu bisa menghubungi dokter atau psikolog lewat aplikasi Halodoc. Caranya praktis banget, ibu tinggal buka aplikasinya, klik Talk to A Doctor lalu pilih dokter atau psikolog sesuai kebutuhan ibu. Ibu juga bisa menghubungi mereka kapan saja dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.

Referensi:
Healthy Children Organization. Diakses pada 2020. Parenting in a Pandemic: Tips to Keep the Calm at Home.
The University of Sydney. Diakses pada 2020. How to survive the pandemic with your kids at home.