• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lindungi Kesehatan Anak dengan 7 Tips Ini

Lindungi Kesehatan Anak dengan 7 Tips Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Setiap orangtua tentu ingin anaknya tumbuh sehat. Namun, sebagai manusia tentu ada kalanya jatuh sakit karena daya tahan tubuh sedang melemah. Apalagi, dibandingkan orang dewasa, sistem kekebalan tubuh anak belum terlalu kuat, sehingga wajar jika kesehatan anak lebih rentan terancam. 

Berbagai faktor dari luar seperti lingkungan dan cuaca, juga dapat memengaruhi kesehatan anak. Oleh karena itu, orangtua perlu melakukan berbagai upaya untuk melindungi kesehatan anak, agar ia tidak mudah sakit dan keoptimalan tumbuh kembangnya terganggu. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diajarkan sebelum Anak Berusia 10 Tahun

Ragam Cara Lindungi Kesehatan Anak

Meski orangtua tidak bisa terus-terusan melindungi Si Kecil 24 jam, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu lindungi kesehatan anak, yaitu:

1. Ajak Anak Memiliki Pola Makan Sehat

Sedini mungkin, perkenalkanlah anak dengan berbagai makanan sehat, agar ia juga terbiasa untuk memiliki pola makan sehat hingga dewasa. Sebab, memiliki pola makan sehat adalah salah satu kunci untuk melindungi kesehatan anak. Namun, kebiasaan makan sehat ini harus diterapkan pada seluruh anggota keluarga di rumah.

Kamu sebagai orangtua pun harus makan makanan sehat setiap harinya di rumah. Dengan begitu, anak akan mencontoh, mengikuti, dan perlahan terbiasa dengan makanan bergizi. Hindari atau setidaknya batasi makanan cepat saji dan yang mengandung lemak tinggi.

2. Perhatikan Porsi Makan Anak

Untuk bisa tetap sehat, kamu perlu memastikan anak makan dengan porsi yang cukup. Tidak terlalu sedikit dan tidak pula berlebihan. Makan terlalu sedikit dapat membuat anak jadi kurang gizi dan nutrisi, sedangkan jika makan berlebihan bisa berpotensi mengalami diabetes dan obesitas.

Baca juga: Inilah 8 Pilihan Camilan Sehat untuk Anak

3. Biasakan Cuci Tangan

Sama halnya seperti pola makan sehat, cara mencuci tangan yang benar juga perlu diajarkan dan dibiasakan sedini mungkin. Beritahu dan ingatkan ia juga kapan harus cuci tangan, misalnya sebelum makan dan menyiapkan makanan, setelah dari toilet, dan setelah bermain di luar. 

4. Ajarkan Kebiasaan Sehat

Selain mengajarkan cuci tangan, ajari juga ia untuk menerapkan kebiasaan sehat dan menghindari kebiasaan tidak sehat. Misalnya, mengajari anak untuk tidak menggosok-gosok mata dengan tangan, tidak berbagi barang pribadi seperti gelas dan sikat gigi dengan orang lain, serta selalu menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk.

5. Pastikan Anak Diimunisasi dan Melakukan Pemeriksaan Rutin

Anak tentu belum paham soal pentingnya imunisasi untuk mencegah berbagai penyakit serius di kemudian hari. Itulah sebabnya kamu sebagai orangtua perlu berperan untuk memastikan anak mendapatkan imunisasi wajib yang ia perlukan. Selain itu, biasakan anak untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, seperti periksa gigi dan mata. Beri pemahaman padanya bahwa hal itu penting untuk mencegah penyakit serius nantinya.

Baca juga: 5 Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Anak

6. Ajak Anak Aktif Bergerak

Di era digital, tak jarang anak yang kecanduan bermain gawai berjam-jam. Nah, hal ini sebaiknya dicegah dengan cara mengajak anak untuk aktif bergerak. Misalnya, ajak ia melakukan aktivitas menyenangkan di rumah yang membuat tubuh aktif bergerak atau sekadar bersepeda di sekitar rumah setiap hari.

7. Ajari Cara Merawat Gigi

Kerusakan gigi adalah masalah paling umum yang terjadi pada anak-anak. Hal ini tentu bisa memengaruhi pertumbuhan gigi tetap dan memicu berbagai penyakit. Oleh karena itu, ajarilah anak cara merawat dan menjaga kebersihan gigi, dengan rutin menyikatnya minimal 2 kali sehari. Ajak pula anak ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Jika ingin membawa anak ke dokter gigi atau memeriksakan kesehatan ke dokter anak, download saja aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit. Dengan begitu, prosedur akan berlangsung lebih cepat karena tidak perlu lama mengantri. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Children’s Health.
Very Well Family. Diakses pada 2020. Ways to Keep Kids Healthy during School Year.
Family Doctor. Diakses pada 2020. Kids Passing On Healthy Habits to Your Children.
Parents. Diakses pada 2020. 10 Things Mommy Docs Do to Keep Their Kids Healthy.