Bila Berlebihan, Methylprednisolone dapat Tekan Imun Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   31 Oktober 2022

“Methylprednisolone tergolong jenis obat yang dapat menekan sistem kekebalan dan memperburuk efek pengobatan pada sistem kekebalan tubuh tubuh. Kombinasi tersebut dapat membuat pasien sangat rentan terhadap infeksi dan kanker.”

Bila Berlebihan, Methylprednisolone dapat Tekan Imun TubuhBila Berlebihan, Methylprednisolone dapat Tekan Imun Tubuh

Halodoc, Jakarta – Methylprednisolone adalah jenis obat yang dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan menenangkan sistem kekebalan yang terlalu aktif. Methylprednisolone bekerja dengan meniru efek hormon glukokortikoid yang disekresikan secara alami oleh kelenjar adrenal sebagai respons terhadap stres.

Obat ini juga dapat digunakan sebagai agen anti-inflamasi atau imunosupresif dalam berbagai kondisi. Seperti gangguan hematologi, reaksi alergi, kondisi gastrointestinal (misalnya, penyakit Crohn atau kolitis ulserativa), kondisi neurologis (seperti multiple sclerosis), dan autoimun. Simak selengkapnya mengenai aturan konsumsi methylprednisolone dan pengaruhnya pada imun tubuh di sini!

Efek Samping Methylprednisolone

Methylprednisolone tidak dapat digunakan secara berlebihan. Penggunaan jangka panjangnya dapat menyebabkan keropos tulang yang signifikan, sehingga orang dengan atau berisiko terkena osteoporosis memerlukan pemantauan saat menggunakan obat ini. 

Obat ini juga tergolong jenis obat yang dapat menekan sistem kekebalan dan memperburuk efek pengobatan pada sistem kekebalan tubuh tubuh. Kombinasi tersebut dapat membuat pasien sangat rentan terhadap infeksi dan kanker. Obat-obatan seperti siklosporin juga dapat memperburuk efek samping metilprednisolon.

Seperti obat-obatan pada umumnya, methylprednisolone dapat memberikan efek samping. Efek samping biasanya akan menghilang dengan cepat setelah dosis terakhir diberikan. Terutama jika obat tersebut diminum dalam jumlah kecil hanya untuk beberapa hari. 

Ketika konsentrasi alami kortikosteroid tubuh kembali normal, edema, suasana hati, tekanan darah, keseimbangan elektrolit, dan sistem pencernaan juga kembali normal. Reaksi alergi yang parah dan kadar kalium rendah yang berbahaya dapat dengan cepat diatasi dengan pengobatan tetapi akan memerlukan perawatan medis segera.

Efek samping lain mungkin memerlukan beberapa hari atau minggu untuk menjadi lebih baik, seperti jerawat, pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan, atau infeksi. Kulit tipis, redistribusi lemak, kehilangan otot, dan penambahan berat badan karena pengobatan methylprednisolon yang lama mungkin memerlukan waktu beberapa minggu untuk pulih. Intervensi, seperti diet dan olahraga, mungkin diperlukan.

Panduan Mengonsumsi Methylprednisolone

Methylprednisolone dapat memberikan efek samping ketika dikonsumsi. Kamu tidak dapat mengonsumsi obat ini tanpa rekomendasi dari dokter. Berikut ini adalah panduan yang bisa dilakukan saat hendak mengonsumsi obat ini, yaitu: 

1. Ceritakan pada Dokter Riwayat Kesehatan dan Pengobatan yang Dijalani 

Kondisi medis yang sudah ada sebelumnya atau interaksi obat dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan atau bahkan serius. Itulah sebabnya sangat penting untuk memberikan informasi kepada dokter terkait konsumsi methylprednisolone.

2. Minum Sesuai Petunjuk

Selalu minum obat ini sesuai petunjuk. Dosis biasa adalah 5-60 mg per hari, tetapi dosisnya akan ditentukan oleh dokter yang disesuaikan dengan kondisi kesehatanmu. 

3. Minum Sesuai Jadwal 

Selalu ikuti jadwal pemberian dosis yang diberikan oleh resep. Untuk mencegah gangguan hormon, kebanyakan dokter akan menginstruksikan pasien untuk mengonsumsi methylprednisolone di pagi hari. 

4. Minum dengan Makanan 

Tidak apa-apa untuk mengambil tablet metilprednisolon dengan makanan atau susu. Ini juga merupakan cara yang baik untuk menghindari sakit perut dan masalah sistem pencernaan lainnya.

5. Berhati-Hatilah terhadap Infeksi 

Methylprednisolone melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Saat mengonsumsi obat ini, cobalah untuk menghindari orang yang terinfeksi.

Cuci tangan dan mandi secara teratur juga teratur. Jika melihat tanda-tanda infeksi, segera bicarakan dengan dokter sebelum infeksi menjadi kondisi yang serius.

Itulah informasi mengenai methylprednisolone dan panduan konsumsinya. Kalau kamu mengalami masalah kesehatan tertentu, segera  buat janji di rumah sakit pilihanmu melalui aplikasi Halodoc. Segera  download aplikasi Halodoc guna mendapatkan kemudahan akses kesehatan. 

Referensi:
Single Care. Diakses pada 2022. Methylprednisolone side effects and how to avoid them.
Drugs.com. Diakses pada 2022. Methylprednisolone: 7 things you should know.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan