• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisa Jadi Pengganti Nasi, Ini 6 Manfaat Sorgum untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisa Jadi Pengganti Nasi, Ini 6 Manfaat Sorgum untuk Kesehatan

Bisa Jadi Pengganti Nasi, Ini 6 Manfaat Sorgum untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Oktober 2022

“Sorgum merupakan biji-bijian yang sama baiknya seperti gandum, beras, dan jagung. Manfaat sorgum yang jarang diketahui yaitu mengurangi peradangan, mencegah kanker, dan aman dikonsumsi pengidap penyakit celiac.”

Bisa Jadi Pengganti Nasi, Ini 6 Manfaat Sorgum untuk KesehatanBisa Jadi Pengganti Nasi, Ini 6 Manfaat Sorgum untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Sorgum merupakan jenis biji-bijian yang mungkin kurang dikenal di pasaran. Meskipun kurang populer dibanding biji-bijian lainnya (beras, gandum, jagung), sorgum sebenarnya memiliki manfaat kesehatan, bahkan bisa jadi pengganti nasi.

Biji sorgum mengandung banyak nutrisi. Seperti vitamin B, magnesium, dan antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, serta tanin. Terlebih lagi, setengah cangkir sorgum menyediakan lebih dari 7 gram serat, atau sekitar 25 persen dari kebutuhan harian tubuh.

Nah, dari semua nutrisi yang terkandung, lantas apa saja manfaat sorgum untuk kesehatan?

Manfaat Sorgum untuk Kesehatan Tubuh

Sorgum berada di urutan kelima dari tanaman biji-bijian yang paling umum ditanam di dunia. Urutan tersebut setelah gandum, beras, jagung, dan barley. Sayangnya, makanan sehat ini sering diabaikan di banyak negara barat. Padahal, biji-bijian bebas gluten ini memiliki banyak manfaat kesehatan yang membuatnya layak masuk dalam pola makan sehat, bahkan pengganti nasi. 

Berikut ini manfaat sorgum yang sayang untuk dilewatkan:

1. Mengurangi peradangan

Sorgum dikenal mengandung banyak senyawa fenolik, yang diantaranya bertindak sebagai antioksidan. Kandungan tersebut juga terbukti baik dalam mengurangi beberapa bentuk peradangan, karena sifat antioksidannya.

2. Mencegah kanker

Beberapa senyawa fenolik dalam sorgum memiliki efek antikanker. Tanin dalam sorgum (yang berkontribusi pada pigmentasi biji-bijian), dapat menghambat enzim yang berkaitan dengan perkembangan kanker payudara. 

Sementara, sekelompok senyawa fenolik lainnya dalam sorgum, yang dikenal sebagai 3-deoxyanthocyanidins, telah terbukti memiliki efek merusak pada beberapa sel kanker manusia.

3. Membantu proses penurunan berat badan

Pati dalam sorgum sulit dicerna oleh tubuh manusia, dibandingkan dengan biji-bijian lainnya. Oleh sebab itu, sorgum dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, tanpa perlu mengasup banyak kalori. Bagi kamu yang yang sedang berusaha menurunkan berat badan, sorgum bisa jadi pilihan tepat.

4. Aman untuk pengidap penyakit celiac

Sorgum dan produk turunannya, termasuk tepung sorgum, telah ditetapkan sebagai biji-bijian alternatif yang aman bagi pengidap penyakit celiac. Journal of Agricultural and Food Chemistry menerbitkan sebuah penelitian yang menganalisis genom sorgum untuk menentukan apakah sorgum mengandung protein gluten. Mereka menegaskan bahwa gluten tidak tersedia di semua varietas sorgum.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Sorgum adalah salah satu sumber serat makanan terbaik. Satu porsi sorgum mengandung 48 persen asupan serat harian yang direkomendasikan. Seperti yang diketahui, serat sangat penting untuk fungsi sistem pencernaan. Serat dapat  dapat melancarkan sistem pencernaan, sehingga dapat mencegah sembelit. Jika sistem pencernaan bekerja optimal, maka masalah kesehatan lainnya dapat dicegah.

6. Memiliki banyak kegunaan

Sorgum merupakan bahan yang serbaguna dan mudah ditambahkan ke sejumlah resep. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menikmati sorgum:

  • Sebagai pengganti nasi. Kamu bisa memasak gandum utuh dan sorgum mutiara seperti memasak nasi pada umumnya.
  • Sebagai tepung. Berkat rasanya yang netral dan warnanya yang cerah, tepung sorgum berfungsi sebagai tepung bebas gluten di sebagian besar resep. 
  • Popcorn. Masukkan biji-bijian sorgum ke dalam panci yang dipanaskan, mereka akan meletus seperti popcorn. Kamu tinggal menambahkan bumbu untuk menambahkan rasa. 
  • Sereal. Sama seperti biji-bijian sereal lainnya (seperti gandum), sorgum yang dipipihkan enak sebagai sereal dan produk yang dipanggang, seperti granola.
  • Sirup. Sirup sorgum biasanya ditambahkan ke makanan olahan sebagai pemanis alami. 

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat sorgum untuk kesehatan. Tidak ada salahnya untuk mencoba sorgum sebagai pengganti nasi atau alternatif camilan sehat. Jika penasaran dengan manfaat makanan sehat lainnya, atau memiliki keluhan kesehatan, tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Are There Health Benefits to Eating Sorghum?
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Sorghum? A Unique Grain Reviewed
American Sorghum. Diakses pada 2022. 7 Benefits of Eating Sorghum