• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bolehkah Menggunakan Face Mask Setiap Hari?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bolehkah Menggunakan Face Mask Setiap Hari?

Bolehkah Menggunakan Face Mask Setiap Hari?

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 12 Oktober 2022

“Face mask umumnya bertekstur ringan dan mudah menyerap di kulit. Meski ringan, produk ini belum tentu aman untuk digunakan setiap hari.”

Bolehkah Menggunakan Face Mask Setiap Hari?Bolehkah Menggunakan Face Mask Setiap Hari?

Halodoc, Jakarta – Face mask atau masker wajah kerap dijadikan alternatif perawatan kulit yang lebih ekonomis. Selain murah, jenisnya juga beraneka ragam dengan kandungan yang berbeda-beda. Misalnya, jika kamu ingin mencerahkan wajah, masker dengan kandungan vitamin C bisa menjadi solusinya.

Tak hanya itu, face mask juga tergolong mudah dan praktis digunakan. Kamu hanya perlu menempelkannya ke wajah selama beberapa menit dan tak perlu dibilas. Teksturnya juga cenderung ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit. Meski ringan, sebagian orang sering mempertanyakan keamanannya untuk digunakan setiap hari.

Amankah Menggunakan Face Mask Setiap Hari?

Melansir dari Healthline, frekuensi penggunaan face mask tergantung pada kandungannya dan jenis kulit yang kamu miliki. Contohnya, jika tipe kulit tergolong sensitif, penggunaan face mask terlalu sering tidak dianjurkan. Sebab, hal ini justru bisa menimbulkan masalah kulit baru atau memicu alergi.

Selain itu, face mask yang berfungsi untuk memicu pengelupasan kulit atau mengandung agen anti-penuaan sebaiknya hanya digunakan seminggu sekali. Tujuannya untuk menghindari iritasi. 

Sedangkan masker yang bertekstur tanah liat dengan kandungan menghidrasi umumnya aman digunakan dua atau tiga kali seminggu. Namun, cara paling tepat untuk memastikan keamanannya adalah membaca label kemasan dan instruksi penggunaannya. 

Tips Menggunakan Face Mask

Supaya kandungan dalam face mask meresep secara maksimal, berikut cara pemakaiannya yang paling tepat:

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Bersihkan kulit secara menyeluruh sebelum menerapkan masker wajah. Gunakan pembersih yang menghidrasi dengan pH netral. Bilas perlahan dengan air hangat agar pori-pori terbuka.

2. Gunakan pelembap setelahnya

Setelah melepas masker, gunakan pelembab yang ringan untuk meminimalkan potensi iritasi. Kamu juga bisa menggunakan serum asam hialuronat untuk mengunci bahan-bahan aktif yang telah terserap ke pori-pori kulit. 

3. Gunakan secara konsisten 

Menggunakan masker wajah sesekali tidak menghasilkan perubahan yang signifikan. Kamu perlu menggunakannya secara teratur, setidaknya selama sekitar 6 hingga 8 minggu. 

4. Jangan dibiarkan terlalu lama

Tak sedikit orang yang berpikir kalau semakin lama masker wajah dibiarkan, semakin efektif hasilnya. Padahal, membiarkan masker terlalu lama bisa membuat wajah berminyak, berjerawat atau justru semakin kering. Usahakan untuk menggunakannya sekitar 10 menit saja. 

5. Ingatlah bahwa harga tidak menunjukkan kualitas

Face mask juga dibanderol dengan harga yang beraneka ragam. Namun, masker wajah paling mahal belum tentu yang terbaik. Jangan melihat harganya, pilih yang kandungannya sesuai kebutuhan kondisi kulit kamu. 

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar masalah kulit, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Do Face Masks Actually Do Anything for Your Skin?
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2022. 9 WAYS TO PREVENT FACE MASK SKIN PROBLEMS.