Boyzilian Waxing untuk Pria, Ini yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 September 2022

“Perawatan boyzilian waxing bisa menghilangkan bulu di area intim pria. Ini bisa membuat rasa percaya diri meningkat.”

Boyzilian Waxing untuk Pria, Ini yang Perlu DiketahuiBoyzilian Waxing untuk Pria, Ini yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Kamu mungkin familiar dengan brazilian waxing, tapi pernahkah mendengar tentang boyzilian waxing? Ya, seperti namanya, ini adalah metode Brazilian waxing untuk pria. 

Perawatan ini dilakukan untuk menghilangkan bulu di seluruh area intim pria. Termasuk bulu di area penis, skrotum, anus, dan selangkangan. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak pembahasan berikut ini!

Manfaat Boyzilian Waxing

Karena waxing tubuh merupakan pilihan kosmetik berdasarkan preferensi individu, manfaatnya sebagian besar adalah untuk tujuan estetika dan bahkan mungkin psikologis. Menghilangkan bulu di area intim nyatanya juga dapat membuat pria merasa lebih bersih dan lebih menarik secara seksual. Kebanyakan pria yang menjalani boyzilian waxing bermaksud agar area intimnya menjadi lebih higienis dan menambah rasa percaya diri. 

Awalnya, metode ini memang hanya ada untuk wanita, yang bernama brazilian waxing. Hal ini karena wanita ingin tampilan yang sempurna dan bersih, saat memakai bikini. Namun, karena pria menyadari bahwa mereka juga ingin merasa bersih, metode boyzilian waxing pun hadir. 

Saat ini, prosedur untuk menghilangkan bulu yang tidak diinginkan di tubuh tak hanya untuk wanita. Pria pun bisa menjalani prosedur perawatan ini jika mau dan perlu. 

Alasan seseorang mendapatkan perawatan boyzilian waxing dapat bervariasi. Beberapa manfaat utama adalah sebagai berikut:

  • Menghaluskan kulit.
  • Menonjolkan bagian pribadi.
  • Meningkatkan kemudahan saat membersihkan dan melembapkan kulit.
  • Membuat kulit terasa lebih dingin saat musim panas.

Perawatan ini juga mungkin dapat meningkatkan rasa nyaman pada beberapa orang. Seperti misalnya waxing pada area punggung, dada, bahu, perut, dan kaki pria, sangat populer di kalangan atlet. 

Misalnya, kaki yang mulus tanpa bulu pada perenang memberikan resistensi yang lebih kecil di dalam air. Pijat setelah olahraga juga akan terasa lebih menyenangkan pada kulit halus tanpa bulu.

Apa yang Perlu Diperhatikan Selama Prosedur?

Pertama, penting untuk mengomunikasikan dengan tepat bagian tubuh mana yang ingin dihilangkan bulunya. Karena ini akan membantu kamu memilih opsi perawatan yang tepat. 

Apakah kamu ingin menghilangkan bulu di area kemaluan dan testis saja, atau juga di sekitar anus. Setiap salon kecantikan punya prosedurnya masing-masing. Jadi, pastikan untuk memperjelas apa yang kamu inginkan sebelum prosedur. 

Saat prosedur boyzilian waxing dimulai, kamu perlu melepas pakaian dan berbaring di meja atau tempat tidur yang disediakan. Ikuti setiap instruksi yang diberikan oleh staf. Terutama bagaimana memposisikan tubuh saat waxing dimulai. 

Ada tiga teknik utama yang mengandalkan posisi tubuh. Bisa dengan berbaring menyamping, posisi merangkak, atau posisi seperti bayi yang digendong dengan kaki di atas. Posisi seperti apa yang tepat tergantung pada kenyamanan dan faktor lainnya. 

Sebelum boyzilian waxing dimulai, staf akan mengoleskan bedak pada area yang di-wax untuk menyerap minyak atau lotion. Bahan waxing yang dioleskan biasanya terasa hangat dan nyaman di kulit. 

Selama prosedur, kamu akan merasakan sedikit sakit saat bulu dicabut. Namun, biasanya rasa sakit hanya sementara dan akan segera hilang. Beberapa salon kecantikan biasanya mengoleskan minyak khusus juga sebelumnya, untuk membantu melindungi kulit. 

Jadi, kamu tidak perlu khawatir, karena prosedur ini umumnya aman. Justru, kamu tidak akan merasakan iritasi atau gatal seperti saat bercukur. Rambut akan tumbuh kembali lebih lembut. Bahkan setelah beberapa kali melakukannya, kamu akan melihat rambut yang tumbuh kembali jadi semakin sedikit. 

Namun, hasilnya tentu berbeda-beda pada setiap orang. Begitu juga dengan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk bulu tumbuh kembali. Mungkin akan ada rasa gatal setelah rambut tumbuh karena kulit terbiasa menjadi halus. 

Boyzilian waxing terkadang menimbulkan rasa gatal di area kemaluan. Kamu bisa menggunakan beberapa produk dalam artikel ini untuk membantu mengatasinya: Ini 5 Pilihan Obat yang Ampuh untuk Meredakan Gatal di Kemaluan.

Itulah pembahasan mengenai boyzilian waxing, atau metode menghilangkan bulu di area intim pria. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut, kamu bisa download Halodoc untuk bertanya pada dokter melalui chat.

Referensi:
Byrdie. Diakses pada 2022. Boyzilian: Your Guide to the Brazilian Wax for Men.
The Wax Bar. Diakses pada 2022. What Is a Boyzilian Wax?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan