Ini 5 Pilihan Obat yang Ampuh untuk Meredakan Gatal di Kemaluan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 April 2024

“Gatal di kulit terutama di area kemaluan tak hanya membuat tidak nyaman, tapi juga menurunkan rasa percaya diri dan mengganggu aktivitas. Beberapa pilihan obatnya bisa kamu dapatkan di Halodoc, yaitu yaitu Nystatin Tablet, Benoson Cream, Esperson Cream, Desoximetasone Cream, dan Altadis Cream”.

Ini 5 Pilihan Obat yang Ampuh untuk Meredakan Gatal di KemaluanIni 5 Pilihan Obat yang Ampuh untuk Meredakan Gatal di Kemaluan

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta – Gatal di area kemaluan dapat terjadi karena iritasi, sehingga menimbulkan sensasi yang tidak nyaman. Iritasi dapat dipicu oleh reaksi alergi terhadap sabun, deterjen, atau bahan pakaian tertentu. 

Gatal di area kelamin biasanya bukan merupakan perkara serius karena dapat membaik dalam beberapa hari. Namun, waspadai jika gatal disertai dengan ruam dan keluarnya cairan dari vagina atau penis.

Sebelum gatal di area kemaluan menjadi semakin parah, sebaiknya gunakan obat untuk mengatasi keluhan tersebut. Mau tahu apa saja rekomendasi obat gatal kemaluan yang ampuh?

Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Gatal-Gatal di Kemaluan 

Penyebab lain yang juga turut andil menyebabkan gatal di kemaluan, yaitu psoriasis dan lichen sclerosus. Tandanya adalah bercak putih tipis pada vulva di sekitar lubang vagina dan bisa meningkatkan risiko kanker.

Untuk menurunkan risiko hal-hal yang membahayakan, gatal di area kemaluan perlu diatasi dengan langkah perawatan yang tepat. Beberapa rekomendasi obat gatal kemaluan yang bisa kamu gunakan, antara lain:

1. Nystatin 500000 IU 10 Tablet

Nystatin 500000 IU adalah obat antijamur yang berisi 10 tablet per strip. Obat gatal kemaluan ini tak hanya mengatasi gatal di area kemaluan, tetapi juga mengobati infeksi di mulut, kerongkongan, dan saluran pencernaan.

Nystatin bekerja dengan cara mengganggu permeabilitas dinding sel jamur dan menyebabkan kematian jamur. Cara menggunakannya dengan berkumur dan tahan di mulut kemudian telan.

Obat gatal kemaluan ini bisa kamu konsumsi sebelum dan sesudah makan, sesuai dengan resep dokter. Segera hentikan penggunaan jika muncul iritasi setelahnya. Obat tidak boleh dipakai oleh ibu hamil dan menyusui.

Rentang harga: Rp14.500 per strip.

Dapatkan Nystatin 500000 IU 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Benoson 0.1% Cream 5 g

Kamu juga dapat menggunakan Benoson 0.1% Cream 5 g untuk mengatasi gatal di kemaluan. Obat ini ampuh untuk mengobati penyakit kulit seperti eksim dan dermatitis. 

Benoson mengandung zat aktif Betametason valerat 0,1% yang efektif meringankan peradangan dan rasa sakit. Kamu bisa oleskan obat ini pada bagian yang sakit 2-3 kali sehari.

Jika muncul rasa terbakar, gatal, iritasi, hingga folikulitis, konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kisaran harga: Rp19.400 per tube.

Dapatkan Benoson 0.1% Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Alami gatal di area paha dalam, sekitar kelamin, dan pantat? Mungkin kamu terinfeksi tinea cruris. Segera Hubungi Dokter Ini jika Terinfeksi Tinea Cruris.

3. Esperson Cream 0.25% 5 g

Esperson Cream 0.25% 5 g adalah obat topikal yang mengandung desoximetasone. Gunanya untuk meredakan gejala peradangan, radang akut berat, psoriasis, hingga kelainan kulit alergis serta kronis. 

Gunakan obat gatal kemaluan ini 1-2 kali sehari pada area kulit yang bermasalah. Oleskan tipis-tipis lalu gosok secara perlahan.

Penggunaan pada Ibu hamil, menyusui, bayi, dan anak kecil memerlukan anjuran khusus dari dokter. Yuk, konsultasi dengan dokter di Halodoc sebelum menggunakannya. 

Kisaran harga: Rp85.500 per tube.

Dapatkan Esperson Cream 0.25% 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Desoximetasone 0.25 % Cream 15 gr

Obat topikal yang juga bisa digunakan untuk mengatasi gatal di kemaluan adalah Desoximetasone 0.25% Cream. Obat ini juga efektif meredakan radang akut yang berat dan psoriasis.

Kamu bisa oleskan obat ini pada bagian kulit yang sakit 1-2 kali sehari. Oleskan tipis-tipis dan hindari kontak dengan mata.

Tidak disarankan untuk menggunakan obat ini dalam jangka waktu yang panjang atau kamu bisa konsultasikan dengan dokter. 

Kisaran harga: Rp19.100 per tube.

Dapatkan Desoximetasone 0.25 % Cream 15 gr di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Altadis 2% Cream 10 g

Rekomendasi obat gatal kemaluan di apotek yang terakhir adalah merek Altadis 2% Cream 10 g. Di dalamnya mengandung miconazole nitrate untuk infeksi kulit yang disebabkan dermatofit atau ragi atau jamur.

Cara menggunakannya dengan mengoleskan di area yang terkena sebanyak 2 kali sehari. Ratakan dengan jari dan biarkan saja hingga kering dengan sendirinya. Lamanya penggunaan akan tergantung dari intensitas gejala yang dialami oleh pengidap.

Rentang harga: Rp24.600 – Rp30.000 per tube.

Dapatkan Altadis 2% Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah rekomendasi obat gatal kemaluan yang bisa digunakan untuk mengatasi keluhanmu. Pastikan untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang kamu beli.

Kamu bisa mendapatkan obat-obatan di atas dengan cepat dan praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc. Produknya tepercaya dengan pengiriman cepat dan aman!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Genital Itching.
MSD Manuals. Diakses pada 2024. Genital Itching.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan