• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Hanya Kopi, Ini 5 Minuman yang Mengandung Kafein
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Hanya Kopi, Ini 5 Minuman yang Mengandung Kafein

Bukan Hanya Kopi, Ini 5 Minuman yang Mengandung Kafein

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Oktober 2022

“Meski minuman berkafein berhubungan erat dengan kopi, ternyata ada banyak lho jenis minuman lainnya yang memiliki kandungan yang sama. Salah satu contoh minuman yang mengandung kafein adalah teh hijau.”

Bukan Hanya Kopi, Ini 5 Minuman yang Mengandung KafeinBukan Hanya Kopi, Ini 5 Minuman yang Mengandung Kafein

Halodoc, Jakarta – Kafein adalah kandungan yang kerap dihubungkan dengan mencegah atau mengatasi rasa kantuk. Nah, kopi merupakan salah satu minuman yang langsung terpikirkan jika berbicara tentang kafein.

Namun, bukan kopi saja ternyata jenis minuman yang mengandung kafein. Ada beberapa jenis minuman lainnya yang mungkin bisa menjadi alternatif jika kamu bosan dengan kopi. Bisa juga jika kamu mengidap penyakit asam lambung, sehingga kopi tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu sering.

Daftar Minuman yang Mengandung Kafein Selain Kopi

1. Teh Hijau

Minuman yang mengandung kafein lainnya adalah teh hijau. Sumber kafein ini sangat populer di Asia, terutama Jepang. Selain kafein, teh ini juga mengandung theanine yang dapat memberikan pengurangan stres pada manusia.

Mengutip dari El Sevier, kombinasi kafein dan theanine pada teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak dan kognisi, serta mengurangi kecemasan. Sekitar 240 mL teh hijau terkandung 30-50 mg kafein, tergantung usia daunnya.

2. Minuman Berenergi

Minuman berenergi juga mengandung kafein yang berguna dalam meningkatkan energi, suasana hati, serta kewaspadaan. Sulit menemukan angka yang pasti dari minuman ini karena ada banyaknya merk, tetapi kandungan kafeinnya berada di kisaran 50-505 mg. Selain kafein, minuman ini juga mengandung taurin, asam amino alami di otak yang memiliki sifat antioksidan.

3. Minuman Cokelat

Biji kakao yang berguna untuk menghasilkan coklat ternyata mengandung kafein yang alami. Maka dari itu, saat mengonsumsi susu cokelat yang kandungan kakaonya sebesar 33%, kafein di dalamnya sebesar 45 mg. Cokelat juga mengandung flavonol dan methylxanthines yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

4. Teh Hitam

Teh hitam juga termasuk salah satu minuman dengan kandungan kafein. Sekitar 240 mL teh ini terkandung sebanyak 47 mg kafein. Konsumsi minuman ini sangat cocok dilakukan di pagi hari agar tidak mengantuk dan bisa fokus dalam mengerjakan pekerjaan.

Kandungan kafeinnya bahkan hampir dua kali lipat dari teh hijau. Selain itu, minuman ini juga bermanfaat untuk jantung, usus, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Maka dari itu, konsumsi teh hijau secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Kola Soda

Meski tidak banyak yang tahu, ternyata kola soda juga mengandung kafein, lho. Minuman ini terdapat sekitar 22 mg saat dikonsumsi sebanyak 240 mL. Tubuh bisa jadi merasa lebih bersemangat karena adanya kafein dan juga kadar gula yang tinggi.

Maka dari itu, ada baiknya konsumsi minuman ini dibatasi atau pilih yang menggunakan pemanis lebih sehat. Seperti yang diketahui, terlalu banyak mengonsumsi minuman manis dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Itulah beberapa jenis minuman yang mengandung kafein yang bisa dikonsumsi untuk atasi kantuk. Meski begitu, untuk atasi rasa kantuk berlebih, ada baiknya untuk tidur sejenak. Bisa jadi, efek positif yang bisa diterima oleh tubuh lebih maksimal, sehingga pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

Jika masih ingin tahu lebih jauh tentang jenis minuman yang mengandung kafein, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Foods and Drinks with Caffeine.
El Sevier. Diakses pada 2022. Green tea effects on cognition, mood and human brain function: A systematic review.